URGENSI MEMBANGUN PARADIGMA QUR’ANI MAHASISWA INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER DI ERA DIGITAL

https://doi.org/10.24042/atjpi.v12i1.8625

Choirul Mahfud, Amira Khairunisa, Andry Prasetyo, Emirsyah Bayu, Muhammad Alfreda

Abstract


Paradigma qur’ani di kalangan mahasiswa sekarang ini menjadi urgensi dalam menghadapi era digital seperti sekarang ini, terutama dalam menuntut ilmu dan mengembangkan pengetahuan. Dengan berkembangnya teknologi di dunia, berbagai tantangan global hadir di tengah-tengah mahasiswa. Maka mahasiswa harus dibekali pendidikan islami agar bisa menghadapi persoalan yang datang dengan tetap berpedoman dengan Al-Qur’an, tidak hanya dengan kepandaian. Apabila seorang mahasiswa memanfaatkan teknologi tanpa dilandaskan dengan ajaran Al-Qur’an, maka akan terjadi penurunan moralitas generasi muda. Dengan menumbuhkan paradigma qur’ani di kalangan mahasiswa, diharapkan akan mencetak pemuda-pemudi yang cerdas intelektual serta berakhlak mulia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pentingnya paradigma qur’ani bagi mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember dalam menghadapi kehidupan di era digital. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif berupa survei melalui media formulir elektronik. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa mayoritas mahasiswa sadar akan pentingnya penerapan paradigma qur’ani dalam menghadapi era digital. Namun, mahasiswa belum atau kurang memahami cara membangun paradigma tersebut. Akibatnya, mahasiswa belum atau kurang menerapkan paradigma qur’ani dengan baik dalam menghadapi era digital.


Keywords


Era digital; Mahasiswa; Paradigma qur’ani.

Full Text:

PDF

References


Husain, A. (2020). Dakwah Islamiyah dan Tantangannya di Era Digital. Al Munqidz: Jurnal Kajian Dan Keislaman.

Januarti, D. W., Pratiknjo, M. H., & Mulianti, T. (2018). Perilaku Mahasiswa Dalam Menggunakan Media Sosial di Universitas Sam Ratulangi Manado. Journal Unair.

Krisdiyanto, G., Muflikha, M., Elvina Sahara, E., & Mahfud, C. (2019). Sistem Pendidikan Pesantren Dan Tantangan Modernitas. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(01), 11–21.

Mahfud, C. (2018). Chinese Muslim Community Development in Contemporary Indonesia: Experiences of PITI in East Java. Studia Islamika, 25(3).

Mahfud, C. (2019). A Policy Analysis of Islamic Education Budget in Indonesia. Edukasia Islamika : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 1–17. https://doi.org/10.28918/jei.v4i1.2253

Mahfud, C. (2019). DEVELOPING ISLAMIC MATERIAL BASED ON SPIRIT Choirul Mahfud Institut Teknologi Sepuluh Nopember Email : choirul.mahfud@its.ac.id Jounal info Jurnal Pendidikan Glasser DOI : http://10.32529/glasser.v%vi%i.198 Volume : 3 Nomor : 1 Month : 2019 Issue : april. Jurnal Pendidikan Glasser, 3, 70–77. http://10.0.127.17/glasser.v%25vi%25i.198

Mahfud, C. (2019). Evaluation of Islamic Education Curriculum Policy in Indonesia. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 34–43. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4016

Mahfud, C. (2019). Imagined Islamic Societies and the Role of Ulema in. AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam, 24. http://dx.doi.org/10.32332/akademika.v24i2.1567

Mahfud, C. (2019). Multicultural Education Based-Social Science Instructional Model in Islamic School. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 22 (1), 14-20, 22(1), 14–20. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i2

Mahfud, C. (2019). Tantangan Global dan Lokal Islam di Indonesia. Yogyakarta: Samudra Biru.

Mahfud, C. (2019). THE GENEALOGY OF SOCIAL HISTORY OF ISLAMIC EDUCATION POLITICS IN INDONESIA. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10.

Mahfud, C. (2019). the Paradox of Islamic Education in Indonesia. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 618–625. https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i2.5223

Mahfud, C. (2020). Understanding Political Reform and Islamic Education Position in Indonesia. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman 6 (2), 130-136, 6(2), 130–136.

Mahfud, C., dkk. (2018). Religious Radicalism, Global Terrorism and Islamic Challenges in Contemporary Indonesia. Jurnal Sosial Humaniora, 11(1), 8. https://doi.org/10.12962/j24433527.v11i1.3550

Mudlofir, A. (2011). Tafsir Tarbawi Sebagai Paradigma Qur’ani dalam Reformulasi Pendidikan Islam. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam. https://doi.org/10.21154/al-tahrir.v11i2.35

Novianto, I. (2011). Perilaku penggunaan internet di kalangan mahasiswa. Journal.Unair.Ac.Id.

Pitoewas, B. (2018). PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL DAN SIKAP REMAJA TERHADAP PERUBAHAN TATA NILAI. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan. https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n1.2018.pp8-18

Rahmawati, Yahiji, K., Mahfud, C., Alfin, J., & Koiri, M. (2018). Chinese ways of being good Muslim: From the Cheng Hoo Mosque to Islamic education and media literacy. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 8(2), 225–252. https://doi.org/10.18326/ijims.v8i2.225-252




DOI: https://doi.org/10.24042/atjpi.v12i1.8625

Article Metrics

Abstract views : 3175 | PDF downloads : 673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Creative Commons License
Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseCopyright © UIN Raden Intan LampungAll rights reserved.