Program Pembelajaran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kejujuran Di PAUD
DOI:
https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i2.9651Keywords:
program pembelajaran guru, nilai-nilai kejujuran, teknik guruAbstract
Stres, gelisah, gugup merupakan dampak seseorang tidak jujur. Semakin sering melakukan kebohongan, maka stress, gelisah, dan gugup akan terus didapat. Keadaan kesehatan dan psikologi akan berakibat buruk jika prilaku tidak jujur terus berada dalam diri sesorang. Apalagi prilaku jujur ini tidak ditekankan pada anak usia dini sejak kecil, maka akan memberikan pengaruh buruk untuk perkembangannya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui stimulasi yang dilakukan oleh guru untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran di PAUD Barisanmu Kids Jatisari Bekasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini ada dua guru. Metode penelitian dalam penelitian ini mengunakan metode kualitatif field research. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa data mengunakan analisa data miles dan huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa program pembelajaran guru dalam menanamkan nilai-nilai melalui kejujuran 1) memberikan program latihan; 2) bekerja sama dengan orang tua di rumah; 3) memberikan pengetahuan tentang nilai-nilai kejujuran; 4) mengunakan metode penanaman nilai dan keteladanan; 5) melakukan perencanaan pembelajaran; 6) memberikan reward (hadiah) dan punishment (hukuman).
References
Agustina, M., Azizah, E. N., & Koesmadi, D. P. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Animasi terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini selama Pembelajaran Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 353–361. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331
Annisa Anita Dewi. (2017). Guru Mata Tombak Kehidupan. CV Jejak.
B.Uno, H. (2008). Orientasi baru dalam psikologi pembelajaran. Bumi Aksara.
Chairilsyah, D. (2016). Metode dan Teknik Mengajarkan Kejujuran pada Anak Sejak Usia Dini. Jurnal Educhild, 5(1), 8–14.
Dan, S. S. P. (2017). Peran Guru PAI Dalam Mencegah Paham Radikalisme Bagi Siswa Di MTs Irsyadul Anam Kiyudan Selomartani Kalasan Sleman Yogyakarta. In Uin Sunan kalijaga Yogyakarta (Vol. 7, Issue 1). https://doi.org/10.1016/j.jenvman.2018.01.013
Dharma Kesuma, dkk. (2012). Pendidikan Karakter. PT Remaja Rosdakarya.
Fandi Setiawan. (2013). Kemampuan Guru Melakukan Penilaian dalam Pembelajaran Melalui Internalisasi Nilai Kejujuran pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jupis, 5(2), 75.
Fitria, Y. (2019). Perilaku Menyontek: Persepsi Terhadap Iklim Sekolah Dengan Ketidakjujuran Akademi. JIPI, Vol. 07(No.01).
Francisca, L., & Ajisuksmo, C. (2015). The Correlations Among Moral Knowing, Moral Feeling, and Moral Behavior on Four Basic Competencies of Teachers. Jurnal Kependidikan, 45(2), 211–221.
Haiatin Chasanatin. (2015). Pengembangan Kurikulum. STAIN Jurai Siwo Metro, 18.
Imam Wahyu. (2012). Mengejar Profesionalisme Guru. Prestasi Pustaka.
Inten, D. N. (2017). Penanaman Kejujuran Pada Anak Dalam Keluarga. FamilyEdu, 3(1).
Kementrian Pendidikan Nasional. (2005). Disain Induk Pendidikan Karakter. Kemendiknas.
Megawangi, R. et al. . (2004). Patut dan Menyenangkan: Penerapan Teori Developmentally Appropriate Prac‐ tices (DAP) Anak‐anak Usia Dini 0 samp 8 Tahun. Indonesia Heritage Foundation.
Muhammad Amin. (2017). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Kejujuran Pada Lembaga Pendidikan. TADBIR : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(1).
Munir dan Sudarsono. (2016). Dasar Agama Islam. Rineka Cipta.
Mustofa, A. (2019). Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam. Cendikia : Jurnal Studi Keislaman, 5(1). https://doi.org/10.37348/cendekia.v5i1.71
Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972
Rochmawati, N. (2018). Peran Guru dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur Pada Anak. Jurnal Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 1–12.
Samsul Munir Amin. (2016). Ilmu Akhlak. Hamzah.
Santrock John W. (2009). Educational Psychology. Salemba Humanika.
Slavin; Robert E. (2009). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. PT. Indeks.
Tarman, I., & Tarman, B. (2011). Developing effective multicultural practices: A case study of exploring a teacher’s understanding and practices. The Journal of International Social Research, 4(17), 1–21.
Waseza, F. C. (2017). Implementasi Nilai Karakter Jujur Di Sekolah Bunda Paud Kerinci. Nur El-Islam, 4(2), 142–165.
Yanizon, A. (2017). Peran Orangtua Terhadap Perkembangan Moral Anak Dalam Keluarga Moral Development of Children Through the Role of Parents in a Family. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 3(2), 46–55. https://doi.org/10.33373/kop.v3i2.553
Yasbiati, Y., Mulyana, E. H., Rahman, T., & Qonita, Q. (2019). Profil Kejujuran Anak Usia 5-6 Tahun di RA-At-Taufiq Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 99–106. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.28591
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
The author submits the manuscript to do so with the understanding that if accepted by the Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini for publication, the publication of the copyright of the article will be assigned/transferred to the Pendidikan Islam Anak Usia Dini Publisher.
However, the Authors still reserve the following:
a). All proprietary rights other than copyright such as patent rights,
b). The right to use all or part of this article in future works of our own such as in books and lectures.
After receiving the article, the author will be asked to complete the 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the relevant author confirming receipt of the manuscript along with the 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia DIni, the International Editorial and Editorial Board made every effort to ensure that no false, misleading data, opinions or statements were published in the journal . In any way, the contents of articles and advertisements published in Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia DIni are the sole and exclusive responsibility of each writer and advertiser.
The Copyright Transfer Agreement Form (CTA) can be downloaded here: [Copyright Transfer Agreement (CTA) Form Al Athfaal]
The copyright form must be electronically signed and sent to the Editorial Office in the form of an original e-mail: [email protected]

All publications by Al Athfaal [p-ISSN: 2622-5484, e-ISSN: 2622-5182] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.