MEMBUDAYAKAN IKLIM SEMANGAT BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR

IDA FITERIANI

Abstract


Dalam membelajarkan anak didik di Sekolah Dasar, guru harus memiliki keyakinan mampu membudayakan iklim semangat belajar pada siswanya. Semangat dalam pengertian yang berkembang di masyarakat seringkali disamakan dengan motivasi. Motivasi dapat diartikan sebagai kekuatan (energi) seseorang yang dapat menimbulkan tingkat persistensi dan antusiasmenya dalam melaksanakan suatu kegiatan, baik yang bersumber dari dalam diri individu itu sendiri (motivasi intrinsik) maupun dari luar individu (motivasi ekstrinsik). Penciptaan budaya yang mampu memberikan semangat belajar bagi siswa akan semakin memperkukuh karakter dan sifat “haus” siswa terhadap ilmu pengetahuan, yang mana muaranya bertujuan untuk mempersiapkan siswa SD menjadi seorang ilmuwan (cendikiawan) yang berwawasan luas dan berakhlaqul karimah sebagaimana amanah UU dan Pancasila

Keywords


Iklim belajar; semangat belajar; siswa SD

References


A.M., Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Creemers, B. P. M. dan G. J. Reezigt. 2003. The Role of School and Classroom Climate in Elementari School Learning Enviromment. Falmer Press. London.

Munandar, Utami. 1985. Mengembangkan Akat dan Kreativitas Anak Sekolah, Petunjuk bagi Para Guru dan Orang Tua. Gramedia. Jakarta.

Naim, Ngainun. 2009. Menjadi Guru Inspiratif. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Parsons dan Hinson. 2001. Educational Psychology : A Practitioner – Reseacher Model of Teaching. Wadsworth Thomson Learning, Inc. Canada.

Prayitno, Elida. 1998. Motivasi dalam Belajar. Depdikbud. Jakarta.

Roberts, Donald F. dan Nathan Maccoby. 1959. "Information Processing and Persuasion: Counterarguing Behavior," in New Models for Mass Communication Research, Peter Clarice, ed. Beverly Hills, CA: Sage Publications, Inc.,

Sanjaya, Wina. 2009. Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana. Jakarta.

Santrock, J.W. 2002. Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup (edisi kelima). (Penerj. Achmad Chusairi, Juda Damanik; Ed. Herman Sinaga, Yati Sumiharti). Erlangga. Jakarta.

Walgito, Bimo. 1997. Psikologi Umum. Andi Press. Yogyakarta.

Winkel, W.S. 1996. Bimbingan dan Konseling di Instansi Pendidikan. Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v2i1.1286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search