Antisipasi Child Sexual Abuse Melalui Pengenalan Identitas Gender Anak Usia Dini Dengan Perspektif Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i2.9035Keywords:
anak usia dini, identitas gender, kekerasan seksualAbstract
Psikologi, fisik, sosial anak akan terganggu jika anak mengalami pelecehan seksual sejak dini. Upaya mencegah terjadinya kekerasan seksual terhadap anak usia dini dengan memberikan pendidikan seks kepada anak-anak usia dini melalui pengenalan identitas gender dalam perspektif pendidikan Islam. Dalam prosesnya, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dihasilkan dikumpulkan melalui metode studi kepustakaan. Berdasarkan kepada penelitian yang dilakukan ditemukan adanya upaya antisipasi kekerasan seksual anak melalui menanamkan maskulinitas kepada anak laki-laki dan menanamkan jiwa feminitas kepada anak perempuan berdasarkan pengelompokan media dan jenis permainan, memisahkan tempat tidur, menanamkan budaya malu dan menutup aurat, mengenalkan waktu aurat, memahami bagaimana menjaga serta membersihkan alat kelamin, serta memahami perihal peristiwa baligh yang ditandai dengan khitan, ihtilam, dan haid yang disertai pembelajaran ilmu fiqih. Orang tua hingga lingkungan sekitar memiliki andil yang besar terkait dengan pendidikan seks untuk anak-anak. Melalui pengenalan identitas gender kepada anak usia dini diharapkan dapat menekan kasus kekerasan seksual anak serta mengubah perspektif masyarakat terhadap pendidikan seks bagi anak.
References
Abubakar, A., Munir, B., & Harahap, C. S. (2018). Anksi Bagi Pelaku Zina (Perbandingan Qanun No. 6 Tahun 2014 Dan Enakmen Jenayah Syariah Negeri Selangor No. 9 Tahun 1995 Seksyen 25). PETITA: Jurnal Kajian Ilmu Hukum Dan Syariah, 3(2), 176–200. https://doi.org/https://doi.org/10.22373/petita.v3i2.54 SANKSI
Anggraini, T., & Maulidya, E. N. (2020). Dampak Paparan Pornografi Pada Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 45–55. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6546
Dewi, R., & Bakhtiar, N. (2020). Urgensi Pendidikan Seksual Dalam Pembelajaran Bagi Siswa Mi/Sd Untuk Mengatasi Penyimpangan Seksual. Instructional Development Journal, 3(2), 128. https://doi.org/10.24014/idj.v3i2.11697
Fariq, W. M., Darwis, M., Sofiani, I. K., & Umar, A. N. (2021). Peran Orang T Ua Dalam Mendidik Anak Perspektif Muhammad Taqī Al - Falsafī ; Tela’ah Kitab Al-Thifl Baina Al-Waratsah Wa Al-Tarbiyah. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 106–123.
Fitri, M., & Na’imah, N. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6500
Gintings, V. (2020). Angka Kekerasan Terhadap Anak Tinggi Di Masa Pandemi, Kemen Pppa Sosialisasikan Protokol Perlindungan Anak.
Habibie, A. (2017). Pengenalan Aurat Bagi Anak Usia Dini Dalam Pandangan Islam. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 1(2), 76–85. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i2.115
Hidayah, N., & Palila, S. (2018). Kesiapan Menghadapi Menarche Pada Remaja Putri Prapubertas Ditinjau Dari Kelekatan Aman Anak Dan Ibu. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 107–114. https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.2021
Ige, O. K., & Fawole, O. I. (2011). Preventing Child Sexual Abuse: Parents’ Perceptions And Practices In Urban Nigeria. Journal of Child Sexual Abuse, 20(6), 695–707. https://doi.org/10.1080/10538712.2011.627584
Jatmikowati, E. T., Angin, R., & Ernawati. (2015). Model Dan Materi Pendidikan Seks Anak Usia Dini Perspektif Gender Untuk Menghindarkan Sexual Abuse. Cakrawala Pendidikan, No. 03, 434–448.
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2020). Profil Anak Indonesia 2020. Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
Kustanto, L. (2015). Analisis Naratif : Kemiskinan Dalam Program Reality Tv. Jurnal Rekam, 11(2), 109–124.
Mardina, R. (2019). Infodatin Kekerasan Terhadap Anak Dan Remaja (p. ISSN 2442-7659). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Mashudin, I. (2016). Sanksi Tindak Pidana Pelecehan Seksual Terhadap Anak Dalam Perspektif Hukum Pidana Islam. Universitas Islam Negeri Walisongo.
Miller, R. R. (2018). Talking To Your Child About Periods. The Nemours Foundation.
Mukti, A. (2016). Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini Perspektif Islam. Harkat: Media Komunikasi Islam Tentang Gender Dan Anak, 12(2), 89–98.
Octaviana, S. N. (2019). Child Sexual Abuse In Indonesia: History And Challenge In Legal Perspective. IJCLS (Indonesian Journal of Criminal Law Studies), 4(1), 83–92. https://doi.org/10.15294/ijcls.v4i1.19613
Oktarina, A., & Suryadilaga, M. A. (2020). Pendidikan Seks Usia Dini Dalam Kajian Hadis. Riwayah: Jurnal Studi Hadis, 6(2), 363–386.
Sinanan, A. N. (2011). The Impact Of Child, Family, And Child Protective Services Factors On Reports Of Child Sexual Abuse Recurrence. Journal of Child Sexual Abuse, 20(6), 657–676. https://doi.org/10.1080/10538712.2011.622354
Sunanih. (2017). Kemampuan Membaca Huruf Abjad Bagi Anak Usia Dini Bagian Dari Perkembangan Bahasa. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–12.
UNESCO Office Jakarta. (2013). Buku Suplemen Bimbingan Teknis Kesehatan Reproduksi: Pelecehan Seksual. BKKBN & UNESCO.
Wiludjeng, J. M. H. (2016). Kekerasan Seksualdan Uu Perlindungan Anak Dalam Pandangan Orangtua Siswa Dan Guru Sd 09 Bendungan Hilir Jakarta. Jurnal Paradigma Hukum Pembangunan, 1(3), 198–213.
Zhang, W., Ren, P., Yin, G., Li, H., & Jin, Y. (2020). Sexual Abuse Prevention Education For Preschool-Aged Children: Parents’ Attitudes, Knowledge And Practices In Beijing, China. Journal of Child Sexual Abuse, 29(3), 295–311. https://doi.org/10.1080/10538712.2019.1709240
Downloads
Published
Issue
Section
License
The author submits the manuscript to do so with the understanding that if accepted by the Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini for publication, the publication of the copyright of the article will be assigned/transferred to the Pendidikan Islam Anak Usia Dini Publisher.
However, the Authors still reserve the following:
a). All proprietary rights other than copyright such as patent rights,
b). The right to use all or part of this article in future works of our own such as in books and lectures.
After receiving the article, the author will be asked to complete the 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the relevant author confirming receipt of the manuscript along with the 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia DIni, the International Editorial and Editorial Board made every effort to ensure that no false, misleading data, opinions or statements were published in the journal . In any way, the contents of articles and advertisements published in Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia DIni are the sole and exclusive responsibility of each writer and advertiser.
The Copyright Transfer Agreement Form (CTA) can be downloaded here: [Copyright Transfer Agreement (CTA) Form Al Athfaal]
The copyright form must be electronically signed and sent to the Editorial Office in the form of an original e-mail: [email protected]

All publications by Al Athfaal [p-ISSN: 2622-5484, e-ISSN: 2622-5182] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.