DESAIN BUKU TEKS AQIDAH BERBASIS STRATEGI REAP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

https://doi.org/10.24042/atjpi.v12i2.8169

Dzulfikar Akbar Romadlon, Eni Fariyatul Fahyuni, Istikomah Istikomah, Safitri Khoirinindyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku teks teologi / aqidah Islam untuk siswa sekolah menengah berbasis strategi Reading, Encoding, Annotating, Pondering disingkat REAP . Dengan adanya pengembangan buku ajar ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah menengah dalam menghadapi tantangan ideologis di zaman modern ini, sehingga dibutuhkan pengembangkan buku ajar yang dapat membantu proses pembelajaran Aqidah menggunakan strategi REAP. Penelitian pengembangan atau R&D (Research & Development) ini menggunakan model Plomp, yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap penyelidikan awal, tahap prototipe, dan tahap penilaian. Berdasarkan hasil validasi buku ajar Akidah berbasis strategi REAP pada bab "Wujud dan Keesaan Allah" rata-rata seluruh aspek sebesar 88,4% yang berarti buku teks “sangat layak”. Berdasarkan uji coba skala besar diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 82,9 yang menunjukkan bahwa aqidah berbasis strategi REAP dapat dilaksanakan dengan efektif.


Keywords


Aqidah, textbook, REAP Strategy, critical thinking skill

Full Text:

PDF PDF

References


Abdillah, J. (2014) ‘Radikalisme Agama: Dekonstruksi Tafsir Ayat-Ayat “Kekerasan” Dalam Al-Qur’an’, Kalam, 8(2).

Al-Ash’ari, A. H. (1955) Al-Luma’ fi Raddi ‘Ala Ahli z-Ziyaghi wa l-Bida’. Edited by H. Gharabah. Mesir: Maktabah Mishr, Shirkah Sahimah Misriyyah.

Al-Ghazali, A. H. (2001) ‘Iljamu al-’Awam ’an ’Ilmi al-Kalam’, in Muhammad, I. A. (ed.) Majmu’atu r-Rasa’il. Kairo: Maktabah Tawfiqiyah.

Al-Ghazali, A. H. (2005) Ihya’ Ulumuddin. 1st edn. Beirut: Dar Ibnu Hazm.

Al-Razi, F. al-D. (1981) Tafsir al-Fakhr al-Razi al-Mushtahir bi-Tafsir al-Kabir Mafatih al-Ghaib. 1st edn. Beirut: Dar al-Fikr.

At-Tahawi, A. J. (1995) Matan ’Aqidah Tahawiyyah Bayan ’Aqidah Ahli Sunnah wa l-Jama’ah. 1st edn. Beirut: Dar Ibnu Hazm.

At-Thabari, A. J. bin J. (2001) Tafsir At-Thabari, Jami’u l-Bayan ‘an Ta’wil Ay l-Qur’an. 1st edn. Kairo: Dar Hijr.

Bloom, B.-S. et al. (1956) Taxonomy of Educational Objectives The Classification of Educational Goals. London: Longmans Green& Co. LTD.

Cahyaningtyas, A. P. and Mustadi, A. (2018) ‘The Effect of REAP Strategy on Reading Comprehension’, in SHS Web of Conferences 42, 00014, pp. 1–6. doi: https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200014.

Fitriyah, L., Marlina and Suryani (2019) ‘Pendidikan Literasi pada Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja’, Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(1).

Ibn ‘Athiyah, A. M. ‘Abdu al-H. I. al-G. (2001) Al-Muharrar al-Wajiz fi Tafsir al-Kitab al-‘Aziz. 1st edn. Beirut: Daru l-Kutub al-Ilmiyyah.

Jabbar, A. (1996) Sharh Ushuli l-Khamsah. 3rd edn. Mesir: Maktabah Wahbah.

Khan, W. d-D. (2005) Al-Islam Yatahadda. 4th edn. Edited by Z. I. Khan. New Delhi: Goodword Books.

Latif, H. A. (2011) ‘Mengkritisi Jaringan Islam Liberal (Jil): Antara Spirit Revivalisme, Liberalisme Dan Bahaya’, Jurnal Ilmiah Islam Futura, 10(2).

Manzo, A., Manzo, U. and Albee, J. J. (2002) ‘iREAP: Improving Reading, Writing, and Thinking in the Wired Classroom’, Journal of Adolescent & Adult Literacy, 46(1), pp. 42–47. Available at: http://www.jstor.org/stable/40017504.

Manzo, A. V. (1975) ‘Guided Reading Procedure’, Journal of Reading, 18(4).

Marzuqi, A. (2004) Mandzumatu l-’Aqidati l-’Awam. Malang: Percetakan Safir.

Mauliya, A. (2019) ‘Perkembangan Kognitif Pada Peserta Didik Smp (Sekolah Menengah Pertama) Menurut Jean Piaget’, ScienceEdu, 2(2).

Plomp, T. (2010) ‘Educational Design Research: an Introduction’, in An Introduction to Educational Design Research. 3rd edn. Netherlands: Enschede.

Renette, R. (2016) ‘Using REAP (Read, Encode, Annotate, Ponder) In Teaching Reading’, in Proceedings of the Fourth International Seminar on English Language and Teaching (ISELT-4), pp. 278–282.

Romadlon, D. A. and Istikomah (2019) Relasi Antara Aqidah dan Akhlaq. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Romadlon, D. A., Septi, D. and Haryanto, B. (2020) ‘Implementation of the REAP Strategy in the Aqidah Akhlak Course to Improve Student Literacy Ability’, Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2).

Sukma and Haryadi (2016) ‘Keefektifan Strategi REAP Dan Request Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII Smp’, LingTera, 3(1), pp. 99–111. doi: http://dx.doi.org/10.21831/lt.v3i1.8476.

Syairazi, A. H. (2018) ‘Fikih Bagi Pemula (Studi Strategi Pembelajaran Kitab Fikih Melayu Rasam Parukunan)’, Syariah: Jurnal Hukum dan Pemikiran, 18(1).

Utman, M. (1977) AL-Fikru l-Hadith wa Mawqifu l-Islam minhu. Kairo: Maktabah Anglo-Mesir.

Yusuf, H. (2012) ‘Eksistensi Tuhan dan Agama dalam Perspektif Masyarakat Kontemporer’, Kalam, 6(2).

Zarkasyi, H. F. (2013) ‘Worldview Islam dan Kapitalisme Barat’, Tsaqafah, 9(1).

Zasrianita, F. (2016) ‘Using Of Reading, Encoding, Annotating, And Pondering (REAP) Technique To Improve Students’ Reading Comprehension (A Classroom Action Research at Eighth Grade Students in MTSN 1 Kota Bengkulu in Academic years 2016)’, Ta’dib, 19(2), pp. 147–164.




DOI: https://doi.org/10.24042/atjpi.v12i2.8169

Article Metrics

Abstract views : 169 | PDF downloads : 75 PDF downloads : 53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Creative Commons License
Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseCopyright © UIN Raden Intan LampungAll rights reserved.