OPTIMALISASI CARA BERFIKIR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTRUKTIVISTIK

CHAIRUL AMRIYAH

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pembangunan, dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas, agar  pelaksanaan  pendidikan dapat berlangsung sesuai dengan tujuannya, maka pendidikan perlu mendapatkan perhatian yang serius baik oleh pemerintah, masyarakat, guru dan orang tua, dalam melaksanakan pendidikan sekolah merupakan lembaga pendidikan harus memiliki tujuan yang jelas dalam melaksanakan proses pembelajarannya, proses pembelajaran adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif, yang mewarnai interaksi antara guru dan siswa, guru dengan segala upaya merencanakan kegiatan pembelajaran secara sistematis dengan memanfaatkan segala sesuatu guna kepentingan proses pembelajaran yang berkualitas, penelitian ini berfokus pada permasalahan efektivitas implementasi model konstruktivistik dalam pembelajaran. Efektivitas dalam hal ini dilihat dari sejauh mana model konstruktivistik mampu mengembangkan cara berpikir konvergen dan divergen siswa secara seimbang.

Kata Kunci : Pembelajaran, Konstruktivistik, Sekolah Dasar


Keywords


Pembelajaran, Konstruktivistik, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Alim Sumarno, http://elearning.unesa.ac.id/myblog/alim-sumarno/perkembangan-siswa-usia-sekolah-dasar, Jum’at 09 September 2013.

Crowl, Kemminsky, and Podell. 2009. Education Psychology : Window on Teaching. Dubuque: Times Higher Education Group.

Departemen Pendidikan Nasional. Model Pembelajaran Tematik Kelas 3 Sekolah Dasar. Jakarta.

Enwistle. 2002. Style of Learning and teaching. Great Britain : jhon Wiley and sons.

E. Mills. 2000. Action Reserch: A Guide for the Teacher. Ohio: Prentice Hall

Indrawati, Model Pembelajaran Terpadu di sekolah dasar, untuk guru SD. Jakarta: PPPPTK IPA untuk program Bermutu.

Jhon B. Briggs and Philip J Moore. 2005. The Process of Learning. Sidney Australia: Prenticce hall.

John Cresswell. 2008. Educational research: Planning, Conducting and Evaluation, Quantitative and qualitative research, Third Edition. New Jersey: Pearson Education.

Paul Suparno. 2009. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Kamber D. 2000. Action Learning researchImproving the quality of Teaching and Learning. London: Page Limited.

S.C Utami Munandar. 2002. Mengembangkan bakat dan kreativitas Anak Sekolah, Petunjuk Bagi Guru dan Orang tua. Jakarta: Gramedia widiasarana Indonesia.

Soedijarto. 2008. Pendidikan sebagai sarana Reformasi Mental dalam Upaya pembangunan Bangsa. Jakarta: Balai Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v5i1.2966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search