PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KELOMPOK KECIL PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V

HERMANSYAH TRIMANTARA, RATNO WIBOWO

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui pendekatan kelompok kecil.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas denganmelakukan refleksi sebagai perbaikan pembelajaran. sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Kemmis dan Mc Taggart.Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 01 Binakarya Sakti. kelas V semester 1 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan jumlah siswa 23 anak. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 2 siklus. setiap siklus terdiri dari 4 tahap. yaitu perencanaan. pelaksanaan. observasi. dan refleksi. Sumber data yang dipakai menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan tes hasil belajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan kelompok kecil dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sehingga. penerapan pendekatan kelompok kecil dapat menjadi salah satu alternatif dalam melakukan pembelajaran di kelas.


Keywords


Aktivitas; hasil belajar; kelompok kecil

References


Abimanyu, Soli. dkk. 2008. Strategi Pembelajaran. Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas. Jakarta.

Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Refika Aditama. Bandung.

Hidayati, Mujinem dan Anwar Senen. 2008. Pengembangan Pendidikan IPS SD. Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas. Jakarta.

I.G.A.K. Wardani., Kuswaya Wihardit dan Noehi Nasution. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka. Jakarta.

Mulyani Sumantri. Johar Permana. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Depdikbud Dirjen Dikti Proyek PGSD.

Poerwanti, Endang. dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas. Jakarta.

Sardiman. 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers. Jakarta.

Winkel. WS. 1983. Psikologi Pendidikan Dan Evaluasi Belajar. PT. Gramedia. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v2i2.1293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search