Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini Di PAUD MPA Daycare
DOI:
https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i2.9676Keywords:
perkembangan anak, asesmen, anak usia diniAbstract
Banyaknya pendidikan anak usia dini yang kurang mengetahui pentingnya asesmen pada aspek perkembangan anak menjadi salah satu alasan bagi penulis dalam melakukan penelitian. Asesmen aspek perkembangan inilah menjadi tolak ukur kemampuan ataupun bakat anak, yang akan berguna hingga dewasa. Untuk menambah wawasan tentang asesmen perkembangan anak di usia dini maka penulis mengadakan penelitian di PAUD MPA Daycare. Penggunaan asesmen di PAUD MPA Daycare untuk memberikan informasi kepada pendidik dan orang tua, sehingga orang tua dapat ikut serta membantu dalam pencapaian perkembangan anak secara optimal. Berbeda dengan penelitian sebelumnya pada penelitian ini ada enam aspek perkembangan yang dilakukan asesmen sehingga hasil dari penelitian ini menunjukan betapa pentingnya asesmen yang dilakukan secara menyeluruh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Dilihat dari hasil analisis data melalui observasi/pengamatan serta wawancara secara keseluruhan, pelaksanaan asesmen di PAUD MPA Daycare, Karawang di lakukan dengan baik sehingga dapat mendeteksi tingkat pencapaian perkembangan anak sesuai kurikulum pembelajaran 2013. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa asesmen sangat dibutuhkan dalam suatu lembaga untuk penilaian perkembangan anak.
References
Achmadi, A. (2019). Model Pembelajaran Sentra Dapat Mengembangkan Sikap Bersosial Untuk Anak Usia Taman Kanak Kanak. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(02), 26–31. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol1.no02.a2090
Adhimah, S. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menghilangkan Rasa Canggung Anak Usia Dini (Studi Kasus Di Desa Karangbong RT. 06 RW. 02 Gedangan-Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 57–62. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31618
Amalia, I. A. (2016). Aspek Perkembangan Motorik Dan Hubungannya Dengan Aspek Fisik Dan Intelektual Anak. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.24235/awlady.v2i1.760
Astuti, W. P., Prasetyo, A. P. B., & Rahayu, E. S. (2012). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Berbasis Literasi Sains Pada Materi Sistem Ekskresi. Lembaran Ilmu Kependidikan, 41(1).
Damayanti, E., Hartika, A. S., Sanusi, L., Jannah, R., & Pratiwi, S. I. (2018). Manajemen Penilaian Pendidikan Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(1), 13–24.
Erlianda, T., Fauzi, A., & Amri, K. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Menulis di Atas Pasir. Aṭfālunā: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 74–85. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v2i2.1336
Halimah, L. (2017). Musik Dalam Pembelajaran. Jurnal Eduhumaniora, 2(2), 1–19. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v2i2.2763
Ine Nirmala dan Feronica Eka Putri. (2015). 1039-2900-1-Sm. Pendidikan Pascasarjana Magister PAI, 2(1), 125–144.
Jatmiko, A. J., Hadiati, E. H., & Oktavia, M. O. (2020). Penerapan Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanan. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 83–97. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6875
Khadijah, K., & Amelia, N. (2020). Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 69–82. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6508
Khasanah, I., Prasetyo, A., & Rakhmawati, E. (2012). Permainan Tradisional Sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.26877/paudia.v1i1.261
Komalasari, R. (2014). Domain Fungsi Kognitif Setelah Terapi Stimulasi Kognitif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 17(1), 11–17. https://doi.org/10.7454/jki.v17i1.372
Kusdiyati, S., Ma’arif, B. S., & Rahayu, M. S. (2012). Hubungan Antara Intensitas Dzikir Dengan Kecerdasan Emosional. MIMBAR, Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 28(1), 31. https://doi.org/10.29313/mimbar.v28i1.336
Kusnilawati, K., Fauziddin, M., & Astuti, A. (2018). Meningkatkan Aspek Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Dengan Penerapan Metode Bercerita Tema Islami. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 28–38. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.4
Nugraha, B. (2015). Pendidikan Jasmani Olahraga Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 557–564. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12344
Nur, L., Hafina, A., & Rusmana, N. (2020). Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Akuatik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 42–50. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p42-50
Prihanjani, N. L., Wirya2, I. N., & Tirtayani3, L. A. (2017). Kemampuan Berbicara Anak Kelompok A Gugus IV Kecamatan Buleleng Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha. 5(2), 231–240.
Sari, R. P. (2013). Kegiatan Bermain Matematika. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 263–275.
Saripudin, A., & Awelas, T. A. (2020). Classroom Assesmen Pada Aspek Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Di Tkit Al-Ikhlas Al-Ma’Arif Cirebon. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 313. https://doi.org/10.24235/awlady.v6i2.7230
Syafrida, R., Rahayu, E. T., Karyawati, L., & Permana, H. (2020). Inovasi media CB Hoop pada aktifitas motorik kasar Anak selama Belajar Dari Rumah. 5(2), 85–96.
Uswatul Hasanah. (2020). Implementasi Sentra Bermain Peran Dalam Pembelajaran Bahasa Anak Di Paud Al Amin Pringgodani Bantur-Malang. JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, 1(2), 60–67. https://doi.org/10.35897/juraliansipiaud.v1i2.364
Wijaya Kuswanto, C., & Dinda Pratiwi, D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini Berbasis Tematik (Development of Thematic-Based Physical Education Teaching Materials for Early Childhood). Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 55–68. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.61-05
Wiresti, R. D. (2021). Analisis Aspek Perkembangan Kognitif Dan Motorik Dalam Permainan Jump Count Melalui Abacus Tangga. 7(1), 134–147.
Wiyani, N. A. (2019). Strategi Kemitraan Penyelenggaraan Parenting Bagi Orang Tua di Lembaga PAUD Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 19(2), 143. https://doi.org/10.21580/dms.2019.192.4354
Yuningsih, A., & Hasanah, U. (2018). Penggunaan Playdogh Dalam Mengembangkan Motorik Halus. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 117–128. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v1i1.3408
Downloads
Published
Issue
Section
License
The author submits the manuscript to do so with the understanding that if accepted by the Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini for publication, the publication of the copyright of the article will be assigned/transferred to the Pendidikan Islam Anak Usia Dini Publisher.
However, the Authors still reserve the following:
a). All proprietary rights other than copyright such as patent rights,
b). The right to use all or part of this article in future works of our own such as in books and lectures.
After receiving the article, the author will be asked to complete the 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the relevant author confirming receipt of the manuscript along with the 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia DIni, the International Editorial and Editorial Board made every effort to ensure that no false, misleading data, opinions or statements were published in the journal . In any way, the contents of articles and advertisements published in Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia DIni are the sole and exclusive responsibility of each writer and advertiser.
The Copyright Transfer Agreement Form (CTA) can be downloaded here: [Copyright Transfer Agreement (CTA) Form Al Athfaal]
The copyright form must be electronically signed and sent to the Editorial Office in the form of an original e-mail: [email protected]

All publications by Al Athfaal [p-ISSN: 2622-5484, e-ISSN: 2622-5182] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.