MEMBANGUN KREATIVITAS SISWA DENGAN TEORI SCHOENFELD PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI LESSON STUDY
Abstract
Permasalahan matematika yang dapat menuntut siswa menggunakan kemampuan nalar dan berfikir kreatif adalah memecahkan masalah-masalah. Membangun kreativitas siswa tercermin dalam setiap aktivitas pembelajaran. Salah satu pembelajaraan yang dapat membangun kreativitas siswa dalah pembelajaran Lesson Study. Melalui Lesson Study, siswa diarahkan agar tertarik pada matematika dan keadaan di sekitarnya, sehingga menimbulkan sikap peka dan kritis terhadap lingkungannya. Kesulitan belajar matematika yang dialami siswa berarti juga kesulitan belajar bagian-bagian matematika tersebut. Salah satu dari tujuan mata pelajaran matematika adalah agar peserta didik memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Oleh karena itu, kemampuan seorang siswa dalam membaca soal, memahami maksud soal, mampu menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan, mampu menentukan rumus-rumus yang akan digunakan, menghitung berdasarkan rumus atau melakukan operasi hitung secara akurat, dan kemampuan menemukan jawaban dengan benar, sangat diperlukan oleh setiap siswa. Teori schoenfeld, dapat digunaka sebagai pemecahan masalah matematika yang lebih tepat untuk diterapakan pada sekolah yang berkaitan dengan kehupan sehari-hariReferences
Amabile, T.M. (1983). The Social Psychology of Creativity. New York: Springer Vedag.
Baroody, A.J. (1993). Problem Solving, Reasoning, and Communicating, K-8. Helping Children Think Mathematically. New York: Merril, an imprint of Macmillan Publishing Company.
Depdiknas. 2008. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Fernandez, Clea; Yoshida, Makoto.Lesson Study A Japanese Approach to Improving Mathematics Teaching ang Learning. Mahwah New Jersey,London. Lawrence Erlbaum Associates, Publishesrs, 10, (2004)
Getzels, J & Jackson, P. (1962). Creativity and Intellegence: Explorations with Gifted Students. New York: Wiley.
Herawati Susilo, dkk, Lesson Study Berbasis Sekolah, Malang, Bayumedia Publishing, 10, (2009)
Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Sumar Hendrayana, dkk, Lesson Study, Bandung, UPI Press, 10, (2006)
Schoenfeld, A., Smith, J., &Arcavi, A. (forthcoming). Learning: The microgenetic
analysis of one student's understanding of a complex subject matter domain. In R. Glaser (Ed.), Advances in instructional psychology (Volume 4). Hillsdale, NJ: Erlbaum. 2000.
Schoenfeld, A.1991. Teaching mathematical thinking and problem solving.In L. B. Resnick& BL. Klopfer (Eds.), Toward the thinking curriculum: Current cognitive research(pp. 83-103). (1989 Yearbook of the American Society for Curriculum Development). Washington, DC: ASCD.
Authors who publish with Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.