PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MEMBANGUN SIKAP KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK (STUDI DI MIN YOGYAKARTA II)

DJOKO ROHADI WIBOWO

Abstract


Pendidikan Islam sering terlambat merumuskan diri untuk merespon perubahan. Usaha pembaruan pendidikan Islam sering bersifat sepotong-potong dan tidak komprehensif, sehingga tidak terjadi perubahan yang esensial. Pendidikan Islam tetap berorientasi pada masa silam ketimbang berorientasi kepada masa depan. Pembelajaran harus lebih berbasis pada penguatan penalaran, bukan lagi hafalan semata sehingga dapat memunculkan ide-ide baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap cara membangun sikap kritis siswa melalui pendekatan saintifik. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, peneliti mengamati secara langsung fenomena yang terjadi dalam implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran Akidah Akhlak di MIN Yogyakarta II, kemudian melakukan analisa untuk menemukan fakta maupun penyebab. Implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran Akidah Akhlak di MIN Yogyakarta II sudah cukup baik karena siswa turut terlibat aktif dalam setiap kegiatan, antara lain: (1) Mengamati dan menanya melatih siswa untuk sensitif dalam melihat informasi dan menghasilkan ide orisinil; (2) Mengumpulkan dan mengolah informasi melatih siswa berpikir fleksibel; (3) Menyampaikan hasil melatih siswa untuk mengemukakan ide dan mampu mengutarakan kembali pengetahuan yang telah dimiliki. Hampir secara keseluruhan rangkaian kegiatan pembelajaran mendukung pengembangan sikap kritis siswa. Adapun faktor yang dapat menghambat adalah: (1) Kurangnya sumber bacaan yang dipersiapkan guru; dan (2) Kurangnya perhatian guru kepada siswa saat berdiskusi.

 

Keywords: Berpikir kritis, pendekatan pembelajaran, saintifik.


References


Ahmad, Zainal Abidin.1970. Memperkembang dan Mempertahankan Pendidikan Islam di Indonesia.cet.ke-1.PT.Bulan Bintang. Jakarta.

Ainin,Moch. 2007. Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Hilal. Malang.

Arif,Mahmud. 2005. Gerak Statis Praxis Pendidikan Islam Eksposisi Kritik Para Tokoh dan Refleksi Epistimologi. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol II. No. I. Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.Yogyakarta.

Arikunto,Suharsimi. 1993.Managemen Pengajaran Secara Manusiawi. Rineka Cipta. Jakarta.

Daryanto. 2014.Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Gava Media. Yogyakarta.

H.A.R. Tilaar. 2003. Kekuasaan dan Pendidikan.Indonesia Tera. Magelang.

Hadi,Sutrisno. 1986.Metode Research. Andi Offset. Jakarta.

Hidayat,Arifudin.2014.Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Peningkatan Prestasi Belaja Kelas IB SDN I Bantul Tahun Ajaran 2013-2014. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.Yogyakarta.

Hosnan, M. 2014.Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia. Bogor.

http.//ensklopediateja.blogspot.com/2013/04/karakter-anak-usia-sekolah-dasar.html

Isjoni.2010.Pembelajaran Kooperatif. Pustaka Belajar. Yogyakarta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013.Diklat Guru dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. Konsep Pendekatan Scientific.Jakarta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Panduan Teknis Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Pendekatan Saintifik.Jakarta.

Marjan,Johari.2014. Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu’allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Moloeng, Lexy J.2008.Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mulyasa,E. 2014.Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014.Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Bumi Aksara. Jakarta.

Sugiono. 2008. Metode Penelitian. Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif. dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sukmadinata, Nana Syodih. 2010.Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Sutrisno. 2008.Pendidikan Islam Yang Menghidupkan.Kota Kembang. Yogyakarta.

Syurfah,Ariyani. 2007.Multiple lntelligences for Iskmic Teaching. Panduan Melejiikan Kecerdasan Majemuk Anak Metalui Pengajaran Islam.Syaamil Cipta Media. Bandung.

Tilaar,H.A.R. 2011.Pedagogik Kritis. Perkembangan Substansi. Dan Perkembangannya Di Indonesia.Rineka Cipta. Jakarta.

Tureni,Dewi. 2014. Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Mind Mapping Dalam Mata Kuliah Fisiologi Hewan Pada Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Tadulako. Universitas Tadulako Palu.Palu.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v4i1.1809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search