PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI SEKOLAH DASAR

NURUL HIDAYAH

Abstract


Pembelajaran tematik integratif merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam sebuah tema tertentu. Pembelajaran tematik integratif memiliki satu tema yang aktual dekat dengan dunia siswa dan ada dalam kehidupan sehari-hari. Tema ini menjadi satu pemersatu materi yang beragam dari beberapa mata pelajaran. Pembelajaran tematik integratif perlu memilih materi beberapa mata pelajaran yang mungkin saling terkait.Teknik penilaian yang dilaksanakan oleh guru dalam pembelajaran ini berupa tes lisan, tes tulis, penugasan dan tes kinerja. Rapor dengan pembelajaran tematik integratif tidak menggunakan angka sebagai penilaian namun dengan deskripsi kalimat dan menilai seluruh aspek.


Keywords


Pembelajaran; sekolah dasar; tematik

References


Aulia, Luki. 2012. Tematik Integratif Tak Sekadar Menggabungkan. Diakses dari http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/08/10360489/

Kemendikbud. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

_______2013. Panduan Teknis Penilaian di Sekolah Dasar Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013), RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 2013 Tentang Sruktur Kurikulum SD-MI

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta. Jakarta.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara. Jakarta.

_______2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Kencana. Jakarta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Warsono dan Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif. Remaja Rosdakarya. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v2i1.1280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search