PENGARUH STRATEGI PAIKEM DAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA SISWA KELAS V SDN 2 PERUMNAS WAY HALIM KEC. KEDATON BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

BAHARUDIN BAHARUDIN, ROPLIN ZAKARIA S

Abstract


Permasalahan penelitian ini berkaitan lemahnya kemampuan (kompetensi) menulis cerita siswa, dikarenakan minat baca rendah dan strategi pembelajaran masih bersifat konvensional. Strategi pembelajaran PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan), substansi aplikasinya menempatkan siswa sebagai subjek utama belajar. Melalui penelitian secara mendalam mengenai variabel strategi PAIKEM dan minat baca siswa, maka ingin dibuktikan efektifitas strategi PAIKEM dibandingkan dengan strategi konvensional pada siswa yang memiliki minat baca tinggi siswa dibandingkan dengan siswa yang memiliki minat baca rendah terhadap kemampuan menulis cerita di Kelas V SDN 2 Perumnas Way Halim Kec. Kedaton Bandar Lampung. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif  dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Rancangan/desain eksperimen menggunakan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SD SDN 2 Perumnas Way Halim dan pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Varibel terikat adalah kemampuan menulis cerita dan variabel bebasnya, meliputi: strategi pembelajaran (A) dan minat baca (B). Strategi pembelajaran dibedakan antara strategi PAIKEM (A1) dan strategi konvensional (A2), sedangkan minat baca dibedakan antara  minat baca tinggi (B1) dan minat baca rendah (B2). Teknik pengumpulan data, menggunakan observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis diterapkan uji normalitas dan homogenitas, selanjutnya data dianalisis dengan teknik ANAVA (Analysis of Variance) dua jalur dengan menggunakan taraf signifikansi α = 0,05 (5%). Kesimpulan penelitian adalah: (1) Terdapat pengaruh kemampuan menulis cerita antara siswa yang diajar dengan strategi PAIKEM dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan strategi konvensional, (2) Terdapat pengaruh kemampuan menulis cerita antara siswa yang memiliki minat baca yang tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki minat baca yang rendah di Kelas V. (3) Terdapat pengaruh secara bersama-sama antara strategi PAIKEM dan minat baca terhadap kemampuan menulis cerita di Kelas V. 

Keywords


kemampuan menulis cerita; minat baca; strategi PAIKEM

References


Crow, LD and A Crow. Human Development and Learning. New York. American Book. 1993

Hastuti, Sri. 1988. Tulis-menulis. Usaha Nasional. Yogyakarta.

Khaeruddin dkk.. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) (Konsep dan implementasinya di madrasah). Nuansa Aksara. Jogjakarta.

Lapis. Workshop Penguatan Kapasitas Dosen A. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah pada tanggal 12-14 Maret 2008.

_______. Workshop penguatan kapasitas dosen C. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah pada tanggal 26-28 Juni 2008.

Lilawati. 1988. Hubungan antara tingkat pendidikan orang tua. stimulasi membaca dari orang tua dan inteligensi dengan minat membaca pada anak kelas V sekolah dasar. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Meichati, S. 1978. Motivasi pembaca. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Moelono. A.M. 1990. Kamus besar bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.

Nunan, David. 1989. Language Teaching Methodology. Prentice Hall. New York.

Proett dan Gill. 1986. The Writing Process in Actions. A handbook for teaching. Urbana II. NCTE.

Rofi’uddin, Ahmad dan Darmiyati Zudhi. 2001. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Universitas Negeri Malang. Malang.

Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Professional Guru dan Tenaga Kependidikan. Alfabeta. Bandung.

Sinambela NL. 1993. Hubungan Minat Membaca dengan Kreativitas pada Siswa-siswi Kelas II SMP Negeri 5 Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Slamet, ST. Y. 2007. Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. LPP UNS dan UNS Press. Surakarta.

Sugiyono. 2008. Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif. dan R & D). Alfabeta. Bandung.

Syah, Muhibin. dkk.. 2009. Bahan pelatihan pembelajaran aktif. inovatif. reaktif. efektif dan menyenangkan (PAIKEM). Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Rayon Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Bandung.

Tarigan, Henry Guntur. 1987. Teknik Pengajaran Keterampilan

Berbahasa. Angkasa. Bandung.

Tompkins, G. E. dan K. Hoskinsson. 1995. Language Arts. Content and Teaching Strategies (3th ed.). Merrill Prentice Hall. New York.

Wiersma, William. 1969. Research Methods in Education (an introduction). (4th Edition). Allyn and Bacon Inc. Massachusset.

Winataputra, Udin. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. UT.

Zaini, Hisyam. et. al. 2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Center for Teaching Staff Development (CTSD) IAIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v3i1.1330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search