Penggunaan Media Pop-Up Book terhadap Keterampilan Membaca dan Menulis Peserta Didik Kelas I SD

Loliyana Loliyana, Dinda Tri Anggraini, Ujang Efendi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap keterampilan membaca dan menulis peserta didik kelas I SD Negeri 6 Gedong Air Kota Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Desain penelitian non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari kelas IA, IB dan IC dengan  jumlah 80 peserta didik. Sampel terdiri dari kelas IA dan IC dengan jumlah 52 peserta didik. Kelas yang menjadi kelas eksprimen adalah kelas A, sedangkan kelas C menjadi kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes dan non tes. Hasil analisis penelitian menggunakan regriesi linier sederhana menunjukkan rhitung < rtabel, (0,845 > 0,381) pada keterampilan membaca dan (0,869 > 0,381) pada keterampilan menulis. Sehingga ada pengaruh positif dalam penggunaan media pop-up book terhadap keterampilan membaca dan menulis peserta didik Kelas I SD Negeri 6 Gedong Air Kota Bandar Lampung tahun ajaran 2019/2020


Keywords


Keterampilan Membaca, Media Pop-Up Book, Menulis

References


Arisandi, R., & Rafi, M. F. (2011). The effect of pop up book in reading comprehension. Conference on Research & Community Services, 1(1), 144–149.

Budyawati, L. P. I. (2020). Pengembangan alat permainan edukatif pop up book untuk mengenalkan budaya osing di Paud. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 139–149. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD

Hidayah, N. (2015). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190–204. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1291

Humaira, M. A., Balqis, L. F., Rajagukguk, Z. F., & Nurrahmah, S. A. (2021). Strategi guru dalam pembelajaran darinng: Peningkatan keterampilan membaca siswa sekolah dasar. Journal of Educational and Language Research, 1(2), 119–128. http://www.abdiinsani.unram.ac.id/index.php/jurnal/article/view/376%0Ahttps://kns.cnki.net/kcms/detail/11.1991.n.20210906.1730.014.html%0Ahttps://embiss.com/index.php/embiss/article/view/68

Jannah, A. R., Hamid, L., & Srihilmawati, R. (2020). Media pop up book untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dini. Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 1(2), 1–17. https://ejournal.stit-alhidayah.ac.id/index.php/jurnalalurwatulwutsqo/article/view/10

Jannah, S. N., & Sukidi, M. (2018). Pengaruh penggunaan media pop up book terhadap keterampilan menulis. JPGSD, 6(10), 1811–1821.

Johan, G. M. (2020). Media Pop-up book untuk melatihkan keterampilan menulis karangan siswa sekolah dasar. Visipena Journal, 11(1), 46–59. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i1.1021

Khomah, I., Istiyati, S., & Daryanto, J. (2018). Penggunaan media pop up book untuk keterampilan membaca aksara jawa pada siswa sekolah dasarak. Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO), 6(7), 1–6.

Langi, A., Tahir, M., & Idris. (2013). Peningkatan kemampuan membaca dan menulis dengan menggunakan kartu huruf di kelas I SDN 2 Wombo. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(8), 88–102.

Lindasari, E., Masnun, M., & Laily, I. F. (2021). Pengembangan media pop-up book sebagai media pembelajaran tematik tema ekosistem pada siswa usia kelas V di desa Kalimeang kabupaten Cirebon. UNIEDU: Universal Journal of Educational Research, 02(01), 34–49.

Martiana, T., & Rahayu, G. D. S. (2021). Pembelajaran membaca permulaan pada siswa kelas II SDN 009 Cikadut dengan menggunakan pendekatan teknik permainan melengkapi cerita. COLLASE: Creative of Learning Students Elementary Education, 4(3), 436–444. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/5358%0Ahttps://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/download/5358/2410

Marwati, M., & Basri, M. (2018). Pengaruh penggunaan media buku cerita terhadap kemampuan membaca siswa pada pembelajaran bahasa indonesia kelas IV SD. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 3(1), 451. https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i1.1174

Munirah. (2019). Pengembangan menulis paragraf. Deepublish.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(01), 171–187. https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan-media-pembelajaran-untuk-me-b2104bd7.pdf

Nurrohmah, I. I., Kasiyun, S., Nafi’Ah, & Taufiq, M. (2020). Pengaruh media pop up book terhadap keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia SD. SEJ (School Education Journal, 10(1), 74–81.

Saputra, A., Mulyadiprana, A., & Indihadi, D. (2017). Penggunaan Media Pop-up sebagai Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Ekspositorik. Pedadidaktka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 76–84.

Sari, D. P. (2021). Efektivitas media pop up book terhadap keterampilan membaca siswa kelas II sekolah dasar. Lentera :Jurnal Kajian Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–7.

Setyawan, D., Usada, & Mahfud, H. (2013). Penerapan media pop up book untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Didaktika Dwija Indria, 2(11), 1–5.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suhendi, E. T. (2017). Berbahasa, berpikir, dan peran pendidikan bahasa. Proceedings Education and Language International Conference, 1(1), 298–305. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1243

Suhrianati. (2016). Peningkatan aktivitas dan kemampuan membaca permulaan melalui media pembelajaran kartu bergambar siswa kelas. Jurnal Sagacious, 3(1), 67–78.

Tenriola, B., Rahim, A. R., & Jam’an, A. (2021). Keefektifan teknik analisis contoh berbasis struktur teks terhadap peningkatan kemampuan menulis teks cerita anekdot siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Majauleng Kabupaten Wojo. JRIP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 134–143.

Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan pop up book bahasa indonesia berbasis budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 1–11. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.857

Widyaningrum, H. K. (2017). Application of pop up media based on culture for skill writing short stories of fourth grade students. International Conference on Islamic Education Ponorogo, 1(1), 43–48.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v9i1.9602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search