Implikasi Strategi Blended Learning dengan Pemahaman Anak SD terhadap Pembelajaran Tematik di Era Covid-19

Tsaqifa Taqiyya Ulfah, Fitri Yuliawati

Abstract


Pendidikan sangat penting bagi semua kalangan khususnya pada anak usia SD, namun saat ini virus covid-19 melanda seluruh dunia termasuk Indonesia sehingga pelaksanaan belajar mengajar terhambat. Di awal masa pandemi covid-19, pembelajaran tatap muka pun ditiadakan, sehingga pelaksanaan pembelajaran mengalami transformasi menjadi pembelajaran online. Seiring berjalannya waktu, Indonesia memasuki era New Normal. Melihat kondisi tersebut, guna memaksimalkan pelaksanaan pembelajaran Blended Learning menjadi strategi alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya pada Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan pemilihan Strategi Blended Learning dalam pembelajaran dengan pemahaman anak usia Sekolah Dasar di masa pandemi covid-19. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara secara mendalam dan observasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: 1.) motivasi belajar anak usia sekolah dasar menurun di awal masa pandemi covid-1, 2.)  Implementasi Strategi Blended Learning membuat anak lebih semangat dalam belajar, 3) Strategi Blended Learning membantu anak dalam memecahkan masalah yang belum dipahami.  Dapat disimpulkan bahwa strategi yang diterapkan dalam pembelajaran akan berpengaruh pada pemahaman anak walaupun belum efektif sepenuhnya.


Keywords


Blended Learning, Pemahaman, Era New Normal

References


Absawati, H. (2020). Telaah Sistem Pendidikan Di Finlandia: Penerapan Sistem Pendidikan Terbaik Di Dunia Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 64-70.

Alfin, J. (2014). Analisis Karakteristik Siswa pada Tingkat Sekolah Dasar. Prosiding Halagoh Nasional & Seminar Internasional Pendidikan Islam. Surabaya: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Uin Sunan Ampel Surabaya.

Atika, A., Machmud, A., & Suwatno, S. (2020). Pendekatan Meta-Analisis: Blended Learning terhadap Hasil Belajar DI Era Covid-19. Jurnal basicedu, 4(4), 919-926.

Fadillah, M. (2017). Aliran Progresivisme Dalam Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 17–24.

Hima, L. R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terhadap Motivasi Siswa Pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 36–42.

Indriani, D. (2019). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial. Medan: Universitas Negeri Medan.

Karli, H. (2015). Penerapan Pembelajaran Tematik SD di Indonesia. Edu Humaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2(1), 1–11.

Khoiroh, N., Munoto, M., & Anifah, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 97–110.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99–110.

Kurniasari, A., Wibowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(3), 246–253.

Magdalena, I., Nadya, R., & Sutriyani, S. (2020). Pengelolaan Pembelajaran Di Masa Pendemi Covid 19 Dengan Blended Learning. EDISI, 2(3), 401-409.

Mayasari, S. (2017). Filsafat Pendidikan Humanisme Dalam Perspektif Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Peserta Didik Di Tingkat Sekolah Menengah Atas: Sebuah Kajian Teori. Jurnal Dosen Universitas PGRI, 1–7.

Murti, T. (2018). Perkembangan Fisik Motorik dan Perseptual Serta Implikasinya Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Wahana Sekolah Dasar, 26(1), 21–28.

Nugrahani, F. (2014). Metode Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Cakra Books.

Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu (I). Prenadamedia Group.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metode Penelitian. Literasi Media Publishing.

Sudarman, S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Mulawarman Online Learning Sistem. Wineka Media.

Sufia, R., & Lestari, U. N. (2020). Implementasi Blended learning Selama Masa Pandemi Covid-19 Untuk Menumbuhkan Kemandirin Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SD YP Nasional Surabaya. JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(2), 103-110.

Susanti, D. I., & Prameswari, J. Y. (2020). Adaptasi Blended Learning di Masa Pandemi COVID-19 untuk Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Lingua Susastra, 1(2), 50-61.

Supardan, H. D. (2016). Teori dan Praktik Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Edunomic, 4(1), 1–12.

Ulfah, T. T., Assingkily, M. S., & Kamala, I. (2019). Implementasi Metode Iqro’ Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 59–69.

Wijiningsih, N., Wahjoedi, W., & Sumarmi, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian Dan Pengembangan, 2(8), 1030–1036.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v8i2.9283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search