INTEGRASI MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM ILMU-ILMU RASIONAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU

https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.4847

Maragustam Siregar, Dwi Noviatul Zahra, Dian Andesta Bujuri

Abstract


Pandangan masyarakat mengenai agama dan ilmu rasional sebagai dua entitas yang berbeda menimbulkan pola pikir dikotomistik terutama dalam bidang pendidikan. Namun, terdapat suatu lembaga pendidikan yang secara serius mengintegrasikan sains dan agama yaitu Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu. Point yang dijawab dari hasil peneltian ini bagaimana pengintegrasian materi Pendidikan Agama Islam (PAI) ke dalam ilmu-ilmu rasional di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) bersifat kualitatif. Hasil temuan dari penelitian ini yaitu pertama, pada level filosofi integrasi PAI ke dalam ilmu-ilmu rasional ditemukan pada rumusan visi dan misi sekolah menjadi sekolah unggul dalam aspek IPTEK dan IMTAK; pada level materi, materi PAI diintegrasikan ke dalam materi ilmu sosial, sains, matematika, dan kewarganegaraan; sedangkan pada level strategi pembelajaran, guru mengintegrasikan ayat-ayat atau hadits berserta tafsirnya di setiap tahapan proses pembelajaran yang berdampak terhadap peningkatan keterampilan berfikir kreatif, inovatif, kritis, dan motivasi belajar peserta didik. Pengintegrasian tersebut juga memberikan pemahaman bahwa Islam sebagai sumber ilmu-ilmu rasional dan sumber nilai sebagaimana yang dijelaskan di dalam al-Qur’an dan hadits yang mendidik peserta didik memperaktekkan atau mengkontekstualisasikan pengetahuan yang diperoleh melalui sikap dan perilaku di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari.   


Keywords


Integrasi, Pendidikan Agama Islam, Ilmu Rasional.

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid dan Dina Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Abdullah, M. Amin, and Dkk. 2003. Menyatukan Kembali Ilmu-Ilmu Agama Dan Umum. Yogyakarta: Sunan Kalijaga Press.

———. 2007. Islamic Studies Dalam Paradigma Integrasi-Interkoneksi (Sebuah Antologi). Yogyakarta: Suka Press.

Afiful Ikhwan, Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-nilai Islami dalam Pembelajaran), Jurnal Ta’allum, Vol. 02, No. 2, November 2014.

Ahmad Janan Asifudin, Integration-Interconnection Paradigm of Islamic Education Management Science, IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS), Volume 21, Issue12, Ver. 4 (December. 2016).

Azaki Khoirudin, Sains Islam Berbasis Nalar Ayat-ayat Semesta, Jurnal At-Ta’dib, Vol. 12, No. I, Juni 2017.

F. Yuliawati, M.A. Rokhiawan, J. Suprigatiningrum, Pengembangan Modul Pembelajaran Sains Berbasis Integrasi Islam-Sains untuk Peserta Didik Difabel Netra MI/SD Kelas 5 Semester 2 Materi Pokok Bumi dan Alam Semesta, JPPI 2 (2) (2013).

Fahri Hidayat, Pengembangan Paradigma Integrasi Ilmu: Harmonisasi Islam dan Sains dalam Pendidikan, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. IV, No. 2, Desember 2015.

Faizin, Integrasi Agama dan Sains dalam Tafsir Ilmi Kementerian Agama, Jurnal Ushuludin,Vol. 25 No. 1. Januari-Juni 2017.

Hayat, Integrasi Agama Dan Sains Melalui Mata Kuliah PAI Di Perguruan Tinggi, Jurnal Insania, Vol. 19, No. 2, Juli - Desember 2014.

Hidayat, Muslihat. 2014. “Pendekatan Integratif-Interkonektif: Tinjauan Paradigmatik Dan Implementatif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Ta’dib 19 (2).

HM, M. Amir. 2017. “Integration of Science According to Al-Ouran: Analyza in Terms of Education.” Medwell Journals: The Social Sciences 12 (7).

HM, M. Amir. 2017. “Integration of Science According to Al-Ouran: Analyza in Terms of Education.” Medwell Journals: The Social Sciences 12 (7).

Ikhwan, Afiful. 2014. “Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-Nilai Islami Dalam Pembelajaran).” Jurnal Ta’allum 2 (2).

Ikhwan, Afiful. 2014. “Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-Nilai Islami Dalam Pembelajaran).” Jurnal Ta’allum 2 (2).

Iskandar, Syahrullah. 2016. “Studi Al-Qur’an Dan Integrasi Keilmuan: Studi Kasus UIN Sunan Gunung Djati Bandung.” Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya 1 (1).

