IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PROFETIK DALAM PENDIDIKAN ISMUBA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK YOGYAKARTA

Tri Mulyanto

Abstract


Penelitian ini di fokuskan di SMP Muhammadiyah 1 Depok Yogyakarta penelitian ini dilatarbelakangi oleh kualitas output pendidikan Islam yang kurang memadai yang diakibatkan oleh adanya kemerosotan moral dan pengetahuan dalam pendidikan pada umumnya. Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui implementasi nilai-nilai profetik dalam pendidikan Ismuba di SMP Muhammadiyah 1 Depok Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, yaitu jenis penelitian dengan menggunakan informasi yang diperoleh dari sasaran atau objek penelitian yang disebut informan atau responden melalui instrumen pengumpulan data. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakakurikulum, dan guru ismuba sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini dengan cara reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai profetik dalam pendidikan Ismuba mengacu pada buku golden habits atau biasa disebut dengan Ismubaris yang di dalamnya terdapat berbagai kegiatan, diantaranya: 5s (salam, sapa, senyum, sopan dan santun),  tahfidz (ayat-ayat inspiratif dari Al-Qur’an, juz 30, kosakata, mahfudzat, bacaan do’a dalam shalat, dzikir dan do’a setelah shalat dan bacaan do’a dalam shalat jenazah), shalat duha, subuh, ashar berjamaah, dan baksos

Keywords


Implementasi, Nilai-nilai Profetik, Pendidikan Ismuba

Full Text:

PDF

References


Abidin Fuadi, Nurul Cholidiyah, dkk, (2018) Golden Habits SMP Muhammadiyah 1 Depok Ismubaris Berbasis Pendidikan Karakter, Yogyakarta: SMP Muhammadiyah 1 Depok.

Agus Zainul Fitri, (2012), Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika, Jogjakarta:Ar Ruzz Media.

Ali Al-Jumbulati Abdul Futuh At-Tuwaanisi, (2002) perbandingan Pendidikan Islam, Jakarta: Rineka Cipta.

Al Mumayyaz, (2014) Al-Qur’an Tajwid Warna, Transliterasi Perkata , Terjemah Perkata Bekasi: Cipta Bagus Segera.

Ayesh Alsubie Merfat, (2016) Curriculum Development: Teacher Involvment in Curriculum Development, in Journal of Education and Practice, Vol. 7, No. 9.

Harris Fuadi, (2016), Aktualisasi Nilai-nilai Profetik Kuntowijoyo di dalam Pendidikan (Studi Kasus di SMP Walidaini Muhammadiyah Sragen), Jurnal Pemikiran dan Gerakan Muhammadiyah,14, (2), 18-30.

Hasan Basri, (2009), Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia.

Hamzah B Uno, (2007) Perencanaan Pembelajaran, Jakarta : PT.Bumi Aksara.

http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2996/1/MIFTAHULLOH_PENDIDIKAN%20PROFETIK%20PERSPEKTI%20MOH.%20ROQIB%20DAN%20IMPLEMENTGASINYA%20DALAM%20REKONSTRUKSI%20PENDIDIKAN%20ISLAM%20INTEGRATIF.pdf

Jejen Musfah, (2012), Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik, Jakarta: Kencana.

Kuntowijoyo, (2008), Islam Sebagai Ilmu Epistemologi, Metodologi, dan Etika, Yogyakarta: Tiara Wacana.

Mahmud, (2011) Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: CV. Pustaka Setia.

Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah, (2017), Pendidikan Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA), Jakarta: Muhammadiyah.

Munif Chatib, (2012) Gurunya Manusia: Menjadikan Semua SiswaIstimewa dan Semua SiswaJuara, Bandung: Kaifa.

Nyoman Kutha Ratna, (2010), Metodologi Penelitian; Kajian Budaya dan Ilmu Soial Humaniora Pada Umumnya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rizma Riyandi, (2017), SMP Musade Sleman, Percontohan Pendidikan Karakter, https://republika.co.id/berita/os97zc291/smp-musade-sleman-percontohan-pendidikan-karakter

Shofan, Moh, (2004), Pendidikan Berparadigma Profetik, Yogyakarta :IRCISoD.

Undang-Undang, (2008), Undang-Undang SISDIKNAS (UU RI NO. 20 th. 2003) Jakarta: Redaksi Sinar Grafika.

S. Margono, (2010), Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, (2013), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sukiman, (2013), Pengembangan Kurikulum, (Yogyakarta: FITK UIN Sunan Kalijaga.

Syamsul Rijal Hamid, (2012) Tata Cara Shalat Nabi Muhammad, Bogor: Cahaya Salam

Syaifullah Godi Ismail, (2013). Implementasi Pendidikan Profetik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 5, (2), 299-324.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v11i1.5781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Creative Commons License
Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseCopyright © UIN Raden Intan LampungAll rights reserved.