Pengaruh Penggunaan Metode Ummi dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa

https://doi.org/10.24042/terampil.v7i1.6800

Syaiful Arif, Shilvi Nofita Sari

Abstract


Metode pengajaran al Quran yang digunakan madrasah cukup banyak variannya, salah satunya yang berkembang di Madrasah lingkungan Ponorogo adalah Metode Ummi. Metode ini dianggap cukup efektif menentukan keberhasilan belajar al Quran oleh madrasah dan Metode Motivas Belajar salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Motivasi belajar merupakan hal yang mampu mendorong dan memberikan semangat kepada peserta didik agar giat belajar. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh metode Ummi dan motivasi belajar terhadap kemampuan membaca al Quran siswa. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode ummi dan motivasi belajar terhadap kemampuan membaca Al-Quran dengan hasil Fhitung 15,567 > Ftabel 3,21, yang artinya bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil persentase sebesar 46,2% sedangkan 53,8% dipengaruhi oleh variabel lain. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode ummi dan motivasi siswa terhadap kemampuan membca Al-Quran.

Keywords


Metode Ummi, Motivasi Belajar, Membaca Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Ade Andre, I. P., & Agung, I. G. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Stastitik Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Afdal. (2016). Implementasi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas III B Ibnu Khaldun SD Al-Firdaus Islamic School Samarinda Tahun Pembelajaran 2015-2016. Jurnal Pendas Mahakam, 1(1), 1–9.

Anggreni, F. (2019). Integrasi Al-Quran Pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Siswa. At- Tarbawi, 11(1), 1–10.

Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumiaksara.

Azis, A. (2020). Pendidikan Islam Humanis Dan Inklusif. Al-MUNZIR, 9(1), 1–11.

Duli, N. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberaa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi dan Analisis Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Elman, M., & Mahrus. (2020). Telaah Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dan Madrasah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 117–130.

Fajriani, D. (2019). Implementasi Metode Ummi Untuk Meningkatkan Kemampuan Bacaan Al-Quran. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 3(2), 179–187.

Fathurrohman, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran Modern: Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran. Penerbit Garudhawaca.

Hambali, & Hurriyah, W. (2020). Penguatan Receptive Skills Siswa Melalui Metode Ummi Pada Pembelajaran Al-Qur’an Di Madrasah. Risâlah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1), 134–149.

Hartono, B. (2016). Motivasi dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Kedokteran Meditek.

Hasunah, U., & Jannah, A. R. (2017a). Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Alquran pada Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mahfudz Seblak Jombang. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 160–175.

Hasunah, U., & Jannah, A. R. (2017b). Implementasi Metode Ummi Dalam Pembelajaran Alquran Pada Santri Di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mahfudz Seblak Jombang. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 160–172.

Kasmira, K., Jariyah, A., Melinda, M., & Tasman, M. R. (2015). Peningkatan Kemampuan Membaca Alquran Melalui Metode Tajwid Card Pada Santri Tk/tpa Nurul Iman Jalan Rappokalling Kelurahan Tammua Kec. Tallo. Pena: Jurnal Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Unismuh, 2(2), 329–338.

Masni, H. (2017). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(1), 34–45.

Nas, S. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Dalam Mengoptimalkan Kompetensi Siswa. Prosiding, 2(1).

Nasution, Z. (2019). Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Alquran Untuk Membangun Karakter Peserta Didik. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 2(1), 50–66.

Novita, O., Zulhaini, & Mailani, I. (2019). Efektivitas Penerapan Metode Ummi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Di Sd Islam Aqzia Teluk Kuantan. JOM FTK UNIKS, 1(1), 121–126.

Purwasih, G. D. (2019). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Motivasi Pembelajaran di MI Al-Hikmah Karangrejo dan MI Sunan Ampel Bono. Tadrisuna : Jurnal Pendidikan Islam Dan Kajian Keislaman.

Rianto, M. (2006). Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran. Malang: Depdiknas.

Rifa’i, A. (2018). Implementasi Metode Ummi Untuk Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an Di SDIT Ihsanul Amal Alabio. Jurnal Ilmiah ALMADRASAH, 2(2), 85–97.

Samsudin. (2019). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kepribadian Di Era Disrupsi. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 30(1), 148–165.

Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan keberhasilan belajar siswa. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 181–204.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Suhemi, E. (2019). Takabbur Dalam Perspektif Al-Quran Dan Hadits. Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah, 16(2), 199–209.

Toni Ardi Rafsanjani, M. A. R. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Terhadap Perkembangan Anak di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kriyan Jepara. Jurnal Studi Islam, 20(1), 16–29.

Zannah, F. (2020). Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Al Qur’an. Tunas : Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 1–8.




DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v7i1.6800

Article Metrics

Abstract views : 25 | PDF downloads : 21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
TERAMPIL is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search