PENINGKATAN PEMBELAJARAN PAI MELALUI DISCOVERY INQUIRY PADA SEKOLAH DASAR DI BANDAR LAMPUNG

https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.4793

Jimi Harianto, Putri Agung

Abstract


Kenyataan di lapangan banyak dijumpai metode mengajar guru yang belum maksimal khususnya dalam pembelajaran Agama Islam, sehingga dalam proses pembelajaran siswa tidak efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pembelajaran pendidikan agama islam melalui discovery inquiry. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research, pertama dalam mengembangkan kerja guru yang kolaboratif, sehingga guru diharapkan memahami metode dalam pembelajaran yakni dengan pendekatan discovery inquiry, dan menghasilkan pembelajaran agama islam sesuai dengan kaidah-kaidah pembelajaran yang efektif. Kedua, dalam melaksanakan pendekatan discovery inquiry perlu adanya langkah-langkah dan tujuan pembelajaran yang jelas, sehingga upaya dalam meningkatan pembelajaran agama islam tercapai dengan baik. Selanjutnya penelitian ini menggunakan sistem dua arah yakni menggunakan pendekatan discovery inquiry, yang menjadi subjeknya adalah siswa SD kelas V Way Halim Permai Bandar Lampung. Dalam pelaksanaan tindakan pembelajaran pendidikan agama islam dilakukan perbaikan sebanyak tiga kali pertemuan, kecuali pra siklus. Pada siklus pertama mengalami peningkatan sedang dengan hasil belajar siswa rata-rata 53,34% atau 16 siswa belum memperoleh peningkatan kemampuan. Pada siklus kedua jumlah siswa yang bermasalah sebanyak 16,67% atau berkurang 5 siswa. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan melalui model Discovery inquiry pada pembelajaran Agama Islam di kelas V SDN 2 way halim permai Bandar Lampung tercapai dengan baik sehingga hasil proses belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan.


Keywords


Peningkatan, Pembelajaran PAI, Discovery, Inquiry

Full Text:

PDF

References


Andriani, S., Suyitno, H., & Junaidi, I. (2019). The Application of Differential Equation of Verhulst Population Model on Estimation of Bandar Lampung Population. Journal of Physics: Conference Series, 1155, 012017.

Asmuni, A. (2010). Fikih Kontemporer. Duta Azhar.

Baidlawi, H. M. (2006). Modernisasi Pendidikan Islam (Telaah Atas Pembaharuan Pendidikan di Pesantren). TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).

Gumanti, A. A. M., Supriadi, N., & Suherman, S. (2018). Pengaruh Pembelajaran dengan Musik Klasik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1, 393–399.

Hamalik, O. (2008). Proses belajar mengajar. Rev. Ed. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamidah, K., & Suherman, S. (2016). Proses Berpikir Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika di tinjau dari Tipe Kepribadian Keirsey. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 231–248.

Hamruni, A. (2011). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Hanafiah, N., & Suhana, C. (2009). Konsep strategi pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Handoyono, N. A., & Arifin, Z. (2016). Pengaruh inquiry learning dan problem-based learning terhadap hasil belajar PKKR ditinjau dari motivasi belajar. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 31–42.

Hartinah, S., Suherman, S., Syazali, M., Efendi, H., Junaidi, R., Jermsittiparsert, K., & Umam, R. (2019). Probing-Prompting Based On Ethnomathematics Learning Model: The Effect On Mathematical Communication Skill. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 799–814.

Holidun, H., Masykur, R., Suherman, S., & Putra, F. G. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelompok Matematika Ilmu Alam dan Ilmu-Ilmu Sosial. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 29–37.

Huda, S., Rinaldi, A., Suherman, S., Sugiharta, I., Astuti, D. W., Fatimah, O., & Prasetiyo, A. E. (2019). Understanding of Mathematical Concepts in the Linear Equation with Two Variables: Impact of E-Learning and Blended Learning Using Google Classroom. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 261–270.

Husain, R. T. (2012). Penerapan Metode Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Qur‟ an Hadits di MTs Kiayi Modjo Kecamatan Limboto Barat. Gorontalo: Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Iskandar, M. (2009). Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Ciputat: Gaung Persada Press.

Komarudin, K. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi peluang berdasarkan high order thinking dan pemberian scaffolding. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 8(1), 202–217.

Lastriningsih, L. (2017). Peningkatan berpikir kritis dan prestasi belajar melalui metode inquiry pada siswa kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 68–78.

Muhamad, N. (2017). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan UNIGA, 10(1), 9–22.

Nata, A. (2004). Sejarah Pendidikan Islam: Pada Periode Klasik dan Pertengahan. Rajagrafindo.

NIRWANA, N. (2013). Penggunaan Model Inquiry Berbasis Ict Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Sejarah Fisika Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Mipa Fkip Univeristas Bengkulu. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1).

Pujilestari, P. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SEGIEMPAT MELALUI METODE INQUIRY PADA SISWA SMP NEGERI 19 MATARAM. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(2).

Solichin, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Discovery dalam Pendidikan Agama Islam. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 214–231.

Solichin, M. M. (2009). Tazkiyah al-Nafs sebagai Ruh Rekonstruksi Sistem Pendidikan Islam. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1).

Suherman, S. (2015). Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Pola Bilangan Dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 81–90.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2008). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayumedia Publishing.

Syah, M. (2000). Psikologi pendidikan pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto, I. B. A. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Utami, S. (2013). Peningkatan Minat Belajar Murid Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Mentode Inquiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4).




DOI: https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.4793

Article Metrics

Abstract views : 193 | PDF downloads : 113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Creative Commons License
Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseCopyright © UIN Raden Intan LampungAll rights reserved.