PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM RELIGIUS RASIONAL PERSPEKTIF MOHAMMAD NATSIR DAN HARUN NASUTION

https://doi.org/10.24042/atjpi.v12i2.8874

Akbar Tanjung, Imam Syafe'i, Muhammad Akmansyah

Abstract


Penelitian dengan judul  “Pendidik Dalam Pendidikan Islam (Religius-Rasional) Perspektif Mohammad Natsir dan Harun Nasution” ini bertujuan untuk mengetahui Apa Hakikat Pendidik dalam Pendidikan Islam Religius-Rasional, Apa Karakteristik Pendidik dalam Pendidikan Islam Religius-Rasional, Apa Tugas Pendidik dalam Pendidikan Islam Religius-Rasional. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah library research. Tekhnik Pengumpulan data menggunakan tekhnik kepustakaan, sedangkan tekhnik analisis data menggunakan analisis isi ( content analysis ). Dari hasil temuan penulis menemukan adanya persamaan Pemikiran Mohammad Natsir dan Harun Nasution tentang pendidik, dimana keduanya sama-sama menekankan bahwa seorang pendidik harus memiliki daya analisis yang tinggi dengan keseimbangan antara akal dan wahyu, religious dan rasional, serta dzikir dan fikir. Sehingga seorang pendidik bisa menciptakan generasi penerus peradaban yang mengedepankan kedua aspek tersebut serta tidak lagi berdebat dan mendikotomikan antara aspek duniawi dan ukhrowi


Keywords


Pendidik, Perspektif Mohammad Natsir, Perspektif Harun Nasution

Full Text:

PDF

References


A, A. (2018). Eksistensi Islam Moderat dalam perspektif Islam. Jurnal Rausyan Fikr, 14.

Abuddin Nata. (2005). Tokoh- tokoh Pembaharuan Pendidikan Islam Di Indonesia. Raja Grafindo Persada.

Almu’tasim, A. (2019). Berkaca NU dan Muhammadiyah dalam Mewujudkan Nilai-Nilai Moderasi Islam di Indonesia. TARBIYA ISLAMIA: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 8.

Bungin, B. (2015). Analisis Data Penelitian Kualitatif (Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model). Raja Grafindo Persada.

Dkk, A. H. (1996). Pemikiran dan Perjuangan Mohammad Natsir. Pustaka Firdaus.

Hamid Fahmy Zarkasyi. (2014). Liberalisasi Pemikiran Islam. INSISTS.

Nasution, H. (1972). Teologi Islam; Aliran-aliran Sejarah Analisis Perbandingan. UI-Press.

Nasution, H. (1996). Islam Rasional Gagasan dan Pemikiran. Mizan.

Natsir, M. (1954). Capita Selecta. Penerbit Sumup.

Natsir, Mohammad. (2014). Fiqhud Da’wah. Media Dakwah.

Natsir, Mohammad. (2015). Islam Akal Merdeka. Sega Arsy.

Nur, A., & Mukhlis. (2016). Konsep Wasathiyah Dalam Al-Quran; (Studi Komparatif Antara Tafsir Al-Tahrir Wa At-Tanwir Dan Aisar AtTafasir). Jurnal An-Nur, 4.

RI, D. A. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan Nasional.

Syafe’i, I. (2013). TEOLOGI PENDIDIKAN Epistemologis, Ontologis, dan Aksiologis. Ijtimaiyya Jurnal Pengembangan Masyarakat, 6.

Tafsir, A. (2017). Filsafat Pendidikan Islam. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.24042/atjpi.v12i2.8874

Article Metrics

Abstract views : 195 | PDF downloads : 112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Creative Commons License
Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseCopyright © UIN Raden Intan LampungAll rights reserved.