Nilai Karakter Kemandirian Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD (Meta-Analysis Fixed Effect Model)

Abdul Manaf, Siti Rahmalia Natsir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada apa dengan nilai karakter kemandirian terhadap prestasi belajar matematika siswa SD. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan meta-analisis korelasi. Penetapan kriteria inklusi untuk memudahkan pencarian studi pada tahap selanjutnya. Studi yang dikumpulkan dalam pencarian awal kemudian diperiksa dan dinilai menggunakan kriteria inklusi yang ditetapkan. Tahap pengumpulan studi yang relevan menggunakan database online seperti Google Scholar, ERIC, Elsevier, SAGE, dan Springer Link. Kata kunci digunakan untuk memudahkan dalam pencarian literatur yang relevan. Dari hasil pencarian berdasarkan kriteria yang ditentukan, dikumpulkan 8 studi primer dari 278 studi pencarian awal. Analisis data dalam penelitian meta analisis ini dianalisis menggunakan aplikasi JASP 0.16.3. Hasil analisis dengan menggunakan pendekatan fixed effect diperoleh ukuran efek keseluruhan sebesar (d = 0,411; p < 0,05), ukuran efek ini berada pada kategori efek sedang. Dapat disimpulkan bahwa nilai karakter kemandirian memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa SD. Temuan meta-analisis ini menunjukkan konsistensi publikasi hasil penelitian terkait pengaruh variabel nilai karakter kemandirian terhadap prestasi belajar matematika siswa SD.

Keywords


Matematika, Prestasi Belajar, Nilai Karakter Kemandirian, Meta-Analisis

References


Aglistya. (2020). Pengaruh perhatian orang tua dan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD Negeri Se-Gugus Wahidin Sudirohusodo Kabupaten Tegal.Skripsi. Universitas negeri Semarang

Agra, G., Formiga, N. S., Oliveira, P. S. de, Costa, M. M. L., Fernandes, M. das G. M., & Nóbrega, M. M. L. da. (2019). Analysis of the concept of Meaningful Learning in light of the Ausubel’s Theory. Revista Brasileira de Enfermagem, 72(1), 248–255. https://doi.org/10.1590/0034-7167-2017-0691

Aliyah. (2019). Pengaruh kemandirian dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus Sultan Agung Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Skripsi. Universitas negeri Semarang.

Borenstein, M., Hedges, L. V & Rothstein, H. R. (2009). Introduction to meta-analysis (Issue January). A John Wiley and Sons, Ltd., Publication.

Chesloff, J. D. (2013). STEM education must start in early childhood. Education Week, 32(23), 27-32.

Dupper, D. R. (2010). A New model of school discipline engaging students and preventing behavior problems. Oxford University Press, New York

Egok, A. S. (2016). Kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Dasar UNJ, 7(2), 186-199.

Fajaria, D. (2013). Kemandirian perilaku peserta didik dalam pemilihan jurusan dan implikasinya terhadap pelayanan bimbingan dan konseling. Jurnal Ilmiah Konseling. 2(2), 1-5.

Habibi, & Prahmana, R. C. I. (2021). Kemampuan literasi matematika , soal model PISA , dan konteks motif batik tulis jahe selawe. Jurnal Varidika, 33(2), 116–128. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i2.16722

Harris, B., & Petersen, D. (2019). Developing math skills in early childhood. Princeton, NJ: Mathematica Policy Research

Khadijah, K., Suciati, I., Khaerani, K., Manaf, A., & Sutamrin, S. (2021). Schools’ character education values and students’ mathematics learning achievement: A meta-analysis. Cakrawala Pendidikan, 40(3), 670-683. https://doi.org/10.21831/cp.v40i3.39924

Larasati, I., Joharman, J., & Salimi, M. (2020). Hubungan kemandirian belajar dan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar di kecamatan buluspesantren. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 125-135.

Larnell, G. V., Bullock, E. C., & Jett, C. C. (2016). Rethinking teaching and learning mathematics for social justice from a critical race perspective. Journal of Education, 196(1), 19–29. https://doi.org/10.1177/002205741619600104

Lickona, T. (1994). Educating for Character. New York:Bantam Books.

March, L., & Steadman, P. (2020). The geometry of environment: an introduction to spatial organization in design (1st ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429343346

Mensik, J. (2015). Mathematics and economics: the case of menger. Journal of Economic Methodology, 22(4), 479–490. https://doi.org/10.1080/1350178X.2015.1024881

Muliyanti, M., Asrori, M., & Jamiah, Y. (2020). Hubungan antara self efficacy, motivasi berprestasi, dan kemandirian dengan hasil belajar matematika sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(2).

Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh kemandirian belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif, 6(1). 73-84.

Nursa’ban, M. (2013). Peningkatan sikap tanggung jawab dan kemandirian belajar mahasiswa melalui metode tutorial di jurusan pendidikan geografi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3).

Retnawati, H., Apino, E., Djidu, H., & Kartianom. (2018). Pengantar analisis meta. Yogyakarta: Paroma Publishing

Riyanti, Y., Wahyudi, W., & Suhartono, S. (2021). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1309-1317.

Schmidt, F. L., & Hunter, J. E. (2004). Methods of meta-analysis corrected error and bias in research findings. Journal of the American Statistical Association, 20(7). http://dx.doi.org/10.2307/2289738

Setiawan, A. A., Muhtadi, A., & Hukom, J. (2022). Blended learning and student mathematics ability in Indonesia: A meta-analysis study. International Journal of Instruction, 15(2), 905-916. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15249a

Siagian, H., Pangaribuan, J. J., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1363-1369.

Sumantri, M., & Syaodih, N. (2007). Perkembangan peserta didik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Susintoi, S., Marzuki, M., & Marli, S. (2019). Hubungan antara disiplin, mandiri, interaksi edukatif dan minat belajar dengan hasil belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(12).

Tamur, Maximus, & Juandi, D. (2020). Effectiveness of constructivism based learning models against students mathematical creative thinking abilities in indonesia: a meta-analysis study. mathematics, science, and computer science education international seminar, MSCEIS, 1–8. https://doi.org/10.4108/eai.12-10-2019.2296507

Thalheimer, W., & Cook, S. (2002). How to calculate effect sizes from published research: A simplified methodology. Work-Learning Research, 1(9).

Thanheiser, E., & Sugimoto, A. (2020). Mathematics to understand and critique the world: reconceiving mathematics in a mathematics content course for elementary school teachers. Investigations in Mathematics Learning, 12(3), 179–193. https://doi.org/10.1080/19477503.2020.1768761

Wuryandani, W., Fathurrohman, F., & Ambarwati, U. (2016). Implementasi pendidikan karakter kemandirian di Muhammadiyah Boarding School. Cakrawala Pendidikan, 35(2). https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.9882

Wynne, E.A. (1991). Character and Academicsin The Elementary School. Dalam Benninga J.S. (Penyunting). Moral, character, and civic education in the elementary school. New York: Teachers College, Columbia University.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v9i2.13881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search