HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2016/2017

https://doi.org/10.24042/terampil.v3i2.1190

Nurul Hidayah, Fiki Hermansyah

Abstract


Abstrak

Β 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung. Penelitian ini dilaksanakan diΒ  Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung, bulan Agustus sampai dengan September 2016. Populasi penelitian seluruh siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung sebanyak 78 siswa. Sampel penelitian sebanyak 65 siswa yang ditentukan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen terdiri dari tes dan angket. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan membaca pemahaman. Angket digunakan untuk mengukur motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis korelasi sederhana. Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi dengan taraf signifikan 5%. Dengan π‘Ÿβ„Žπ‘–t𝑒𝑛𝑔>π‘Ÿπ‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ atau 0,653 > 0,250, dengan demikian Ha diterima. Ini berarti bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan kemampuan membaca pemahaman sebesar 0,653 dan sumbangan efektifnya sebesar 42,6%.

Β 

Kata kunci: Motivasi belajar, membaca pemahaman.

Β 


Keywords


motivasi belajar; membaca pemahaman

References


DAFTAR PUSTAKA

A.M.Sardiman,Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers,2011

Brown H.D,Languages Asessment Prinsiple And Clasroom Practice,San Fransisco University : Longman.com,2004

Dimyati dan Mudjiono,Belajar dan Pembelajaran,Jakarta: Rineka Cipta,2006

EstiIsmawatidan Faras Umaya,Belajar Bahasa di Kelas Awal,Yogyakarta: Ombak , 2012

Eunike Dwi Lestari, Penerapan Teknik Skimming Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Kelas V SD, Surakarta: Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, 2011

Hamzah B. Uno,Teori Motivasi & Pengukurannya,Jakarta: Bumi Aksara,2012

HenryGuntur Tarigan, Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung:Angkasa,2008

Mohamad Syarif Sumantri,Strategi Pembelajaran,Jakarta: Rajawali Pers,2015

OemarHamaik, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2005

RahimFarida,Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar,Jakarta: Bumi Aksara,2007

S. M. Fahrudin,Hubungan antara Kemampuan Membaca Pemahaman dan Sikap Bahasa dengan Kemampuan Mengapresiasi Cerita Pendek (Sebuah Survei di Sekolah Dasar Negeri Se-Gugus Yudistira,Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri),Surakarta: Tesis Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret,2009

SofnidahIfrianti, Improving Reading Comprehension, Bandar Lampung: Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung,2008

Sudijono Anas,Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers,2011

Sujianto Dkk,Kemampuan Berbahasa Indonesia (Membaca) Murid Kelas III Sekolah Menengah Atas (SMA) Jawa Timur,Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,1986

Surastina,Teknik Membaca,Bandar Lampung: Elmatera, 2010




DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v3i2.1190

Article Metrics

Abstract views : 391 | PDF (Bahasa Indonesia) downloads : 817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
TERAMPIL is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 Unported License.Β p-ISSN 2355-1925 |Β e-ISSNΒ 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

Β 

Β Β Β Β Β Β Β 

Β Indonesia One SearchΒ Β Β Β 

Β Β 

Β