KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INDONESIA MELALUI KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN STRUKTUR PARAGRAF (Studi pada Mahasiswa Jurusan Matematika Semester Genap Angkatan Tahun 2015 Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung)

Mar diyah

Abstract


Abstrak

 

Pelaksanaan pembelajaran kemampuan mengembangkan struktur paragraf yang menekankan pada terampil berlatih dapat menghasilkan mahasiswa yang mempunyai motivasitinggi sesuai hasil ketercapainya dari kegiatan keterampilan menulis bahasa Indonesia yang baik dan benar. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh hasil proses pembelajaran sebagai berikut: (1) adanya peningkatan hasil belajar terhadap materi pembalajaran jika dilihat dari kondisi awal, hasil pembelajaran pada siklus 1 yang mencapai 52% dan pembelajaran dalam siklus 2 semakin meningkat dapat mencapai ketuntasan pembelajaran hingga mencapai 82%. Ketuntasan/kelulusan ini dapat dicapai karena dari sifat mengulang dalam proses pembelajarannya atau dikenal tindakan kelas berbentuk siklus, sehingga peserta didik akan mendapatkan kemudahan dan cepat dalam menguasai materi; (2) Peserta didik aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dan lebih mudah dalam menguasai materi.

 

Kata kunci: Bahasa Indonesia, keterampilan menulis, struktur paragraf.

 


Keywords


Bahasa Indonesia; keterampilan menulis; struktur paragraf

References


DAFTAR PUSTAKA

A.N. Oppenheim, Questionaire Design and Attitudes Measurement, London: Heinmann,1976

Atar Semi, Menulis Efektif, Padang: Angkasa Raya,1990

Burhan Nurgiyantoro, Teori Pengkajian Fiksi, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press,2009

David Nuna, Language Teaching Metodology A Texbook for Teachers,Cambridge: Cambridge Univsrsity Prss,1989

Depdikbud, Membaca dan Pengajarannya, Modul Akta V UT, Jakarta: Universitas Terbuka,1985

Djago Tarigan, Membina Keterampilan Menulis Paragraf dan Pengembangannya, Flores: Nusa Indah,1986

Gorys Keraf, Komposisi, Ende Flores: Nusa Indah,1995

Healten, Writing Enlish Language Tests, Singapure: Logman Group limited,1975

Henri Guntur Tarigan, Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa,1983

IAIN Raden Intan Lampung, Pedoman Akademik, Kode Etik Mahasiswa, 2014

Imam Syafi’i, Terampil Berbahasa Indonesia 1, Jakarta: Departeman Pendidikan dan Kebudayaan,1993

J. D. Angelo Frank,Prosess and Composition, Cambridge: Wintrop Publishert,1980

James Mc Crimmon,Writting with a Purpose, Boston: Hougthon Miffin Company,1976

Robert Lado, Language Teaching,Hongkong: Longman, 1977

Sabarti Akhadiah, Maidar G. Arsyad, dan Sakura H. Ridwan,Pembinaan Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia, Jakarta: CV Manasco,1987

Sri Utari Subyakto Nababan, Metodologi Pengajaran Bahasa, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,1993

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta, 2013

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek,Jakarta: Bina Aksara,1992

Suparno dan Martutik,Wacana Bahasa Indonesia, Jakarta: Depdikbud,1997

Suwito, Pengantar Sosiolinguistik, Surakarta: Hanary Offset,1985

Tim Pelatih Penelitian Tindakan (Action Rescerch), Penelitian Tindakan (Action Rescerch),Yogyakarta: Direktorat pendidikan Menegah Umum,2000




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v3i2.1188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search