PENERAPAN MODEL STAD GUNA MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDN PADA MATA PELAJARAN PKN

https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.3841

Ponidi Ponidi

Abstract


Pelaksanaan Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar pada mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran STAD pada siswa kelas II SDN. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan subjek penelitian yang berjumlah 22 siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang diperoleh dari penerapan model STAD.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN. Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran STAD dari pra siklus siswa yang tuntas mencapai 8 siswa dengan persentase 36%, pada siklus I meningkat menjadi 14 siswa yang tuntas dengan persentase 64%, dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 19 siswa yang tuntas dengan persentase mencapai 86%. Terkait dengan adanya  peningkatan hasil belajar siswa ini peneliti bersama kolaborator menyampaikan pendapat bahwasannya model pembelajaran STAD ini sangat cocok diterapkan dalam proses pembelajaran, hal ini sebabkan banyaknya perubahan peningkatan hasil belajar di setiap tahapan yang dilaksanakan oleh peneliti.


Keywords


Model STAD, hasil belajar dan PKn

References


Arrainsani. (2010). Pengertian dan Pendidikan Kewarganegaraan. Diunduh 8 Oktober 2018. (http://www.scribd.com/2010/02/04/ pengertian-dan-pendidikan- kewar-gane-garaan.

BNSP. (2006). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Depdiknas

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajran. Jakarta: Rineka Cipta.

Irawan Soehartono. (2008). Metode penelitian sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slavin. (2005). Cooperatif Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Ce-takan I.

Sukardi. (2004). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sunarto, dkk. (2006). Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Trianto. (2009). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT.Bumi Aksara

Wardani. (2005). Teori dan praktik penelitian tindakan (action research). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.3841

Article Metrics

Abstract views : 190 | PDF (Bahasa Indonesia) downloads : 170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
TERAMPIL is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search