PERILAKU RELIGIUSITAS: ANALISIS TERHADAP KONSTRIBUSI KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL

https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.5015

Benny Prasetiya, Meilina Maya Safitri, Ani Yulianti

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh  kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual terhadap perilaku religiusitas peserta didik Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif. Pengumpulan data ini menggunakan angket yang terdiri dari variabel kecerdasan emosional (X1), variabel kecerdasan spiritual (X2) dan variabel perilaku religiusitas peserta didik (Y). Sementara untuk uji hipotesis digunakan teknik analisis Regresi Ganda. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 peserta didik. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa Variabel (X1) Kecerdasan emosional dan Variabel (x2) kecerdasan Spritual mempunyai pengaruh yang sangat sigifikan terhadap perilaku Religiusitas. Melalui penggunaan SPSS 21 dalam analisis data dapat diperoleh nilai korelasi r hitung sebesar ry3 = 0,172. Terlihat pada baris pertama koefisien korelasi = 0,172, sedangkan pada nilai R tabel taraf signifikansi 5% adalah 0.166. R tabel ≥ R hitung (0,166 ≤ 0,172) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, yaitu ada pengaruh positif antara Variabel X1 dan Variabel X2 terhadap Variabel Y. F hitung (F change) = 1,475 signifikansi 0,234 dan taraf kesalahan 5% maka Ft = 3,090. Hal ini berarti H0 ditolak. R Square merupakan koefisien Determinasi. Besarnya R Square adalah (R2) adalah 0,030 = 30 %. Artinya besarnya Hubungan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap Perilaku Religiusitas Peserta Didik adalah sebesar 30%, sedangkan masih ada variable lain yang mempunyai pengaruh terhadap Variabel Y sebesar 70%.  Dengan demikian maka kecerdasan spititual dan emosional memiliki konstribusi positif terhadap perilaku religiusitas.


Keywords


EQ, SQ, Perilaku Religiusitas

Full Text:

PDF

References


Bahar Agus Setiawan, Benny Prasetiya, S. R. (2019). Implementasi Tasawuf dalam Pendidikan Agama Islam: Independensi, Dialog, dan Integrasi. POTENSIA, 5(1), 64–78.

Benny, Prasetiya; Sofyan, R. (2017). Pendidikan Nilai: Konsep Dan Implementasinya Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Imtiyaz, 1(2), 15–33.

Benny Prasetiya, S. R. (2018). Pendidikan Nilai: Konsep Dan Implementasinya Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Imtiyaz, 2(1), 15–33.

Hidayah, U. (2018). Rekonstruksi evaluasi pendidikan moral. Jurnal Pedagogik, 05(01), 69–81.

Muhammad Dzikron Fadhlurrohman, Y. I. (2019). Kecerdasan Spiritual Pada Pengguna Dan Pengedar Narkoba Di Lapas Kedungpane Semarang. Jurnal Empati, 8(1), 93–98.

Prasetiya, B. (2018). Dialektika Pendidikan Akhlak dalam Pandangan Ibnu Miskawaih dan Al-Gazali. Intiqad, 9950(December), 249–267.

Prasetiya, B., Rofi, S., & Setiawan, B. A. (2018). Penguatan nilai ketauhidan dalam praksis pendidikan islam. Journal of Islamic Education (JIE), III(1), 1–15.

Vaughan, F. (2002). What is Spiritual Intelligence? Journal of Humanistic Psychology, 42(16). https://doi.org/10.1177/0022167802422003

Abdullah, Mas Udik. 2005. Meledakkan IESQ dengan Langkah Takwa dan Tawakal. Jakarta: Dzikrul Hakim

Agustian, Ary Ginanjar. 2005. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional dan Spiritual:EQ (Emotional, Spiritual dan Quotient). Jakarta: Penerbit Agra

Al-Baqir, Muhammad. 1999. Mutiara Nahjul Balaghah. Bandung: Mizan

Amin, Samsul Munir. 2007. Menyiapkan Masa Depan Anak Secara Islami. Jakarta: Amzah

Ancok, Djamaludin dan Fuad Anshori. 1995. Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Goleman, Daniel. 2001. Working With Emotional Intelegence (Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Goleman, Daniel. 2004. Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka

Goleman, Daniel. 2005. Emotional Intelegence (Mengapa EI lebih penting dari pada IQ). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Haedari, M. Amin dkk. 2004. Masa Depan Pesantren dalam Tantangan Moderintas dan Tantangan Komplesitas Global. Jakarta: IRD Press

Hasan, Abdul Wahid. 2006. SQ Nabi. Yogyakarta: IRCiSoD

Jalaludin. 2012. Psikologi Agama : Memahami Perilaku dengan MengaplikasikanPrinsip-Prinsip Psikologi Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Khan, Inayat 2002. Kehidupan Spiritual, terj.Imron Rosjadi Yogyakarta: PustakaSufi

Mahmud, dkk. 2013. Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga. Jakarta: Akademia Permata

Margono. 1998. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Mashar, Riana. 2011. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangan. Jakarta: Kencana,

Muhaimin. 2001. Paradigma Pendidikan islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muhyidin, Muhammad. 2007. Manajemen ESQ Power. Yogyakarta: DIVA Press

Mustaqim, Yasin. 2004. Psikologi Pendidikan. Yogyayakarta: Pustaka Pelajar

Shaleh, Abdul Rahman. 2006. Pendidikan Agama dan Pengembangan Watak Bangsa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Shapiro. 2003. Mengajarkan Emotional Intelegence Pada Anak. Jakarta: PT. Pustaka Utama

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsono. 2005. Melejitkan IQ, IE, dan IS. Depok: Insiasi Press

Sukandarrumidi. 2004. Metodologi Penelitian Petunjuk Praktis untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Sukiman. 2008. Bahan Ajar: Pengembangan Evaluasi Pendidikan, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta

Tafsir, Ahmad. 2003. Ilmu Pendidikan Dalam Prespektif Islam. Bandung: PT.Remaja Rosda karya

Tim Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1991. Kamus Besar Bahasa

Umiarso, dan Wahad. 2011. Kepemimpinan Pendidikan dan Kecrdasan Spiritual. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Zohar, Danar dan Ian Marshall 2007. SQ;Spiritual Intelligence-The Ultimate intelligence. Jakarta: PT. Oppo Cit

Rudiyanto, Erwin. 2010. Hubungan antara kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual dengan Perilaku Prososial pada Perawat. Surakarta: Skripsi




DOI: https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.5015

Article Metrics

Abstract views : 160 | PDF downloads : 79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Creative Commons License
Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseCopyright © UIN Raden Intan LampungAll rights reserved.