Motivasi Dalam Pembelajaran Bahasa Asing
Abstract
Ketika berbicara tentang motivasi dalam pembelajaran bahasa asing, banyak orang yang mengasosiasikannya dengan Gardner (1972). Hal ini dapat difahami karena teori Gardner tentang motivasi memang cukup berpengaruh dalam kajian di bidang pengajaran bahasa asing. Meskipun demikian, teori Gardner bukan tanpa kritik. Para ahli di bidang pengajaan bahasa asing banyak yang mempersoalkan kategorisasi yang dibuat Gardner tentang motivasi integratif dan instrumental. Kritik terhadap Gardner tidak hanya sebatas kategorisasi motivasi yang dibuatnya, tetapi juga tesis Gardner yang menyatakan bahwa motivasi integratif lebih efektif dibandingkan dengan motivasi instrumental. Menurut beberapa pakar lain di bidang pengajaran bahasa asing, terdapat jenis motivasi lain yang relevan dengan pengajaran bahasa asing, dan motivasi integratif tidak selalu lebih efektif dibandingkan dengan motivasi instrumental.References
Archibald, John. 1997. “Second Language Acquisition” Contemporary Linguistics, an Introduction. ed.William O’Grady, Michael Dorovolsky. New York: ST Martin’s Press
Brown H. Douglas, 2001. “Intrinsic Motivation in The Classroom”. Teaching By
Principles, an integrative approach to language pedagogy, 2nd edition, San Fransisco: Perason Education
Ellis, Rod. 2003, Second Language Acquisition. New York: Oxford University Press
Gagne, Robert M. 1998. The condition of Learning, USA: Holt, Rinehart and
Winston
Gardner R.C., W Lambert. 1972. Attitude and Motivation in second language
learning . MA: Newbury House
Hamid, Fuada Abdul. 1997. Proses Belajar Mengajar Bahasa. Jakarta: Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi Proyek Mengembangkan LPTK
Harmer, Jeremy. 2001. The Practice of English Language Teaching. London: Pearson Educcation Limited
Renandya,Willy A. 1997 “Motivasi Integratif dan Instrumental: sejauh mana
relevansinya dalam pemelajaran bahasa Inggris?”, PELBA 10. ed. Bamabang Kaswanti Purwo. Yogyakarta: Penerbit Kanisius
Snow, Catherin E. 1986. 1986. “Bilingualism and Second Language Acquisition”, Psycholinguistic. ed. Jean Berco Gleason dan Nan Bernstein Ratner. USA: HBC Publisher
Authors who submit a manuscript agree that if their work is accepted for publication in English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris (EE: JTBI), the copyright will be assigned to UIN Raden Intan Lampung, the journal's publisher. Upon acceptance, authors must complete a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement. The Copyright Transfer Agreement (CTA) Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Agreement (CTA) Form English Education]