ANALISIS KEMAMPUAN PRAKTIK STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING) MAHASISWA PGMI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN IAIN RADEN INTAN LAMPUNG

Nur Asiah

Abstract


Menurut Undang-Undang No 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi inti yang harus dimiliki guru. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung membekali kompetensi pedagogik pada mahasiswa melalui beberapa mata kuliah bidang kependidikan yang sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan di Indonesia, dengan beberapa mata kuliah ini diharapkan mahasiswa sudah memiliki berbagai kompetensi termasuk kemampuan dalam mempraktikkan strategi pembelajaran aktif. Berdasarkan penelitian pendahuluan diperoleh informasi bahwa tidak semua mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah mampu dan terampil dalam mempraktikkan strategi pembelajaran. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka permasalahan yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung dalam mempraktikkan strategi pembelajaran aktif?Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara,dokumentasi, dan kuesioner sebagai data pendukung.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwakemampuan  praktikstrategi pembelajaran aktif  mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung kurang maksimal (kurang baik). Ini dapat ditunjukkan dengan data observasi dan wawancara. Adapun  kuesioner dipakai untuk menggali data minat dan motivasi yang menyatakan bahwa mahasiswa sangat berminat terhadap praktik strategi pembelajaran aktif. Namun kenyataan menunjukkan bahwa kemampuan praktik strategi pembelajaran aktif kurang baik dikarenakan ada faktor lain yaitu faktor pembiasaan.

References


B. Uno, Hamzah dan Mohamad Nurdin. 2012. Belajar dengan Penedekatan Pailkem (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan kreatit, Efektif, Menarik),Bumi Aksara. Jakarta.

H.G.Tarigan. 1987. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa. Bandung.

Mulyasa. E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Konsep. Karakteristik dan Implementasi. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. BPFE. Yogyakarta.

Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Prenada Media. Jakarta.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.

Udin Syaefudin, Saud. 2013. Pengembangan Profesi Guru. Alfabeta. Bandung.

Ysh, Soegeng. A.Y. 2012. Pengembangan Sistem Pembelajaran. IKIP PGRI Semarang Press. Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v4i1.1803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 Unported License. ________________________________________________________________________________________________________