PENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE STRUKTUR ANALITIK SINTETIK (SAS) MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA PESERTA DIDIK KELAS II C SEMESTER II DI MIN 6 BANDAR LAMPUNG T.A 2015/2016

NURUL HIDAYAH, NOVITA NOVITA

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan membaca permulaan pada peserta didik kelas II C semester II di MIN 6 Bandar Lampung dan bahkan masih ada peserta didik yang belum dapat membaca. Oleh karena itu peneliti berupaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan metode SAS mata pelajaran bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan membaca permulaan setelah menggunakan metode SAS mata pelajaran bahasa Indonesia pada peserta didik kelas II C semester II di MIN 6 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015-2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action reaserch (CAR). Penelitian di laksanakan di MIN 6 Bandar Lampung kelas II C semester II dengan jumlah peserta didik 32 orang yang terdiri dari 19 peserta didik laki-laki dan 13  peserta didik perempuan. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode obsevasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan metode SAS dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan mata pelajaran bahasa Indonesia pada peserta didik kelas II C semester II di MIN 6 Bandar Lampung yang berjumlah 32 peserta didik terdiri dari 19 peserta didik laki-laki dan 13 peserta didik perempuan, yaitu pada siklus I ketuntasan belajar klasikal sebesar 56,25 % atau 18 peserta didik yang tuntas dari 32 peserta didik dan nilai rata-rata 68, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan ketuntasan belajar klasikal menjadi 84,37% atau 27 peserta didik yang tuntas dari 32 peserta didik dan nilai rata-rata 78. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan metode struktur analitik sintetik (SAS) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan mata pelajaran bahasa Indonesia pada peserta didik kelas II C semester II di MIN 6 Bandar Lampung Tahun pelajaran 2015-2016

Keywords


Membaca permulaan; metode Struktur Analitik Sintetik (SAS)

References


A. Barasandji S. S. dan Muhsin. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Melalui Metode SAS Siswa Kelas 1 SDN Tondo Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Tadulako. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Uniiversitas Tadulako. Tadulako.

Cahyani, I. 2009. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Direktorat Jendral Pendidikan Islam Depatremen Agama RI. Jakarta.

Chaer, A. 2009. Psikolongiustik Kajian Teori. Renika Cifta. Jakarta.

Dahniar. 2014. Peningkatan Keterampilan Membaca Lanjutan Dengan Metode SAS Siswa Kelas II SDN 2 Ogowele. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Tadulako.

Dewi, J. K. dkk.. 2014. Penggunaan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 7 Bungkulan. e-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Indonesia. FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Hasbullah. 2013. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Rajawali Pers. Jakarta.

Hawia S., Barasandji dan Efendi. 2014. Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Menggunakan Metode SAS Dengan Bantuan Kartu Kalimat di Kelas I SDN Tampanombo. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Tadulako.

Ismawati. E. & Umaya. F. 2012. Belajar Bahasa Di Kelas Awal. Ombak. Yogyakarta.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Rajawali Pers. Jakarta.

Kurniasih, I dan B. Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Kata Pena. Jakarta.

Marlina. 2014. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode SAS Siswa Kelas I SD N Ambunu Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Uniiversitas Tadulako. Tadulako.

Rahim. F. 2008. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Bumi Aksara. Jakarta.

Slamet. St. Y. 2008. Dasar-Dasar Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Sekolah Dasar. UNS Press. Surakarta.

Sofiyah. 2014. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas II SDN 2 Wosu Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Tadulako.

Sudijono, A. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo. Jakarta.

Suriani. Sahrudin B. dan Efendi. 2014. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN Ginunggung Melalui Media Kartu Huruf Kec. Galang. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Tadulako.

Tarigan, H.G. 2008. Membaca Sebagai Satu Keterampilan Berbahasa. Angkasa Bandung. Bandung.

Yawu, S. Efendi. dan Barasandji. S. 2015. Peningkatan Kemempuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode Permainan Bahasa Di Kelas I SDN Mire. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Tadulako.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v3i1.1331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search