Analisis Minat dan Bakat Peserta didik terhadap Pembelajaran

https://doi.org/10.24042/terampil.v7i1.5585

Ina Magda Lena, Indah Ayu Anggraini, Wahyuni Desti Utami, Salsa Bila Rahma

Abstract


Pendidikan pada hakekatnya merupakan proses dari dalam diri untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan didalam dan diluat diri. Pengembangan minat dan bakat merupakan salah satunya. Minat dan bakat merupakan salah satu kunci untuk peserta didik Tulisan ini adalah hasil penelitian hasil kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui tentang minat dan bakat peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat dan bakat mengacu pada hasil pemahaman peserta didik. Strategi yang diterapkan guru kelas adalah dengan memberikan materi minat dan bakat kedalam materi pembelajaran, memilih metode dan media yang tepat, remedial, membangun komunikasi, memberikan teladan, memberi apresiasi dan pengetahuan, mengidentifikasi dan memilih progam bantuan. Kompetensi guru kelas masih perlu ditingkatkan agar minat dan bakat siswa dalam belajar bisa lebih baik dari sebelumnya.

 


Keywords


minat , bakat , peserta didik

References


Alviyaturrohmah, A., Saluky, S., & Muchyidin, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dengan Software Prezi Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa. ITEJ: Information Technology Engineering Journals, 3.

Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 6–11. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.870

Harsyad, F., Afiif, A., & Prasasti Abrar, A. I. (2016). Studi Komparasi Penggunaan Ice Breaking Dan Brain Gym Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 21 Makassar. MaPan, 4(2), 185–199. https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n2a3

Rachman, R., & Mukminin, A. (2018). Penerapan Metode Certainty Factor Pada Sistem Pakar Penentuan Minat dan Bakat Siswa SD. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 4(2), 90. https://doi.org/10.23917/khif.v4i2.6828

Sari, I. N., Saputri, D. F., & Sasmita, S. (2017). Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Galing Kabupaten Sambas. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 4(2), 108. https://doi.org/10.25273/jems.v4i2.691

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Sri Mulyani, E. D., Hidayat, cepi rahmat, & Ulfa, T. C. (2018). Sistem Pakar Untuk Menentukan Jurusan Kuliah Berdasarkan Minat dan Bakat Siswa SMA Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining. CSRID Journal, 10(2), 80–92.

Warsito, W. (2019). Peningkatan Minat Belajar Matematika Kelas Iv Melalui Alat Peraga Layang-Layang. Jurnal Sinetik, 2(2), 242–248.

Widyastuti, E., & Widodo, S. A. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Matematika Keaktifan Siswa Dan Fasilitas Belajar Di Sekolah Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Se-Kecamatan Umbulharjo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 873–881. Retrieved from http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2431




DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v7i1.5585

Article Metrics

Abstract views : 253 | PDF (Bahasa Indonesia) downloads : 126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
TERAMPIL is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search