PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MUSIK MELALUI PEMANFAATAN GAMOLAN LAMPUNG UNTUK SISWA SD DI BANDAR LAMPUNG.

PRISMA TEJAPERMANA, RELLYA RUNASARI

Abstract


Pembelajaran musik di SD merupakan bagian dari upaya pembentukan kepribadian siswa dalam rangka membentuk menjadi manusia Indonesia seutuhnya. Model pembelajaran yang dikembangkan harus memuat metode-metode yang menyenangkan bagi siswa untuk menghindari kejenuhan dalam pembelajaran musik di kelas. Salah satu upaya tersebut ialah dengan penerapan model pembelajaran dengan memanfaatkan instrumen musik daerah setempat yaitu Gamolan. Selain mengenalkan kearifan lokal kepada siswa, diharapkan juga siswa dapat lebih memahami pembelajaran unsur-unsur musik seperti timbre, nada, melodi, harmoni, dinamika, tempo, melalui permainan Gamolan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data terdiri dari: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah melakukan dua siklus proses pembelajaran, penelitian ini menghasilkan sebuah model pembelajaran yang dilandasi oleh pendekatan scientific learning, dengan sintaksis observing, discusioning, experimenting, associating, serta communicating. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran musik dengan pemanfaatan instrumen musik gamolan yang dapat digunakan oleh guru SD untuk mengembangkan kemampuan musikal siswa Sekolah Dasar. Sedangkan tujuan model pembelajaran musik melalui pemanfaatan instrumen musik Gamolan untuk dapat dijadikan acuan bagi Dinas pendidikan Kota Bandar Lampung sebagai dasar kebijakan penyusunan Program pembelajaran musik bagi siswa Sekolah Dasar.

 


Keywords


Model pembelajaran, Musik, Gamolan Lampung

References


Alwasilah, A.Chaedar. 2011. Pokoknya Kualitatif: Dasar – dasar merancang dan melakukan penelitian kualitatif. PT.Dunia Pustaka Jaya. Jakarta.

Brog. W. R & Gall, M. D. 1983. Education Research An Introduction. Longman. New York.

Jazuli, Muhammad. 2008. Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni. Unesa University Press. Semarang.

Miles, Matthew B. And A. Michael Huberman. 1989. Qualitatif Data Analysis: A Sourcebook of New Method. Ninth Printing. USA.

Rohman, Muhammad, dan Amri, Sofan. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Prestasi Pustaka. Jakarta.

Ruhimat, Toto. dkk. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. jurusan kurtekpen FIP UPI. Bandung.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers. Jakarta.

Soehardjo. 2011. Pendidikan Seni: Strategi Penataan dan Pelaksanaan Pembelajaran Seni. Bayumedia Publishing. Malang.

Suwarno, Wiji. 2008. Dasar-dasar ilmu pendidikan. Ar-Ruzz Media Grup. Jogjakarta.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Tejapermana, Prisma. 2014. Tesis: Model Pembelajaran Petting Tunggal untuk Meningkatkan Apresiasi Musik Peserta Didik di SMAN 1 Sidomulyo Lampung Selatan. Repository UPI. Bandung.

Tilaar, H.A.R. 2004. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Rineka Cipta. Jakarta.

Tim penyusun. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.

Gamolaninstitute.blogspot.com.(2017). Gamolan Lampung. [Online] Tersedia: http://gamolaninstitute.blogspot.com/2016/01/sertifikat-menteri-pendidikan.html. Diakses 17 Juni 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v5i2.3185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search