PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE SISWI KELAS 1 PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 1

Ihwan Mahmudi, Latifatun Nadhifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas strategi pembelajaran Example Non Example dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih kelas 1 Pondok Modern Darussalam Gontor Puti Kampus 1. Penelitian menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model hoppkins, dilakukan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1. Data dikumpulkan menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran example non example dapat meningkatkan hasil belajar fiqih siswa dengan tingkat ketuntasan belajar pada siklus sebesar 62%,  pada siklus II 79,3% dan pada siklus III sebesar presentase 96,5%. Begitu juga keaktifan belajar siswa di kelas meningkat di mana pada siklus I keaktifan siswa sebesar 81,24%, meningkat menjadi 83,33% pada siklus II dan pada siklus III keaktifan belajar siswa mencapai 88,54%.


Keywords


Hasil Belajar, Fiqih, Model Pembelajaran Example Non Example

Full Text:

PDF

References


Agustina Entin T., Implementasi Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Membuat Produk Kria Kayu Dengan Peralatan Manual, INVOTEC, 2013, Vol IX, No.1

Anderson, Lorin W. dan David R. Krathwohl, Kerangka Landasarn untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen, terjemahan Agung Prihantoro (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010)

Darmawan Deni, Model Pembelajaran Di Sekolah, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2018

Daryanto, Penelitian Tindakan Kelas Dan Penelitian Tindakan Sekolah Beserta Contoh-Contohnya, Yogyakarta, Gava Media, 2014

Gagne, Robert M. The Conditions of Learnings (New York: Holt Rinehart and Winston Inc., 1977),

Huda Miftahul, Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2016

Habibah Syarifah, Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tokoh-Tokoh Pergerakan Nasional Kelas V SDN 70 Banda Aceh, Jurnal Pesona Dasar, 2016, Vol 3, No. 4

Putro Hendri Isyulianto, Mawardi, Keefektifan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Example Non Example Ditinjau Dari Hasil Belajar IPS, e-urnalmitrapendidikan, Vol. 1, No.5, 2017

Rusman, Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta, Kencana, 2017

Sudjana Nana, Penilaian Hasil Dan Proses Belajar Mengajar, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2010

Sarwati, Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Untuk Meningkaatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 003 Beringin Teluk Kecamatan Kuantan Tengah, Vol.2, No.5

Sanjaya Wina, Penelitian Tindakan Kelas,Jakarta, Kencana, 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v11i1.5962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Creative Commons License
Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseCopyright © UIN Raden Intan LampungAll rights reserved.