PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN LITERASI MEDIA DAN INFORMASI GURU SD DI KOTA BANDAR LAMPUNG

QOMARIO QOMARIO, HETTY ANGGRAINI

Abstract


Kompetensi guru sangat diperlukan dalam pencapaian tujuan pendidikan, namun pada kenyataannya guru belum sepenuhnya mengembangkan kompe­tensinya dikarenakan guru belum mengenal Teknologi Infromasi dan Komunikasi (TIK). Oleh karena itu, model pelatihan literasi media dan informasi sangat diperlukan. Penelitian ini dilatarbelakangi  banyaknya guru yang kurang mampu di dalam mengakses media dan informasi sebagai bagian dari sumber belajar.

Tujuan penelitian ini adalah untuk; (1) Mendeskripsikan kondisi dan potensi untuk dikembangkannya model pelatihan literasi media dan informasi guru SD di Provinsi Lampung; (2) Mengembangkan model pelatihan literasi media dan informasi guru SD di Kota Bandar Lampung; (3) Menghasilkan prototype pengemba­­­­­­ngan model pelatihan literasi media dan informasi guru SD di Kota Bandar Lampung.

Penelitian ini menggunakan Metode penelitian dan pengembangan dengan langkah-langkah penelitian pengembangan sebagai berikut; (1) Analysis (analisa),  needs assessment (analisis kebutuhan); (2) Design (desain), yang kita lakukan dalam tahap ini mengadopsi dari model diklat nedler yang dikembangkan peneliti untuk disesuaikan dengan potensi & kondisi penelitian; (3) Development (pengembangan), pengembangan adalah proses validasi atau kegiatan untuk menguji kelayakan oleh para pakar; (4) Implementation (implementasi/eksekusi), implementasi adalah kegiatan untuk menilai  prototype model pelatihan yang sedang kita buat; (5) Evaluation (evaluasi/ umpan balik), yaitu proses untuk melihat apakah prototype model pelatihan yang sedang dibangun berhasil atau tidak, sesuai dengan harapan awal atau tidak.

Penelitian ini menghasilkan prototype model pelatihan literasi media dan infromasi. Sedangkan tujuan prototype  model pelatihan literasi media dan informasi ini untuk dijadikan bahan acuan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota atau Propinsi sebagai dasar penyusunan pelatihan literasi media dan informasi.

Keywords


literasi, media dan informasi, SD

References


Buckingham, D. 2001. Media Education: A Global Strategy for Development. A Policy Paper for UNESCO Sector of Communicationand Information. Dipetik Agustus 9, 2010, dari www.¬ccsonline.-org.uk/mediacenter/Research¬_Pro-jec¬ts¬/UNESCO_policy.html

Ames W. Potter. 2001. Media Literacy Second Edition. Sage Publica¬tio¬ns. London.

Renee Hobbs. 2001. Media Literacy Skills: Interpreting Tragedy. National Council for Social Studies.

Wegener, D. R. 2006. Training Library Patrons the ADDIE Way. Chandos Publishing. Oxford.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v5i1.2749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 Unported License. ________________________________________________________________________________________________________