Web-Enhanced Course Based on Problem-Based Learning (PBL): Development of Interactive Learning Media for Basic Physics II
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-zindani, Aziz., & A. majid bin. (1997). Mukzijat Al-Qur’an dan As-Sunnah Tentang IPTEK. Jakarta: Gema Insani Pers.
Alfath, S. N., Ellianawati, & Sukisno, M. (2013). Pengembangan Media Blended Learning Berbasis Web. Unnes Physics Education Journal, 2(1), 1–6. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej
Amri, I. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Untuk Mata Kuliah Pendahuluan Fisika Inti, (1), 25–35.
APJII. (2016). Penetrasi Pengguna Internet di Indonesia 2016. https://apjii.or.id/survei2016.
Arsi, F., & Febrianti, K. V. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web untuk SMA Kelas X pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis. In Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, 5, 33–42.
Asyhari, A., & Diani, R. (2017). Pembelajaran Fisika Berbasis Web Enhanced Course: Mengembangkan Web-logs Pembelajaran Fisika Dasar 1. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 13–25. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.13435.
Doyan, A., & Sukmantara, I. K. Y. (2014). Pengembangan Web Intranet Fisika Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(2), 117–127. https://doi.org/10.15294/jpfi.v10i2.3348.
Emzir. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Gunawan, I. (2014). Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Fisika sebagai Media Pembelajaran Pendukung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 3(1), 2.
Habibi, G. A., & Kurniawan, A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Materi Keseimbangan Benda Tegar Kelas Xi Sma Antartika Sidoarjo. Universitas Negeri Surabaya, 75.
Hidayatullah, P., & Kawistrara, J. K. (2017). Pemerograman WEB. Bandung: Informatika Bandung.
Irwandani, I. (2016). Potensi Media Dosial dalam Mempopulerkan Konten Sains Islam. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(2), 173–177.
Putri, A. C. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis WEB Untuk Meningkatakan Adversity Quotient Peserta Didik. In Prosiding Seminar Nasional Fisika.
S.Ramos, J. L., B.Dolipas, B., & B.Villamor, B. (2013). High Order Thinking Skills and Academic Performance in Physics of College Students : A Regression Analysis. International Journal of Innovative Interdisciplinary Research, 4, 48–60.
Saregar, A. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Memanfaatkan Media Phet Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 53–60. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.105
Saregar, A., Latifah, S., & Sari, M. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran CUPS: Dampak terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Gisting Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 233–243.
Saregar, A., & Sunarno, W. (2013). Eksperimen dan Demonstrasi Diskusi menggunakan Multimedia Interaktif ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Kemampuan Verbal Siswa. Jurnal Inkuiri, 2(2), 100–113.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutedjo, B. (2002). E-Education Konsep, Teknologi dan Aplikasi Internet Pendidikan. Yogyakarta: Andi.
Ulya, S. H. N. U. N. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran Guide Inquiry Berbasis Think Pair Share (TPS) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Kelas XI SMA. Unnes Physics Education Journal, 2(2), 17–23. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej.
Wahyudi, B. S. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Problem Based Learning Pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri Grujugan Bondowoso. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran.
Wahyudi, I. (2017). Pengembangan Program Pembelajaran Fisika SMA Berbasis E-Learning dengan Schoology. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 187–199. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1850.
Yuberti. (2015). Pandangan Islam Terhadap Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi. Jurnal Tekno-Pedagogi PPs Universitas Jambi.
DOI: http://dx.doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v7i1.2849
Refbacks
- There are currently no refbacks.


Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-Biruni is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.