Perspektif Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Era Milenial

https://doi.org/10.24042/terampil.v7i1.5834

maya veri oktavia

Abstract


Era milenial juga disebut era gangguan yang ditandai dengan teknologi yang didasarkan pada kecerdasan buatan. Era ini ditandai dengan empat perubahan, yaitu volatilitas, ketidakpastian, kompleksitas, dan ambiguitas, perubahan secara signifikan berdampak pada semua pendidikan. Salah satu perubahan yang ditunjukkan adalah  karakteristik. Ada beberapa karakteristik dalam pendidikan, antara lain kreatif dan inovatif, sifat berpikir kritis, integrasi ilmu pengetahuan, mudah untuk mendapatkan pengetahuan, komunikatif dan kolaboratif, menghormati perbedaan pendapat dan pendidikan sepanjang hayat. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara ekstensif dan menggambarkan kepemimpinan kepala sekolah untuk menghadapi dampak dari era Milenium. Penelitian ini telah menggunakan metode kualitatif deskripsi yang dapat memberikan hasil mendalam-teoritis analisis. Perspektif kepemimpinan kepala sekolah di era Milenium harus melibatkan semua bagian yang berkorelasi dengan sekolah, tidak hanya di dalam sekolah tetapi juga bagian luar sekolah. Semua bagian manajemen sekolah dalam perencanaan dan organisasi, pengambilan keputusan, dan pengendalian kebijakan dapat dibahas secara demokratis antara kepala sekolah dan semua staff. Oleh karena itu, kepala sekolah harus memiliki kemampuan manajerial yang baik. Dengan kata lain, kepemimpinan yang efektif adalah keterampilan penting untuk dikuasai oleh kepala sekolah di era Milenium. Jika kepala sekolah bisa menjadi keterampilan manajerial yang efektif dan sukses, pengaruh mereka cenderung mengarah pada produktivitas jangka panjang dan pengembangan sekolah. Akhirnya, dapat disimpulkan bahwa memiliki kepemimpinan yang efektif dari kepala sekolah dapat memimpin kualitas sekolah yang baik di era Milenium ini


Keywords


Era Milenium, Perspektif Kepemimpinan Sekolah, Kepemimpinan Yang Efektif

References


Agung, Iskandar. 2017. “Peran Fasilitator Guru Dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).” Perspektif Ilmu Pendidikan 31 (2): 106–19. Https://Doi.Org/10.21009/PIP.312.6.

Andiyana, Muhamad Arfan, Rippi Maya, And Wahyu Hidayat. 2018. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Pada Materi Bangun Ruang.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 1 (3): 239. Https://Doi.Org/10.22460/JPMI.V1i3.P239-248.

Arifin, Zaenal. 2017. “Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa Pada Pembelajaran Matematika Abad 2” 1 (2): 9.

Ari Septian, Palupi Kinarya, And Endah Endah. 2020. “The Effectiveness Of Problem Based Learning And Aptitude Treatment Interaction In Improving Mathematical Creative Thinking Skills On Curriculum 2013.” European Journal Of Educational Research 9 (1). Https://Doi.Org/10.12973/Eu-Jer.9.1.375.

Fitrah, Muhammad. 2017. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Jurnal Penjaminan Mutu, February.

Hindal HS, Reid N And Whitehead R. (2013). "Gender And Learner Characteristics". European Journal Of Educational Research, 2.

Masykur, Rubhan, Sumarno Sumarno, Yasinta Rahmawati, Kenny Pradana, Muhammad Syazali,

Miles Mattew B. Dan A. Michael Hubermna. Analisis Data Kualitatif. Terj. Tjetjep Rohendi. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia, 1992

Mulyasa, E (2012). Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara

Nurmalasari, Riana, Reta Dian Purnama Wati, Poppy Puspitasari, Wahyu Diana, And Nurmalita Kurnia Dewi. 2016. “Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013,” 12.

Rahmawati, Mega, And Edi Suryadi. 2019. “Guru Sebagai Fasilitator Dan Efektivitas Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4 (1): 49. Https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V4i1.14954.

Robins, Stephen P. (220), Esensial Of Organization Behavior. Terjemahan Halida Dan Dewi Sartika. Jakarta : Erlangga

Rosyadi, Yogi Irfan, And Pardjono Pardjono. 2015. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Mutu Penting Pendidikan Di SMP 1 Cilawu Garut.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 3 (1): 124–33.

Sanders, Sarah. 2016. “Critical And Creative Thinkers In Mathematics Classrooms.” Journal Of Student Engagement: Education Matters 6(1), 2016 (19-27.).

Sariningsih, Ratna, And Gida Kadarisma. 2016. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pendekatan Saintifik Berbasis Etnomatematika.” P2M STKIP Siliwangi 3 (1): 53. Https://Doi.Org/10.22460/P2m.V3i1p53-56.478.

Sugiyono, Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, Dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Scott, Cynthia Luna (2015). "The Futures Of Learning 1: Why Must Learning Content And Methods Change In The 21st Century?" UNESCO Education Research And Foresight, Paris. ERF Working Papers Series, No. 13.

Wilson, C. (2018). "6 Blended Learning Models & Platforms. Diambil Dari Httpss://Www.Teachthought.Com/Learning/6-Blended-Learning-Models-Platforms/




DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v7i1.5834

Article Metrics

Abstract views : 56 | PDF (Bahasa Indonesia) downloads : 18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
TERAMPIL is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search