MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP)

SRI PURWANTI

Abstract


Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan salah satu kemampuan yang dimiliki siswa. agar siswa dapat memecahkan secara kritis persoalan-persoalan yang dihadapi dalam dunia yang senantiasa berubah. Dengan memperhatikan pentingnya kemampuan berpikir kritis yang perlu dimiliki siswa. maka pengembangan kemampuan berpikir kritis merupakan hal yang perlu dilakukan mulai dari jenjang sekolah dasar sampai menengah. Model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) merupakan salah satu model pembelajaran yang membantu siswa Ssekolah Dasar dalam memahami konsep matematika khususnya kemampuan komunikasi dan kemampuan berpikir kritis matematis. Dengan demikian siswa berani mengungkapkan ide-ide atau gagasan dalam pembelajaran matematika. serta mampu berpikir kritis dalam memecahkan permasalahan sehari-hari. Dengan pembelajaran seperti ini. siswa sebagai subjek belajar dilibatkan dalam menemukan konsep-konsep pelajaran yang harus dikuasainya. Hal ini menyebabkan konsep-konsep yang diberikan. membekas tajam dalam ingatan siswa. Dengan demikian. siswa dapat menjawab tes. baik itu tes akhir semester maupun ujian nasional.

Keywords


Berpikirkritis; komunikasi; pembelajaran matematika

References


A. Sunawan. 2008. Pengaruh Pembelajaran Model Missouri Mathematics Project terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Ditinjau dari Intelegence (IQ). Tesis. SPs UPI. Tidak diterbitkan. Bandung.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Depdiknas. 2006. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

E.T. Ruseffendi. 2006. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Tarsito. Bandung.

Ennis. R.H. 1996. Critical Thinking. Upper Saddle River Prentice Hall. University of Illinois.

Good dan Grows. Direct Instruction And Its Implementation In The ClassroomOnline Tersedia. http.//edgrowth.com/p1.html 24 Desember 2011

Hasratuddin. 2010. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kecerdasan Emosional Siswa SMP melalui Pendekatan Matematika Realistik. Disertasi Sps UPI. Tidak Diterbitkan. Bandung.

Juariah. 2008. Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Komunikasi Siswa melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Tesis SPs UPI. Tidak Diterbitkan. Bandung.

Karim, A. 2010. Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP melalui Model Reciprocal Teaching. Tesis pada SPs UPI. Tidak Diterbitkan. Bandung.

Krismanto. 2002. Beberapa Teknik Model dan Strategi Pembelajaran Matematika. Depdiknas. Yogyakarta.

Kusumah. Y. S. 2008. Konsep. Pengembangan. dan Implementasi Computer-Based Learning dalam Peningkatan Kemampuan High-Order Mathematical Thinking. Pidato pengukuhan Guru Besar dalam Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia tanggal 23 Oktober 2008. UPI PRESS. Bandung.

Lindawati. S. 2010. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis SPs UPI. Tidak Diterbitkan. Bandung.

Mayadiana. D. 2005. Pembelajaran dengan Pendekatan Diskursif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Tesis SPs UPI. Tidak diterbitkan. Bandung.

NCTM. 1991. Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. VA. NCTM. Reston.

_______.2000. Principles and Standards for School Mathematics. VA. NCTM. Reston.

Nirmala. 2008. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Tesis. UPI. Tidak Diterbitkan. Bandung.

Pimm. D. 1996. Meaningful Communication Among Children, Data Collection Communication in Mathematics K-12 and Beyond. NCTM. Virginia.

Sagala. S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta. Bandung.

Turmudi. 2008. Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigasi). Leuser Citra Pustaka. Jakarta.

U., Sumarmo. 2000. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Intelektual Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Dasar. Laporan Penelitian. Lembaga Penelitian UPI. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v2i2.1296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search