Karwadi, “Integrasi Paradigma Sains dan Agama Dalam Pembelajran Aqidah (Ketuhanan) (Telaah Teori dari Perspektif Kurikulum Integratif)” Jurnal Penelitian Agama. Vol. XVII, No. 3, September-Desember 2008.

Khoirudin, Azaki. 2017. “Sains Islam Berbasis Nalar Ayat-Ayat Semesta.” Jurnal At-Ta’dib 12 (1).

M. Amin Abdullah dkk, Implementasi Paradigma Integratif-Interkonektif dalam Kajian Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pascasarjana UIN SunanKalijaga, 2014.

---------, Islamic Studies dalam Paradigma Integrasi-Interkoneksi (sebuah antologi), Yogyakarta: Suka Press, 2007.

---------, Menyatukan Kembali Ilmu-Ilmu Agama dan Umum. Yogyakarta: Sunan Kalijaga Press, 2003.

M. Amir HM, Integration of Science According to Al-Ouran: Analyza in Terms of Education, Medwell Journals: The Social Sciences, Vol. 12, No.7, 2017.

M. Hasbi, “Pendekatan CTL dan Efektifitasnya dalam Pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Candimulyo Magelang”, dalam Jurnal Kependidikan Islam Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga vol.3 No.2 , Juli-Desember 2008.

M. Nurhadi Amri, Al Rasyidin, Ali Imran, Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran Biologi Di Sma Islam Al Ulum Terpadu Medan, Edu Riligia, Vol. 1 No. 4. Oktober-Desember 2017.

Ma’arif, Syafii. 1991. Pendidikan Islam Di Indonesia: Antara Cita Dan Fakta. Yogyakarta: PT Tiara Wacana.

Maksudin, Desain Pengembangan Metodelogi Pendidikan Agama Islam Pendekatan Dialektik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Maksudin. 2015. Desain Pengembangan Metodelogi Pendidikan Agama Islam Pendekatan Dialektik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Maragustam, Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter, Yogyakarta: FITK UIN Sunan Kalijaga, 2018.

Mcl. Elland, The Nature Of Science And The Scientific Method, the geological society of america (1998).

Mualimin & B Subali, The Integration of Al-Qur’an and Hadith Studies on Biology Learning at Islamic Senior High Schools in Magelang Indonesia, IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series Vol. 10, No. 97, (2018).

Muhaimin, Peradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan PAI di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Muhammad Munadi, Integration of Islam and Science: Study of Two Science Pesantrens (Trensain) in Jombang and Sragen, Jurnal Pendidikan Islam, Volume 5, Nomor 2, December 2016/1438.

Muslihat Hidayat, Pendekatan Integratif-Interkonektif: Tinjauan Paradigmatik dan Implementatif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jurnal Ta’dib, Vol. XIX, No. 02, Edisi November 2014.

Nining Purwati, Siti Zubaidah, Aloysius Duran Corebima, Susriyati Mahana, Increasing Islamic Junior High School Students Learning Outcomes through Integration of Science Learning and Islamic Values, International Journal of Instruction, Vol. 11. No.4, October 2018.

Nuha, Integrasi Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Lingkungan Di Pondok Pesantren, Jurnal GENETIKA (Jurnal Tadris Biologi), Vol.1 No.1 2017, hlm. 175-187.

Rusdiana, A. Integrasi Pendidikan Agama Islam Dengan Sains Dan Teknologi, Jurnal Kajian Islam, Sains dan Teknologi, Edisi Agustus 2014 Volume VIII, No. 2.

Solehah Bt.Hj.Yaacob, The Concept Of An Integrated Islamic Curriculum And Its Implications For Contemporary Islamic Schools, The paper has been awarded as the best paper among the ten selected papers in the International Conference in Islamic Republic of Iran on 20-22 Feb 2008 which organized by OIC, ISESCO and The Ministry Education of Islamic Republic Iran.

Sunhaji, Pembelajaran Tematik Integratif Pendidikan Agama Islam dengan Sains, Yogyakarta: Pustaka Senja, 2016.

Syafii Ma’arif, Pendidikan Islam di Indonesia: Antara Cita dan Fakta. Yogyakarta: PT Tiara Wacana, 1991.

Syahrullah Iskandar, Studi Al-Qur’an dan Integrasi Keilmuan: Studi Kasus UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya, 1, 1, Januari 2016.

Usman, Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006.




DOI: https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.4847

Article Metrics

Abstract views : 253 | PDF downloads : 144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Creative Commons License
Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseCopyright © UIN Raden Intan LampungAll rights reserved.