Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4818Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pembelajaran pendidikan anak usia dini (PAUD) se-RA kota Bandar Lampung. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi dengan menggunakan Model yang berupa analisis data yang digunakan yaitu analisis data interaktif (interactive) atau analisis data mengalir (Flow Model Analisis); yakni model analisis data yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi Data, display data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Teknik trianggulasi data digunakan untuk menguji keabsaan data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian mendiskripsikan bahwa pelaksanaan pembelajaran di sebagian besar RA Se-Kota Bandar Lampung dalam merealisasikan perencanaan pembelajaran dimulai menyusun program tahunan (PROTA) yang berisi kegiatan-kegiatan di RA dari awal tahun ajaran sampai akhir, dilanjutkan dengan penyusunan program semester (PROMES/PROSEM), RKM dan RKH. Dengan menggunakan langkah-langkah dalam pembelajaran dengan perencanaan yang telah disusun yaitu dimulai dengan kegiatan pendahuluan atau kegiatan awal yang ada dalam RKH/RPPH.
Kata Kunci: Manajemen; Pembelajaran; RA; PAUD.
References
Bafadal, I. (2006). Manajemen Perlengkapan Sekolah dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.
Barnawi, & M. Arifin. (2012). Etika dan Profesi Kependidikan. yogyakarta: Ar-ruz Media.
Ita, E. (2018). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Tk Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Flores Nusa Tenggara Timur. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 45–52. https://doi.org/10.2426/dpp.v6i1.
Kariyana, I., & Sonn, R. A. (2012). Teaching Methods and Learners’ Concept Formation, Development and Integration in Geometry: Assessing the Relationship. International Journal of Educational Sciences, 1(12), 75–88.
Milles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. (Cecep Rohindi, Ed.) (UI press). Jakarta.
Mulya, E. (2014). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Nurani S. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (7th ed.). Jakarta: Indeks.
Suharni. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Pada Paud Bintang Rabbani Pekanbaru, 4(1), 1–5.
Suherman, S., Komarudin, K., Rosyid, A., Aryanita, S., Asriyanto, D., Aradika Putra, T., & Anggoro, T. (2018). Improving Trigonometry Concept Through STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Learning. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3248139
Downloads
Published
Issue
Section
License
The author submits the manuscript to do so with the understanding that if accepted by the Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini for publication, the publication of the copyright of the article will be assigned/transferred to the Pendidikan Islam Anak Usia Dini Publisher.
However, the Authors still reserve the following:
a). All proprietary rights other than copyright such as patent rights,
b). The right to use all or part of this article in future works of our own such as in books and lectures.
After receiving the article, the author will be asked to complete the 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the relevant author confirming receipt of the manuscript along with the 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia DIni, the International Editorial and Editorial Board made every effort to ensure that no false, misleading data, opinions or statements were published in the journal . In any way, the contents of articles and advertisements published in Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia DIni are the sole and exclusive responsibility of each writer and advertiser.
The Copyright Transfer Agreement Form (CTA) can be downloaded here: [Copyright Transfer Agreement (CTA) Form Al Athfaal]
The copyright form must be electronically signed and sent to the Editorial Office in the form of an original e-mail: [email protected]

All publications by Al Athfaal [p-ISSN: 2622-5484, e-ISSN: 2622-5182] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.