INTEGRASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP PADA PROGRAM ADIWIYATA SD PLUS AL-KAUTSAR MALANG

husni zulkarnain, M. Nurul Humaidi, Moh. Nurhakim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang terintegrasi dengan Pendidikan Lingkungan Hidup untuk meningkatkan kepedulian peserta didik terhadap lingkungan pada program Adiwiyata di SD Plus Al-Kautsar Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model penelitian studi kasus, untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumenter. Sedangkan untuk analisa data peneliti menggunakan teknik interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Adapun untuk pengujian keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan triangulasi metode, triangulasi sumber data. Pembelajaran PAI yang terintegrasi dengan Pendidikan lingkungan hidup di SD Plus Al-Kautsar Malang mendorong aktivitas peserta didik untuk senantiasa peduli terhadap lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Plus Al-Kautsar Malang mengimplementasikannya melalui tiga aspek: (a) Mengimplementasikan PAI dalam meningkatkan kesadaran lingkungan hidup pada program Adiwiyata dalam proses KBM, yang meliputi pengelolaan tujuan pembelajaran, pengembangan materi PAI berwawasan lingkungan, pendidik dan cara mengajarnya, peserta didik dan cara belajarnya serta pengelolaan evaluasi belajar, (b) Pembahasan tentang hal-hal yang berkaitan dengan implementasi PAI dalam meningkatkan kesadaran lingkungan hidup pada program Adiwiyata, dan (c) Metode dalam implementasi PAI dalam meningkatkan kesadaran lingkungan hidup pada program Adiwiyata.


Keywords


IntegraIntegrasi, Pembelajaran PAI, Pembelajaran PLH, Program Adiwiyatasi PAI dengan PLH, Program Adiwiyata

Full Text:

PDF

References


Abdul-Matin, I. (2010) Green Deen: What Islam teaches about protecting the planet. Berrett-Koehler Publishers.

Afandi, R. (2013) ‘Integrasi pendidikan lingkungan hidup melalui pembelajaran IPS di sekolah dasar sebagai alternatif menciptakan sekolah hijau’, PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), pp. 98–108.

Amelia, I. R. and Mutmainnah, R. (2019) ‘Hubungan Program Adiwiyata Terhadap Pendidikan Agama Islam Berwawasan Karakter’, Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 7(1), pp. 5–9.

Dewi, E. R. (2018) ‘Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas’, PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 2(1), pp. 44–52.

Djamarah, S. B. and Zain, A. (2006) ‘Strategi belajar mengajar’, Jakarta: Rineka Cipta, 46.

Djoehaeni, H. (2014) ‘MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUPPADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI’, edutech, 427.

Faisal, F., Handayani, T. and Sofyan, F. A. (2019) ‘Penanaman Nilai Adiwiyata dalam Pembelajaran PAI MI (Studi Multi Situs di MIN 1 Palembang dan MIN 2 Palembang)’, Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman. Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 1(1), pp. 1–32.

Gunawan, H. (2012) ‘Pendidikan karakter’, Bandung: Alfabeta, 2.

Hidayat, A. (2015) ‘Pendidikan islam dan lingkungan hidup’, Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), pp. 373–389.

Idris, M. (2018) ‘Pendidikan Karakter: Perspektif Islam Dan Thomas Lickona’, Ta’dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), pp. 77–102.

Kementerian Lingkungan Hidup dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2012) Pandan Adiwiyata: Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta.

Kurniawan, S. (no date) ‘PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN KEARIFAN LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR: Dasar, Signifikansi dan Implementasi’.

Majid, A., Ag, S. and Pd, M. (2012) ‘Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT’, Remaja Rosdakarya.

Mediana, P. A., Nursiah, N. and Shansabilah, L. (2020) ‘Analisis Bahan Instruksional di SDN Pondok Jagung 2’, FONDATIA, 4(1), pp. 110–140.

Muhaimin, P. P. I. U. M. (2004) ‘Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: PT’, Remaja Rosdakarya.

Mustakim, M. (2018) ‘PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Analisis Surat Al-A’raf Ayat 56-58 Tafsir Al Misbah Karya M. Quraish Shihab)’, JIE (Journal of Islamic Education), 2(1).

Musthafa, S. F. and Ammar, W. M. (2009) Kurikulum Pendidikan Anak Muslim. Pustaka Elba.

Rusdiana, A. (2015) Kebijakan Pendidikan. CV Pustaka Setia.

Sugiyono, D. (2013) ‘Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D’. Alfabeta.

Tafsir, A. (2012) Ilmu pendidikan islami. Remaja Rosdakarya.

Zaman, B. (2019) ‘Urgensi pendidikan karakter yang sesuai dengan falsafah bangsa indonesia’, Al Ghazali, 2(1), pp. 16–31.

Zubaidi (2011) Desin Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenada Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v12i2.9852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Creative Commons License
Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseCopyright © UIN Raden Intan LampungAll rights reserved.