Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Materi Organ Gerak Manusia Berbasis Adobe Flash Cs3 Kelas V SD/MI

Anton Tri Hasnanto, Nur Kholifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan dan respon peserta didik terhapdap media pembelajaran interaktif IPA materi organ gerak manusia menggunakan Adobe Flash CS3 di kelas V SD/MI. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model borg and gall. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 1 Harapan Jaya Bandar Lampung dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data dalam pengembangan ini adalah mendeskripsikan semua pendapat, saran dan tanggapan evaluator serta respon dari peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS3 pada pelajaran IPA materi organ gerak manusia memperoleh rata-rata nilai dari ahli materi sebesar 95,45% dikategorikan sangat layak, rata-rata ahli media 95,55% dengan kategori sangat layak, dan rata-rata penelitian guru 83% sangat layak. Sedangkan penilaian yang diberikan oleh peserta didik pada tahap uji kelompok kecil 84,77% yang dikategorikan sangat layak, dan uji kelompok besar memperoleh rata-rata 93% dikategorikan sangat layak. Dengan demikian media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flah CS3yang dikembangkan dikategorikan Sangat Baik dan layak dijadikan sebagai media pembelajaran untuk SD/MI pada mata pelajaran IPA

Keywords


Adobe Flash CS3, Media Pembelajaran Interaktif, IPA

Full Text:

PDF

References


Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilu Kependidikan, 8(2), 145–167. http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/download/107/65/

Annisa, N., Saragih, A. H., & Mursid, R. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 5(2), 210–221. https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i2.12599

Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran. Rajagrafindo Persada.

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.

Batu-Bara, Y. A., Zetriuslita, Z., Dahlia, A., & Effendi, L. A. (2021). Analisis minat belajar siswa menggunakan media pembelajaran e-comic aritmatika sosial masa pandemi Covid-19. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i1.1518

Fitrianingsih, Y. E., & Wahjudi, E. (2014). Pengembangan media pembelajaran CD interaktif pada materi jurnal penyesuaian di kelas XI IPS SMAN Gedangan. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2), 1–10. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9422

Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/download/107/65/

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(01), 171–187. https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan-media-pembelajaran-untuk-me-b2104bd7.pdf

Nurseto, T. (2012). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Peniarsih. (2014). Pemanfaatan informasi multimedia menggunakan adobe flash Cs3. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.35968/jsi.v1i1.29

Pramuaji, A., & Munir, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada materi pengenalan corel draw sebagai sarana pembelajaran desain grafis di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 183–189. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17312

Prastyo, E., & Nurhayati. (2015). Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan adobe flash Cs3 pada mata diklat PLC di jurusan teknik elektronika industri SMKN 2 Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1), 269–275.

Pratiwi, S. S., Setiani, A., & Nurcahyono, N. A. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash Cs3 professional pada materi penyajian data. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 70–76. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i2.43

Ratnawati. (2018). Peranan guru sebagai model dalam pembentukan karakter peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1–11.

Retno Sundari, L., Suroso, S., & Yustinus, Y. (2018). Pengembangan multimedia interaktif menggunakan adobe flash Cs3 profesional untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas 4 SD. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 271. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.370

Sinaga, B. (2008). Paradigma lama kontra paradigma baru pembelajaran di sekolah. Generasi Kampus, 1(2), 1–13.

Yasa, I. K. D. C. A., Agung, A. A. G., & Simamora, A. H. (2021). Meningkatkan semangat belajar siswa melalui multimedia interaktif pada mata pelajaran IPA. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 8(1), 104–112.

Yuliawati, F. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash CS3 professional dalam pembelajaran IPA berbasis integrasi islam-sains di SD/MI kelas 5. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(3), 129–138. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/1874/1043




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v9i1.12166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Anton Tri Hasnanto, Nur Kholifah



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search