PENGGUNAAN E-COMIC FIQIH SEBAGAI PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MI MA’ARIF NGERING

https://doi.org/10.24042/atjpi.v12i1.7069

Ayu hidayatinur rochmah, Eni Fariyatul Fahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan e-comic fiqih sebagai media pembelajaran peserta didik dalam memahami tentang tata cara berwudhu dengan baik dan benar sesuai ajaran islam. Adapun jumlah responden 20 siswa kelas V Mi Ma’arif Ngering menggunakan teknik pengambilan data hasil observasi dan kuesioner. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif regresi dengan perhitungan software SPSS yang mampu memproses data statistik secara cepat dan akurat. Berdasarkan hasil yang diteliti dapat disimpulkan nilai rata-rata pembelajaran dengan menggunakan e-comic dan non-ecomic tingkat variabel independent sebesar 99.00 yang lebih tinggi dari variabel dependent dengan nilai sebesar 80.15.


Keywords


SPSS, e-comic, hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Aisida, S. (2017). Aplikasi Model Problem Based Learning sebagai Motivasi dalam Pembelajarn Fiqih. An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya & Sosial, 4(1), 16–38. http://www.ejournal.staimadiun.ac.id/index.php/annuha/article/view/135

Dianti, S. M., Purba, H., & Hasibuan, H. B. (2018). HUBUNGAN KUALIFIKASI AKADEMIK GURU DENGAN MANAJEMEN KESISWAAN DI RA/TK/PAUD SE-KECAMATAN BANDAR HULUAN KABUPATEN SIMALUNGUN. Raudhah, 06(01), 1–26.

Fahyuni, E. F., & Fauji, I. (2017). Pengembangan Komik Akidah Akhlak Untuk Meningkatkan Minat Baca dan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(1), 17. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i1.817

Ferawati Jafar, A. (2021). PENGEMBANGAN KOMIK ELEKTRONIK (E-COMIC) USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA Development Of Electronic Comic (E-Comic) Business And Simple Aircraft. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v1i1.20839

Gunawan, I., & Paluti, A. R. (2012). Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 2(2), 98–117. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE

Hadi, R. I., Suhirawan, & Simatupang, H. (2017). Implementasi UU No. 14/2005 Tentang Guru dan Dosen (STUDI KASUS KOMPETENSI TENAGA PENDIDIK DI WING PENDIDIKAN TEKNIK DAN PEMBEKALAN KALIJATI DALAM MEMPERSIAPKAN SUMBER DAYA MANUSIA PERTAHANAN TNI AU TAHUN 2017). 14, 75–100.

Irmayanti, N., & Grahani, F. O. (2020). Pelatihan Assertive dan Perilaku Cyberbullying Pada Siswa SMA Di Sidoarjo. Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi, 18(02). https://doi.org/10.47007/jpsi.v18i02.95

Kepribadian, P., Kerja, P., Tingkat, D. A. N., Terhadap, P., Karyawan, K., Pos, P. T., & Persero, I. (2018). KABUPATEN NABIRE INFLUENCE OF PERSONALITY , WORK EXPERIENCE , COMPETENCE , AND LEVEL OF EDUCATION OF EMPLOYEE PERFORMANCE PT . POS INDONESIA ( PERSERO ) IN NABIRE. 6(4).

Mitra, Maya, R., & Yasyakur, M. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Menanamkan Karakter Religius pada Siswa Kelas V SD Negeri Kotabatu 04 Desa Kotabatu Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2019 / 2020. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 1(1), 95–104.

Musfiqon, M. (2016). Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan (U. A. Kurniati (ed.); 5th ed.). PT. Prestasi Pustakaraya.

Ningsih, T. (2019). Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Revolosi Industri 4.0 Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 220–231. https://doi.org/10.24090/insania.v24i2.3049

Nuryana, Z. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan Agama Islam. Tamaddun, 19(1), 75. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.818

Pratama, Y. A. (2018). Media Komik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdn 1 Sukabumi Bandar Lampung. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(2), 347. https://doi.org/10.22373/jm.v8i2.4123

Putra, W. D., & Uyun, K. (2020). Pengaruh Profesionalisme guru Terhadap kegiatan belajar Mengajar siswa kelas VII A Di MTS NEGERI 5 Jember. Journal of Chemical Information and Modeling, 11(1), 83–92. https://doi.org/10.24042/atjpi.v11i1.5938

Sulfemi, W. B. (2018). Pengaruh Disiplin Ibadah Sholat, Lingkungan Sekolah, Dan Intelegensi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(2), 166–178. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i2.474

Witri, G., Syahrilfuddin, & Guslinda. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MEMFASILITASI BELAJAR MANDIRI MAHASISWA CALON GURU SD PADA KONSEP BILANGAN Program Studi PGSD FKIP Universitas Riau Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7(2), 218–226.

Zulmuqim. (2019). Profesionalisasi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam di Sumatera Barat. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 13–21. https://doi.org/10.15548/mrb.v2i1.325




DOI: https://doi.org/10.24042/atjpi.v12i1.7069

Article Metrics

Abstract views : 209 | PDF downloads : 100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Creative Commons License
Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseCopyright © UIN Raden Intan LampungAll rights reserved.