INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL

https://doi.org/10.24042/terampil.v7i1.6081

La'ali' Nur Aida, Dewi Maryam, Fia Febiola, Sari Dian Agami, Ulya Fawaida

Abstract


Siswa memiliki tingkat pemahaman materi yang berbeda-beda, termasuk dalam memahami materi Pendidikan Agama Islam yang monoton menggunakan metode ceramah. Terkadang siswa sulit menangkap apa yang dijelaskan oleh guru khususnya pada materi kompleks seperti fiqih dan materi panjang seperti sejarah kebudayaan islam. Tujuan dari penelitian ini untuk melakukan suatu inovasi pembelajaran guna menjawab permasalahan siswa terkait pemahaman materi. Inovasi yang akan dibahas dalam artikel ini merupakan pengembangan media audiovisual untuk Pendidikan Agama Islam(PAI). Metode penelitian menggunakan kajian pustaka (library research) yang dikumpulkan dari buku dan jurnal. Dengan pengembangan inovasi media audiovisual, diharapkan siswa dapat lebih memahami materi Pendidikan Agama Islam dan memberikan suasana baru dalam pembelajaran. Hasil dari penelitian ini dengan perkembangan teknologi, pengaksesan media audivisual dalam pembelajaran semakin mudah. Situs paling popular yang menyediakan akses media audiovisual yaitu Youtobe. Peran pendidik dalam pemutaran video pembelajaran sebagai pembimbing. Sehingga dengan media ini dapat membentuk efektifitas belajar siswa.


Keywords


Inovasi Pembelajaran, Media Audio visual, Pendidikan Agama Islam

References


Amanullah, Muhammad Abror. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industry 4.0.” Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran 37–38.

Anggraini, Ezi, Anni Faridah, and Reno Yelfi. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Mata Kuliah Bakery.” Jurnal PTK 2(3):91–96.

Arsyad, Azhar and Asyfah Rahman. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Bayoe, Yurika V., Meily L. Kouwagam, and Parel Tanyit. 2019. “Metode Pembelajaran Melalui Film Superbook Dan Minat Belajar Firman Tuhan Pada Anak Usia 6-8 Tahun.” Jurnal Jaffray 17(1):141–56.

Danizar Arwudarachman, Dkk. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Menggambar Bentuk Siswa Kelas XI.” Jurnal Pendidikan Seni Rupa 3(3):237–43.

Darmawan, Deni. 2012. Inovasi Pendidikan. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Edi Nurhidin. 2017. “Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Kontekstual Dan Pengembangan Budaya Religius Di Sekolah.” Journal Kuttab 1(1):1–14.

Elnanida and Rizki Al-Yusra. 2019. “Media Audio Visual Dalam Pembelajaran PAI.” Jurnal Pendidikan Islam 2(1):101–12.

Faiqotul, Ulya Iik, Riana Irawati, and Maulana. 2016. “Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual.” Jurnal Pena Ilmiah 1(1):121–30.

Fawaida, Ulya. 2019. “Pembelajaran Subkonsep Invertebrata Dengan Media Film SMA.” Kudus : Jurnal Thabiea 2(1).

Ghafiqi Faroek Abadi. 2015. “Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning.” Jurnal Tasyri’ 22(2):127–38.

Muchith, M.Saekan. 2019. Karakteristik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jepara: Ytime.

Najmi Hayati, Dkk. 2017. “Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dengan Minat Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 1 Bangkinang Kota.” Jurnal Al-Hikmah 14(2):164.

Ni’mah, Ulyn, Ali Bowo Tjahjono, and Ghofar Shidiq. 2019. “Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam.” Conference on Islamic Studies (CoIS) 326–40.

Qowaid. 2007. Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (SMP). Jakarta: PT Pena Citasatria.

Rizki Irmadhani, Dkk. 2019. “Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran PAI Materi Puasa Di Kelas V SDN Karangbesuki 3 Kecamatan Sukun Kota Malang.” Jurnal Pendidikan Islam 4(2):94.

Sa’ud, Udin Syaifuddin. 2017. Inovasi Pendidikan. Bandung. Alfa Beta.

Saputri, Nurulisma, Muhammad Khumaedi, and Eko Supraptono. 2019. “Model Pembelajaran Tematik Pada Kompetensi Body Massage Solus Per Aqua Di Lembaga Pendidikan Kejuruan.” Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter (JIPK) 4(3):1–8.

Supriyono. 2018. “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD.” Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar 2(1):43–48.

Suryani, Nunuk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Usman, M.Basyirudi. and Asnawir. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Yusmawati, Taufik Rihatno, and Rismawanti. 2020. “Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Melempar Dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas Iii Sdn 03 Jelambar Baru Jakarta Barat.” Jurnal SEGAR 8(2):80–89




DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v7i1.6081

Article Metrics

Abstract views : 75 | PDF (Bahasa Indonesia) downloads : 43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
TERAMPIL is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search