STUDI KOMPARASI PERBEDAAN PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP DAN PENGUASAAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP KEMAMPUAN MENDESAIN EKSPERIMEN SAINS

IDA FITERIANI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menguji hipotesis terkait studi komparasi pengaruh pemahaman konsep sains dan penguasaan keterampilan proses sains dasar terhadap kemampuan mendesain eksperimen sains sederhanaantara mahasiswa Program StudiPGRA dan PGMI di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung. Metode penelitian menggunakan kuantitatif  dengan jenis penelitianex-post facto. Paradigma penelitian yang dipakai adalah paradigma ganda dengan dua variabel independen dan satu dependen.Penelitian ini dilakukan di Program Studi PGRA dan PGMI UIN Raden Intan Lampung pada semester ganjil tahun akademik 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PGRA (Kelas A, B, C, dan D) dan PGMI (Kelas A, B, C, dan D) yang mengambil mata kuliah pembelajaran sains pada semester ganjil tahun akademik2015/2016, sedangkan sampel penelitian adalahmahasiswa PGRA diwakili Kelas A dan mahasiswa PGMI diwakili Kelas B. Teknik pengumpulan data utama dengan mempelajari secara cermat foto-foto dan video rekaman kegiatan eksperimen sains mahasiswa PGRA maupun PGMI. Untuk penilaian, instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian video eksperimen mahasiswa.Selanjutnya, analisa data dilakukan secara kuantitatif melalui analisa statistik deskriptif dan statistik inferensial. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji persyaratan analisis regresi, yang lazim disebut uji asumsi klasik. Ada 5 (lima) uji, yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji  heteroskedastisitas, dan uji asumsi autokorelasi. Setelah terpenuhi persyaratan tersebut lalu dilakukan perhitungan dengan menghitung koefisien regresi, koefisien determinasi, dan koefisien part analysis.Hasil penelitian: 1) Pemahaman konsep sains dan penguasaan keterampilan proses sains dasar sama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan mendesain eksperimen sains sederhana, baik pada mahasiswa Prodi PGRA maupun PGMIFakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung;  2)Pada mahasiwa PGRA, variabel pemahaman konsep sains (X1) lebih memiliki pengaruh  (efek) nyata terhadap Y, sedangkan, pada mahasiswa PGMI kedua variabel yaitu pemahaman konsep sains (X1) dan penguasaan keterampilan proses sains dasar (X2) sama-sama memiliki pengaruh (efek) yang nyata terhadap Y.

 

Kata kunci:Pemahaman konsep, KPS, eksperimen sains.


References


A.M., Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Raja Grafindo Persada.Jakarta.

Achmadi dan Narbuko.2009. Metodologi Penelitian. Bumi Aksara.Jakarta.

Aly, Abdullah dan Eny Rahma.2008. Ilmu Alamiah Dasar.Bumi Aksara, Jakarta.

Bundu, Patta. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains-SD. Departemen Pendidikan Nasional.Jakarta.

Dahar, Ratna Wilis.1988. Teori-teori Belajar.Depdikbud. Jakarta.

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian pendidikan.Alfabeta.Bandung.

Depdiknas.2008.Kamus Besar Bahasa Indonesia.Gramedia Pustaka Indonesia.Jakarta.

Khaeruddin dan Sujiono Eko Hadi.2005. Pembelajaran Sains (IPA) berdasarkan Kurikulum berbasis Kompetensi.Universitas Negeri Makassar.Makassar.

Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi.1997. Metodologi Penelitian. Bumi Aksara. Jakarta.

Plus A. Partanto M. Dahlan AL-Bary.1994. Kamus Ilmiah Populer.Arkolo. Surabaya.

Roestiyah N.K.2008.Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Samatowa, Usman. 2006. Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Direktorat Pendidikan Nasional.Jakarta.

Sudijono, Anas. 1996. Pengantar Evaluasi Pendidikan.Raja Grafindo Persada.Jakarta.

Trianto.2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.Kencana Prenada Media Group.Jakarta.

Usman, Moh. Uzer dan Lilis Setiawati. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar.Remaja Rosdakarya.Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v4i1.1805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 Unported License. ________________________________________________________________________________________________________