Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia

Nurul Hidayah, Riska Wahyuni, Anton Tri Hasnanto

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi pada masalah yang ditemukan di SD Negeri 1 Siliwangi dan MI Miftahul Falah Siliwangi Pringsewu yaitu media pembelajaran yang belum bervariatif dan sumber belajar, keterbatasan alat  dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang ada kemudian dikembangkan dengan media pembelajaran pop-up book. Tujuan dari penelitian ini yaitu pertama menghasilkan media pembelajaran berupa buku pop-up pada pembelajaran menulis narasi Bahasa Indonesia kelas IV di SD/MI, kedua mengetahui keefektifan media dengan mengetahui respon dari peserta didik terhadap media pembelajaran pop-up book, ketiga mengetahui respon kelayakan validasi terhadap media pembelajaran pop-up book. Jenis penelitian ini adalah Reseach and Development (R&D). Produk divalidasi oleh 6 dosen serta 2 pendidik yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Produk diuji coba pada peserta didik dikelas IV pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar dengan memberikan angket. Hasil validasi  oleh ahli media memperoleh 93%, ahli materi memperoleh 93%, ahli bahasa memperoleh 95%. Respon pendidik memperoleh 96%, dan uji coba kelompok kecil di SD Negeri 1 Siliwangi memperoleh 89%, uji coba kelompok besar di SD Negeri 1 Siliwangi dan MI Mifthaul Falah memperoleh 96%. Disimpulkan bahwa media pembelajaran gambar berseri berbasis pop-up book pada menulis narasi Bahasa Indonesia kelas IV di SD/MI yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Keywords


Gambar Berseri, berbasis pop-up book, keterampilan menulis narasi

Full Text:

PDF

References


Angin, T. B. B. (2020). Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dengan Metode Field Trip Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sosopan. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 8(1).

Anisah, A. S., & Suntara, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Debate Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 14(1), 138–147.

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Baharudin, & S, R. Z. (2016). Pengaruh Strategi Paikem dan Minat Baca Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Siswa Kelas V Sdn 2 Perumnas Way Halim Kec. Kedaton Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. TERAMPIL : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 63–84.

Dewi, E. (2019). Potret Pendidikan di Era Globalisasi Teknosentrisme dan Proses Dehumanisasi. Sukma : Jurnal Pendidikan, 3(1), 93–116.

Fitri, J., & Atmazaki. (2020). Pengaruh Penggunaan Teknik Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 103–111.

Gilli, Y., & Dalle, A. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Gambar Berseri dalam Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Jerman Siswa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 3(1), 36–40. https://doi.org/10.26858/eralingua.v3i1.8762

Gina, A. M., Iswara, P. D., & Jayadinata, A. K. (2017). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Model Pwim (Picture Word Inductive Model) Siswa Kelas Iv B Sd Negeri Ketib Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 141–150.

Herdiansyah, D., & Kurniati, P. S. (2020). Pembangunan Sektor Pendidikan Sebagai Penunjang Indeks Pembangunan Manusia di Kota Bandung. Jurnal Aksi Reformasi Government Dalam Demokrasi, 8(1), 43–50.

Hidayah, N., & Ulva, R. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV. Jurnal Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34–46.

Ibrahim, N., Nusvera, E., & Karimi, A. M. El. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Jakarta Timur. Jurnal IMAJERI, 1(2), 32–41.

Indriyanto, A., Haidir, H., & Annisa, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Sultan Iskandar Muda Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basataka (JBT), 2(1), 48–52. https://doi.org/10.36277/basataka.v2i1.47

Ismawati, E., & Umaya, F. (2017). Belajar Bahasa Dikelas Awal. Yogyakarta: Ombak.

Marlina, E., Apriliya, S., & Hamdu, G. (2018). Kemampuan Bercerita Siswa SD Menggunakan Buku Pop Up. PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 5(1), 84–99.

Maufur, S., & Lisnawati, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MI Al-Washliyah Perbutulan Kabupaten Cirebon. AL IBTIDA: JURNAL PENDIDIKAN GURU MI, 4(2), 189–200.

Meri lismayanti, Hamidah, A., & Anggereini, E. (2016). No Titlmengembangkan produk berupa buku pop up materi Crustacea yang dapat mempermudah pemahaman siswa terhadap pembelajaran biologi dan mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media buku pop up pada materi Crustacea. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Sains, 18(1), 44–48.

Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2018). Belajar Dan Pembelajaran. Depok: RajaGrafindo Persada.

Puspitasari, F. H., Wibisono, Y. P., & Wardhana, D. Y. (2019). Pembangunan dan Pelatihan Content Management System Berbasis Website Smart Kids Colleague. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 267–272.

Putri, G. F., Yasbiati, & Pranata, O. H. (2018). Pengaruh Media Pop-Up Card terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Penggolongan Hewan berdasarkan Jenis Makanannya. PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 5(1), 174–183.

Putri, S. P. O. (2013). Pemanfaatan Media Gambar Berseri Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2).

Rahmatilah, S., Hidayat, S., & Apriliya, S. (2017). Media Buku Pop Up untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Rendah. PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 4(1), 139–148.

Safri, M., Sari, S. A., & Marlina, M. (2017). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 107–113.

Sholikhah, A. (2017). Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan. Jurnal : Simki Pedagogja, 1(8).

Slamet, S. . (2017). Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Kelas Rendah Dan Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press.

Sohibun, & Ade, F. Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Class Berbantuan Google Drive. Tadris : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Keguruan, 2(2), 121–129.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulya, H., Laily, N. H., & Hakim, M. L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Dengan Menggunakan Video Explanasi, Pop Up Dan Kahoot. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 4(1), 39–48.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v7i1.6182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search