LKPD BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Komarudin Komarudin, Prisma Teja Permana

Abstract


Penelitian inibertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbasis scientific approach yang layak dan menarik. Pengembangan LKPD dalam penelitian ini sesuai menggunakan prosedur development research yang melalui tiga tahapan yaitu self evaluation, expert review dan one-to-one, dan small group. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan tes. Analisis data dilakukan dengan (1) deskriptif, data yang diperoleh dari teknik angket, seperti: data validasi dan respon peserta didik dan (2) jawaban peserta didik dianalisis secara deskriptif. Adapun hasil pengembangan ini adalah (1) Penilaian ahli materi mencapai kriteria interpretasi tinggi, dengan persentase rataan mencapai 70%, penilaian ahli media mencapai kriteria interpretasi sangat tinggi, dengan persentase rataan mencapai 80%, dan validasi oleh praktisi mencapai kriteria interpretasi tinggi, dengan persentase rataan 79%; (2) Respon peserta didik SD terhadap LKPD berbasis scientific approach pada uji kelompok kecil terhadap 10 peserta didik maupun uji kelompok besar dengan melibatkan 32 peserta didik mencapai kriteria sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat menarik bagi peserta didik dan dapat digunakan sebagai salah satu media penunjang dalam pembelajaran.

Keywords


Pengembangan LKPD; scientific approach; pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References


Andi Prastowo. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Aning Wulandari. 2010. Efektivitas Pembelajaran Kontekstual pada Kemampuan Menyelesaikan LKPD Aljabar dan LKPD Cerita ditinjau dari Gaya Belajar pada peserta didik kelas X (sepuluh) Madrasah Aliyah di Kabupaten Bojonegoro. Surakarta: PPs. P. Matematika.

Atsnan, M.F. & Gazali, R.Y. 2013. Penerapan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Materi Bilangan (Pecahan). Yogyakarta: Prosiding FMIPA UNY. ISBN: 978–979–16353–9–4

BSNP. 2006. Penyusunan KTSP Kab/Kota (Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah). Jakarta: BSNP.

-------. 2007. Penyusunan KTSP Kab/Kota (Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah). Jakarta: BSNP.

Dekdikbud. 2013. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Mei Fita A. U. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik (scientific approach) dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Semarang: PGSD IKIP PGRI.

Muhsetyo, G., dkk. 2007. Pembelajarn Matematika SD. Jakarta. Universitas Terbuka.

Rieno, S.N. Zulkardi. & Nila, S. 2013. Developing Multimedia On Linear Programing That Using Simplex Method. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Tahun I, No. 2. Palembang: PPs Unsri.

Sulastri, E. 2005. Kemampuan Berpikir Kreatif peserta didik pada Pemecahan Masalah Lingkungan dengan Problem Based Learning. Bandung. FMIPA UPI.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Yulianti. 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Peluang Berbasis Reciprocal Teaching untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis peserta didik Kelas XI SMK Negeri 3 Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 4. No. 1. Palembang: Unsri.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search