Implementasi Pancasila Dalam Pembangunan Dibidang Pendidikan

Ade Lia Putri, Fhara Dwika Feby Charista, Sri Lestari, Anita Trisiana

Abstract


Salah satu aspek terpenting dalam membangun suatu negara yaitu pendidikan. Untuk membangun pendidikan di Indonesia perlu diterapkan nilai-nilai pancasila didalamnya, sehingga pembangunan dibidang pendidikan dapat membentuk manusia yang berkualitas dan dijiwai oleh nilai- nilai pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pancasila dalam pembangunan dibidang pendidikan. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan cara mengumpulkan data dan membandingkan data yang  telah ada. Hasil dari penelitian ini untuk menaikkan kualitas pendidikan indonesia seperti : banyaknya lembaga pendidikan, fasilitas yang memadai dan merata di indonesia, dan agar dapat  meningkatkan sumber daya manusia yang lebih unggul dan berlandaskan pancasila didalamnya. Sistem Pendidikan dalam metode belajar mengajar harus didasarkan dengan nilai-nilai Pancasila agar teratur dan tearah prosesnya sehingga mewujudkan tujuan Pendidikan yang sebenarnya. Rendahnya kualitas Pendidikan Indonesia yaitu efektivitas yang masih rendah, efesiensi pengajaran Indonesia, dan standarisasi Pendidikan Indonesia yang sering disalah artikan. Jika Pendidikan di Indonesia berkualitas maka sangat bermanfaat bagi sumber daya manusia .

 


Keywords


Pendidikan, Pancasila, Pembangunan, Implementasi, Sumber Daya Manusia, Kualitas Pendidikan

References


Ardoin et al. (2015). Evaluation in residential environmental education: an applied literature review of intermediary outcomes.

Ary, Donald. Jacobs, dkk. (2004). Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Yogyakarta:. Pustaka pelajar.

Dirjen Dikti.(2003). Peran, Fungsi Dan Kebijakan Pemerintah Pusat Pada Pada Pembangunan Pendidikan Tinggi (2003-2010).Consolidated Report ( 2003).

Effendi, S. (1991). Kebijakan Pengembangan Sumber Daya Manusia Menghadapi Era Tinggal Landas.

Djafri, Novianty. 2020. “Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Di Kota Gorontalo.” IDEAS : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Budaya 6(1):1–4.

Hermawan, Iwan. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif Dan Mixed Methode.

Hidayat, Dewi Oktaviani, Inggi Eltariant, Oktralika, Rahmat Kevin Priyatna, Fernanda, and Sindi Agustina. 2019. “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Mencegah Degradasi Moral Terhadap Isu Sara Dan Hoax.” Jurnal Rontal Keilmuan 5(1):49–56.

Kristiono, Natal, Giri Harto Wiratomo, and Hansa Nuha Alfira. 2019. “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Kepramukaan (Studi Kasus Madrasah Aliyah Al-Asror Semarang).” HARMONY 4(1):13–18.

Maharani, Maghfira, Nanang Supriadi, and Rany Widyastuti. 2018. “Media Pembelajaran Matematika Berbasis Kartun Untuk Menurunkan Kecemasan Siswa.” Desimal : Jurnal Matematika 1(1):102.

Rahayu, MH.Sri. 2019. “Strategi Membangun Karakter Generasi Muda Yang Beretika Pancasila Dalam Kebhinekaan Dalam Perspektif Keutuhan Negara Kesatuan Repiblik Indonesia.” Jurnal Pendidikan 28(3):304.

Rahmat, Basuki. 2020. “Kebijakan Pendidikan Dan Strategi Pembangunan Sumber Daya Manusia Di Kabupaten Tasikmalaya.” ARSA (Actual Research Science Academic) 5(1):107–14.

Sanusi, Uci. 2019. “Peran Pancasila Dalam Perkembangan Dan Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi.” TEDC : Jurnal Ilmiah Berkala 13(3):311–18.

Soselisa, Hobarth Williams. 2019. “Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Di Bidang Pendidikan Dasar Di Kecamatan Pulau-Pulau Selatan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) PROVINSI MALUKU.” PEKSOS: Jurnal Ilmiah Pekerjaan Sosial 18(2):400–409.

Subagyo, Agus. 2020. “Implementasi Pancasila Dalam Menangkal Intoleransi, Radikalisme Dan Terorisme.” Jurnal Rontal Keilmuan PKn 6(1):10–24.

Sulianti, Ani, Yusuf Effendi, and Halimatus Sa’diah. 2020. “Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Lembaga Pendidikan.” JPK : Jurnal Pendidikan Dan Kewarganegaraan 5(1):54–65.

Supriadi, Nanang and Rani Damayanti. 2016. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Lamban Belajar Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar.” Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika 7(1):1.

Kai Han-yang. (2019). Effectiveness of a training program based on maker education for baccalaureate nursing students: A quasi-experimental study

Kansil. (1990). Hidup Berbangsa Dan Bernegara (Pedoman Hidup Bernegara Untuk Siswa Indonesia).Jakarta : penerbit Erlangga.

Lozano. ( 2013). Declaration for sustainability in higher education : becoming better leaders, through addresing the university system.

Moedjanto, Silvester, dkk (1989). Pancasila Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: PT Grandmedia.

Oetomo, Budi. (2002).E-Education Konsep Teknologi Dan Aplikasi Internet Pendidikan. Yogyakarta: Andi.

Radinger, p and G. Pflitsch. ( 2017). The role of higher education institutions in regional transition paths towards sustainability.

Sanjaya, Wina.(2013). Penelitian pendidikan, jenis, metode, dan prosedur. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Toomey. (2017). Navigating the space between research and implementation in conservation.

Trisiana,A. dan Sutoyo (2017). Stategies Teaching of Materials Development Of Character - Based Civic Education. The Social Sciences. Vol 12(1).pp.2145-2149.

Trisiana,A. (2015)The Development Strategy Of Citizenship Education In Civic EducationUsing Project Citizen Model In Indonesia. Journal Of Phychological And Educational Research.

Wahab, Abdul, Sapriya.(2011). Teori Dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v7i1.5666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search