KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG

Haris Budiman, Uswatun Hasanah, Agus Faisal Asya, Radika Ammorti

Abstract


Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukkan Karakter Tanggung Jawab Pada Peserta Didik di SMP Negeri 7 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik menentukan objek pada penelitian ini melalui teknik Purposive sampling, Teknik pengumpulan data-nya dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data-data penelitian terkumpul, kemudian dianalisis dengan menggunakan data deskriptif.

Hasil penelitian ini menjelaskan tentang Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukkan Karakter Tanggung Jawab Pada Peserta Didik di SMP Negeri 7 Bandar Lampung. Adapun kreativitas yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 7 Bandar Lampung yaitu dengan pembuatan kotak pengumpulan tugas, menerapkan pembiasaan membaca al-quran yang meliputi surat-surat pendek sebelum memulai pembelajaran dan pemanfaatan media zoom meeting. Dalam membentuk karakter tanggung jawab ini dituangkan melalui beberapa metode seperti metode keteladanan, melalui nasihat-nasihat dan memberi perhatian, melalui mata pelajaran tersendiri dan terintegrasi kedalam semua mata pelajaran  dan reward and punishment. Pada pembentukkan karakter tanggung jawab peserta didik terdapat tiga indikator yakni menyerahkan tugas tepat waktu, mengerjakan sesuai dengan petunjuk dan mengerjakan berdasarkan hasil karya sendiri.


Keywords


Kreativitas, Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Tanggung Jawab

Full Text:

PDF

References


Agung, I. (2017). Peran Fasilitator Guru Dalam Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk). Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(2), 106–119.

Aset, Sugiana. (2018). Penanaman Nilai Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Di SMK Ethika Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1 (1), 2.

Dewi, T. A. (2016). Upaya Pembentukan Karakter Melalui Social and Emotional Learning (Sel) Pada Mata Pelajaran Ips Di Smp. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 4(2), 13–22.

Edisi, J. W. (2019). Jurnal Warta Edisi : 62 Oktober 2019 | ISSN : 1829-7463. 146–161.

Hasyim, Ridwan, (2020). Saatnya Guru Berpikir dan Bertindak, Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia.

https://www,zonareferensi.com/pengertian-tanggung-jawab/

J, Moeloeng Lexy, (2009). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Jai, A. J., Rochman, C., & Nurmila, N. (2020). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Jujur Pada Siswa. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 257–264.

Jaya, I Made Laut Mertha, (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Yogyakarta: Quadrant.

Kharisma, C., & Suyatno, S. (2019). Peran Guru Dalam Menanamkan Karakteri Disiplin Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Bleber 1 Prambanan Sleman. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(2), 131.

Khusna, N. (2016). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Karakter Anti Korupsi. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(2), 173.

Muslich, Masnur, (2011). Pendidikan karakter menjawab tantangan krisis multi dimensional, Jakarta: Bumi Aksara.

Nuraini., Yuliani., Sofia Hartati.,&Sihadi. (2020). Memacu Kreativitas Melalui Bermain: Pembelajaran Anak Usia Dini, Jakarta: Bumi Aksara.

Nur Muhammad Romdoni. (2019). Kreatifitas Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Miftakhul Khoir Karangrejo Purwosari. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 65–71.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232.

Pendidikan, J. A., Universitas, P., Kuala, S., Jufni, M., & Ibrahim, S. (2015). Kreativitas Guru Pai Dalam Pengembangan Bahan Ajar Di Madrasah Aliyah Jeumala Amal Lueng Putu. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 3(4), 64–73.

Saptono, A. (2016). Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Dan Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X Di Sma Negeri 89 Jakarta. Econosains Jurnal Online Ekonomi Dan Pendidikan, 14(1), 105–112.

Setiawan, A. (2021). Pendidikan Karakter pada Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Keluarga. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 319–327.

Sudaryono, (2018). Metodologi Penelitian, Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Sumarno, O. : (2016). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik. Sumarno Jurnal Al Lubab, 1(1), 121–147.

Sutarini, Y. C. N., Priyoyuwono, P., & Armstrong, T. (2015). Penanaman Nilai Karakter Tanggung Jawab Dan Kerja Sama Terintegrasi Dalam Perkuliahan Ilmu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(2), 213–224.

Syahid, Abdullah. (2018). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami. Jurnal Pendidikan, 2(1), 5.

Umar, Bukhari, (2017). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Amzah.

Undang-Undang No.14 Tahun 2005 tentang Guru




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v12i1.8833

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Creative Commons License
Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseCopyright © UIN Raden Intan LampungAll rights reserved.