IMPLEMENTASI PROGRAM BILINGUAL SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK DI SD INTIS SCHOOL YOGYAKARTA

ANINDITYA SRI NUGRAHENI

Abstract


Kebutuhan akan pentingnya pengembangan bahasa asing sebagai bahasa pengantar selain bahasa Indonesia ini dituliskan pada UU Nomor 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan dalam pasal 29 ayat 2 yang berbunyi “Bahasa pengantar dapat menggunakan bahasa asing untuk tujuan yang mendukung kemampuan bahasa asing peserta didik”. Penerapan program bilingual school yang diterapkan di SD INTIS School Yogyakarta dibahas dalam lima aspek, yakni staffing, educator recruitment, educator certification, staff development, dan curriculum development. Hampir semua aspek yang dibahas sudah terpenuhi pelaksanaannya di SD INTIS School Yogyakarta. Program-program pengembangan untuk edukator dibahas dalam aspek staff development sudah bisa dikatakan membantu (meskipun belum optimal) untuk memenuhi tuntutan komunikasi berbahasa Inggris di sekolah. Adapun kegiatan berbasis bilingual yang diterapkan untuk peserta didik dibahas dalam aspek curriculum development, yakni berupa kegiatan flash card, penggunaan buku saku, recitation, kultum bahasa Ingris, hunting tourist, native visit, market day, day english day.

 

Kata kunci: Bilingual, bahasa, kecerdasan linguistik

References


Brown, H. Douglas. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa Edisi Kelima. terj. Noor Cholis dan Yusi Avianto Pareanom. Kedutaan Besar Amerika.Jakarta.

Educational Personnel. http://intisschoolyogyakarta.sch.id/. Diakses 7 Maret 2017 Pukul 23.31 WIB.

Indah, Rohmani Nur dan Abdurrahman. 2008. Psikolinguistik, Konsep, & Isu Umum. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Malang Press.Malang:

Lwin, May, et al. 2013. Cara Mengembangkan Berbagai Kecerdasan. Indeks. Jakarta.

Nugraheni, Aninditya Sri. 2014. Bahasa Sebagai Akar Kepribadian. Lentera Kreasindo. Yogyakarta.

Pranowo. 2015. Teori Belajar Bahasa: Untuk Pendidik Bahasa dan Mahasiswa Jurusan Bahasa. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Tim Penelitian Program DPP BMK. 2010.Sekolah Bertaraf Internasional. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan. Yogyakarta.

Yaumi, Muhammad dan Nurdin Ibrahim. 2013. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences): Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak. Kencana. Jakarta.

Yaumi, Muhammad. 2015. “Desain Strategi Pembelajaran Untuk Mengembangkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Peserta Didik”. Jurnal Auladuna. Volume 2 Nomor 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v4i1.1806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search