PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN QUR’AN HADIST DENGAN MAGIC DISC TAJWID

Fauzan Zulkarnain, Rijal Firdaos, Heru Juabdin Sada

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran magic disc tajwid pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan R&D (Research And Development).Penelitian ini mengadopsi teori dari Borg and Gall dengan menggunakan 7 langkah dalam penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan teknik deskriptif kuantitatif. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa media pembelajaranmagic disc tajwid materi pada pokok bahasan nun mati atau tanwin yang berbentuk piringan yang dapat digunakan. Penilaian tersebut didapatkan dari (1) validator ahli media mendapatkan nilai sebesar 75,1% (2) dari validator ahli materi mendapatkan nilai sebesar 79%. Untuk penilaian tanggapan dari peserta didik pada uji coba lapangan yang dilakukan pada skala kecil mendapatkan penilaian persentase sebesar 83%, dan uji coba lapangan pada skala besar mendapatkan penilaian persentase sebesar 95% yang mana berarti bahwasanya media pembelajaran magic disc tajwid efektif digunakan untuk dapat meningkatkan motivasi, minat belajar peserta didik dan membuat peserta didik lebih aktif dalam belajar.


Keywords


pengembanga media, magic disc, tajwid

Full Text:

PDF

References


Astuti, Irnin Agustina Dwi, et al. “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 3, no. 1, 2017, pp. 57–62.

Azhar Arsyad. Media Pembelajaran. Cet. 18, PT Rajagrafindo Persada, 2015, p. 4.

Budiman, Haris. “Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 8, no. 1, 2017, p. 31, doi:10.24042/atjpi.v8i1.2095.

Hakim, Lukman. “Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Augmented Reality.” Jurnal Lentera Pendidikan Universitas Nurul Jadid, vol. Vol. 20, no. No. 1, 2018, p. 60.

Hermawan Setya Budi. “Keefektifan Media Cakram Ajaib Dan Metode Koorperatif Tipe Co-Op Co-Op Pada Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Di SMP Negeri 30 Semarang.” Skripsi Program Sarjana Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, 2010, p. 9.

Kartilawati, Mawaddatan Warohmah, "Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di Era Teknologi Informasi dan Komunikasi." Ta'dib, vol. 19, no. 01, pp. 143-167.

Masykur, Rubhan, et al. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Macromedia Flash.” Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 8, no. 2, 2017, p. 177, doi:10.24042/ajpm.v8i2.2014.

Muhson, Ali. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, vol. 8, no. 2, 2010, pp. 1–10.

Permatasari, Deasy, and Andri Falah. “Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Android (Studi Kasus : Madrasah Ar-Rahman Bandung).” Jurnal Teknologi Dan Informasi UNIKOM, vol. 1, no. 7, 2015, pp. 2088–270.

Rudi Susilana, Cepi Riyana. Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, Dan Penilaian. CV Wacana Prima, 2009.

Satria, Andreo, et al. “Pengembangan Magic Disc Pada Bahan Taksonomi Hewan Untuk Siswa SMA.” Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, vol. 5, no. 3, 2019, pp. 2460–612.

Septiawan, Arif Tri. “Pengenalan Dan Pembelajaran Cara Membaca Al-Qur’an (Ilmu Tajwid) Berbasis Mobile Android.” Electronic Thesis and Dissertations Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.5848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Creative Commons License
Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseCopyright © UIN Raden Intan LampungAll rights reserved.