Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas IV SD/MI

Yudesta Erfayliana, Oktaria Kusumawati, Tonang Juniarta

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk dapat mengembangkan media pembelajaran yang bertujuan untuk: (1) Mengetahui proses pengembangan multimedia interaktif berbasis articulate storyline pada pembelajaran PJOK kelas IV SD/MI. (2) Mengetahui kelayakan multimedia interaktif berbasis articulate storyline pada pembelajaran PJOK kelas IV SD/MI. (3) Mengetahui respon peserta didik terhadap multimedia interaktif berbasis articulate storyline pada pembelajaran PJOK kelas IV SD/MI. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang dilakukan dengan beberapa tahap yaitu: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Tempat pelaksanaan penelitian ini dilakukan di SD Negeri 3 Kuripan dan MIN 1 Tanggamus. Penelitian ini dilakukan di kelas IV. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket. Teknik analisis data instrumen validasi yang digunakan berdasarkan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis articulate storyline pada pembelajaran PJOK Kelas IV SD/MI dinyatakan Sangat Layak dilihat dari hasil validasi ahli media, ahli materi, dan ahli Bahasa. Hasil pengembangan multimedia interaktif ini diharapkan dapat menjadi alternatif yang dapat digunakan dalam belajar pada jenjang sekolah dasar

Keywords


Multi Media Interaktif, Articulate Storyline, PJOK

Full Text:

PDF

References


Anshori, S. (2019). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 2(1), 88–100.

Bawamenewi, A. (2021). Penerapan strategi the learning cell terhadap kemampuan membaca artikel dalam media cetak. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 154–161.

Gansar, D., Wijayanti, S., Yuwono, C., Irawan, R., Hanani, E. S., & Kunci, K. (2022). Analisis Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Selama Masa Pandemi di Sekolah Luar Biasa. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 7(35), 17–26.

Hariadi, H. (2015). Pengembangan Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga pada Pendidikan Anak Usia Dini. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 27(II), 93–106. https://doi.org/10.21009/parameter.272.01

Juhaeni, J., Safaruddin, S., & Salsabila, Z. P. (2021). Articulate Storyline sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 150. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i2a3.2021

Kamsina, K. (2020). Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Implementasi Pembelajaran Ilmu Teknologi Dan Masyarakat. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 9(2), 67–79. https://doi.org/10.24235/edueksos.v9i2.7103

Lestari, F., Noprisa, N., Desmayanasari, D., Hardianti, D., Efendi, D., & Prasetiyo, A. E. (2021). Auto-Play Media Studio 8 based on Blended Learning: An Effort to Optimization of Teacher Competency. Smart Society : Community Service and Empowerment Journal, 1(2), 61–69. https://www.journal.foundae.com/index.php/smartsoc/article/view/66

Mahbuddin, A. N. G. (2020). Model Integrasi Media dan Teknologi dalam Pembelajaran PAI. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 3(2), 183–196. https://doi.org/10.23971/mdr.v3i2.2312

Nabiilah, N., & Subrata, H. (2021). Pengembangan media interaktif berbasis articulate storyline 3 pada pembelajaran bahasa jawa materi unggah-ungguh basa kelas iv mi darunnajah abstrak. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(7), 2802–2815.

Nur, F. M. (2012). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Sains Kelas V Sd Pada Pokok Bahasan Makhluk Hidup Dan Proses Kehidupan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 67–78.

Panggabean, F. T. M., Purba, J., & Sinaga, M. (2021). Pengembangan Pembelajaran Daring Terintegrasi Media Untuk Mengukur HOTS Mahasiswa pada Mata Kuliah Kimia Organik. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 3(1), 11–21. https://doi.org/10.24114/jipk.v3i1.24298

Rati, Rohiat, S., & Elvinawati. (2022). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline Pada Materi Ikatan Kimia. ALOTROP, Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 6(1), 70–79.

Rohmah, F. N., & Bukhori, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Korespondensi Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3. Economic & Education Journal, 2(2), 169–182.

Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Articulate Storyline Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 237–253. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1109

Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 122–130. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356

Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 144–156. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4772

Suhailah, F., Muttaqin, M., Suhada, I., Jamaluddin, D., & Paujiah, E. (2021). Articulate Storyline: Sebuah Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Sel. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 19–25. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v5i1.3208

Syafira, A., Jamaludin, U., & Taufik, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Materi Jenis Usaha Ekonomi dan Pengaruh Kegiatan Ekonomi di Sekolah Dasar Aura. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 6(2), 185–198.

Utami, Y. S., & Wahyudi. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran Tematik Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 62–71.

Wahyudi, Rahmat, Z., & Irfandi. (2020). Persepsi Orang Tua Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SD Negeri 2 Neuhun Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1), 1–14.

Wahyuni, S., Ridlo, Z. R., & Rina, D. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Tata Surya. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA, 6(2), 99–110. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i2.24624

Widyawati, S., Khoiriyah, B., Astuti, D., Rosyidah, U., & Qomaroyah, S. (2021). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe Berintegrasi Nilai Islam Pada Guru MI Miftahul Ulum Tulung Jaya Lampung Timur. Smart Society : Community Service and Empowerment Journal, 1(1), 9–18.

Yahya, R., Ummah, S. K., & Effendi, M. M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom Bercirikan Mini Project. SJME (Supremum Journal of Mathemathics Education), 4(1), 78–91.

Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409

Yumini, S., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3), 845–849.

Yusuf, B. B. (2017). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 1(2), 13–20.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v9i1.12167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Yudesta Erfayliana, Oktaria Kusumawati, Tonang Juniarta



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search