PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM MENUMBUHKAN SEMANGAT KEBHINNEKAAN

https://doi.org/10.24042/atjpi.v11i1.6217

Kaspullah Kaspullah, Suriadi Suriadi, Adnan Adnan

Abstract


Artikel ini membahas tentang Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural. Penelitian ini dilakukan Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Sambas. Provinsi Kalimantan Barat.  Penelitian ini difokuskan pada implementasi pendidikan agama Islam berbasis multicultural di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Sambas. Adapun pendekatan kualitatif menggunakan rancangan studi kasus. Sumber data guru, kepala sekolah, dan siswa. Instrument penelitian menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis dari kajian ini menyimpulkan bahwa pendidikan agama Islam berbasis multikultual diwujudkan melalui: 1) Kebijakan penerimaan peserta didik baru tidak membeda-bedakan suku, ras, dan agama;  2) Pelaksanaan pembelajaran menjunjung tinggi nilai saling menghargai, terbuka, kasih  sayang, resolusi konflik dan kekerasan; 3) Mewujudkan toleransi  kehidupan beragama dalam  kehidupan antar semua civitas dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah.


Keywords


Pendidikan, Agama Islam, Multikultural

Full Text:

PDF

References


Abdurrahhman Mas’ud. 2004. Format Baru Pola Pendidikan Keagamaan para Masyarakat Multikultural dalam Perspektif Sisdiknas,dalam Mu’tamar Ramadhan dan Hesti Herdinah ( eds) Antologi Studi Agama dan Pendidikan. Semarang: Aneka Ilmu Hidayatulloh,Syarif.,Pembelajaran Agama Islam Berbasis Wawasan Multikulturalisme.Jurnal Penamas, Vol XXIII No.3 Th.2010.

Ali Maksum dan Luluk Yunan Rohendi. 2004. Paradigma Pendidikan Universal Yogyakarta: IRCiSoD.

Azra, Azyumardi 2007. Pendidikan Agama Membangun Multikulturalisme Indonesia, dalam pengantar buku Zakiyudin Baidhawy, Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural Jakarta: Erlangga.

Badan Pusat Statistik. 2005. Kalimantan Barat dalam Angka (Pontianak: Badan Pusat Statistik Propinsi Kalimantan Barat.

Bellah, Robert N. 1976. Beyond Belief, New York Harper & Row.

Bogdan, R. C & Biklen, K.S. 1998. Qualitative Research For Education; an Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon.

Dodi, Limas, Relevansi Pemikiran Multikultural Abdurrahman Wahid, Jurnal Empirisma,Vol 20 N0 2, juli 2011.

H.A.R. Tilaar. 2009. Kekuasaan dan Pendidikan: Manajemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaan, Jakarta: Rineka Cipta.

https://id.wikipedia.org/wiki/Bhinneka_Tunggal_Ika. Diakses tanggal 09 Desember 2018.

Madjid, Nurcholish. 2000. Islam Doktrin dan Peradaban, Jakarta: Paramadina.

Mahfud, Choirul. 2010. Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Masdar Hilmy. 2003. Menggagas Paradigma Pendidikan Berbasis Multikulturalisme , Ulumuna, VII, 12 (Juli-Desember, 2003), 332-342.

Maslikhah. 2007. Quo Vadis Pendidikan Multikultural, Salatiga: STAIN Salatiga Press.

Muhammad Sofyan. 1999. Agama dan Kekerasan dalam Bingkai Reformasi Yogyakarta: Media Pressindo.

Ngainun Naim dan Achmad Sauqi. 2008. Pendidikan Multikultural Konsep dan Aplikasi Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Parekh, Bikhu .2008. Rethingking Multiculturalism: Keberagaman Budaya dan Teori Politik, Yogyakarta: Kanisius.

Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 1951 tentang lambang negara dan penjelasannya.

Pitoyo, dkk. 2012. Pancasila Dasar Negara, Yogyakarta: PSP Press.

Rizal Muntasyir, dkk. 2004. Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Shihab, M. Quraish. 1998. Wawasan Al-Quran: Tafsir Maudhu’i atas Pelpagai Persoalan Umat, Bandung: Mizan.

Silabus Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Untuk SMP (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016)

Sj, Gudon. 1997. Ketidak Adilan Gender dalam Diskursus Kekuasaan, Wacana no. 7.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Suyanto, Multikulturalisme Dalam Sistem Pendidikan Agama Islam: Problematika Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Jurnal ADDIN, Vol. 7, No. 1, Februari 2013 Matsuroh, Kurikulum Pendidikan Berbasis Multikultural, Jurnal Millah Edisi Khusus Desember 2010,.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2005. Bandung: Fokusmedia.

Usman Pelly dan Asih Menanti. 1994. Teori-teori Sosial Budaya, Jakarta: Dirjen Depdikbud.

Wan Mohd. Nor Wan Daud. 1998. Filsafat dan Prektek Pendidikan Islam Syed Muhammad Naquib al-Attas, Bandung: Mizan.




DOI: https://doi.org/10.24042/atjpi.v11i1.6217

Article Metrics

Abstract views : 208 | PDF downloads : 125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Creative Commons License
Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseCopyright © UIN Raden Intan LampungAll rights reserved.