How to Manage Numerical Abilities in Algebra Material?
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achdiyat, M., & Utomo, R. (2018). Kecerdasan Visual-Spasial, Kemampuan Numerik, dan Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3), 234–245. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i3.2234
Anas, N., & Syafitri, K. (2019). Pengaruh Model SAVI (Somatic, Auditory, Visual Intellectual) Terhadap Hasil Belajar. Nizhamiyah, IX(1), 37–47.
Ayu, N., & Lestari, P. (2019). Kovariabel Kemampuan Numerik Dan the Effect of Contextual Learning Implementation on Mathematical Learning Results With Numerical. 5, 72–87.
Darmawan, M. D., Candiasa, I. M., & Widiartini, N. K. (2018). Belajar Dasar dan Pengukuran Listrik Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Denpasar dengan Kovariabel Kemampuan Numerik. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang Volume, 8(2), 79–88.
Diani, R., Yuberti, Y., & Syafitri, S. (2016). Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MAN 1 Pesisir Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 265. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.126
Fitrianti, A., Abidin, Z., & Alifiani. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dengan Media Question Card untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Statistika Kelas VIII-A SMP Wahid Hasyim Malang. JP3, 14(6), 78–92.
Gunarti, E. (2017). Hubungan Antara Kreativitas, Kemampuan Numerik dan Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Matematika dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Pundong. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 1. https://doi.org/10.30738/.v5i1.934
Haliana, W. O., Kadir, Kodirun, & Saleh. (2018). Kemampuan Numerik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kendari Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin dan Disposisi Matematika. Pendidikan Matematika, 9(2), 218–228.
Indrawati, F. (2015). Pengaruh Kemampuan Numerik dan Cara Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 215–223. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i3.126
Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2016). PERANAN KEMAMPUAN VERBAL DAN KEMAMPUAN NUMERIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 5(2), 110–119.
Jannah, H. R., Lisnawati, S., & Sutisna, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn di Kelas III SDIT Al-Madinah Cibinong Bogor. Juara Akbar, 4(3), 189–195.
Jayantika, I. T., Ardana, I. M., & Sudiarta, I. G. P. (2013). Kontribusi Bakat Numerik, Kecerdasan Spasial, dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri di Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2). https://doi.org/10.23887/jppm.v2i2.981
Khusna, H., & Heryaningsih, N. Y. (2018). The influence of mathematics learning using SAVI approach on junior high school students’ mathematical modelling ability. Journal of Physics: Conference Series, 948(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012009
Kusumaningsih, W., Sutrisno, & Hidayah, F. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran SAVI dan REACT Berbantuan LKS terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Beberapa model pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan alamiah untuk menyelaraskan suasana belajar yang baru dengan cara memperluas peng. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang Volume, 3(2), 197–206.
Malasari, E. Y. U., Rasiman, & Sutrisno. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Scramble terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Media Penelitian Pendidikan, 12(2), 169–176.
Malenda, T. O., Kadir, & Suhar. (2018). Kemampuan Numerik Siswa SMP Pesisir Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 14 Kendari. Penelitian Pendidikan Matematika Volume, 6(3), 71–84.
Manalu, W., & Siregar, E. Y. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Scramble Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Di Smp Negeri 2 Pandan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(2), 93–98. Retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1086
Melani, A. E. T., Candiasa, I. M., & Hartawan, I. G. N. Y. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Pair Check Terhadap Kemampuan Numerik Siswa Kelas Vii Smp Negeri 3Gianyar. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 10(1), 1. https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i1.19900
Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259–1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215
Milawati, T. (2011). peningkatan kemampuan anak drama dan menulis teks drama melalui model pembelajaran somatis auidtiri visual intelektual (SAVI). Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(2), 70–78.
Oktavia, S., Fadhilaturrahmi, & Marleni, L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 127–137. Retrieved from https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Rahmadian, N., Mulyono, & Isnarto. (2019). Kemampuan Representasi Matematis dalam Model Pembelajaran Somatic , Auditory , Visualization , Intellectually ( SAVI ). Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 287–292.
Rakhmawati, A. V., Koeshandayanto, S., & Gipayana, M. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi melalui Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media CD Interaktif. Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 40–45.
Saraswati, & Maulana, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI ( Somantik, Auditori, Visual Dan Intelektual ) Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa SMA. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1), 62–70.
Shintia, W., Bahar, A., & Elvia, R. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Kimia Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Word Square dan Model Pembelajaran Scramble di MAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 3(1), 41–47.
Sugesti, I. J., Simamora, R., & Yarmayani, A. (2018). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Model Pembelajaran SAVI dan Model Pembelajaran Langsung Siswa Kelas VIII SMPN 2 Kuala Tungkal. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sundari. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan SAVI pada Siswa Kelas VB. Qalam:Jurnal Ilmu Kependidikan, 5(2), 44–51.
Ulvah, S., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan, 2(2), 142–153. Retrieved from http://hikmahuniversity.ac.id/lppm/jurnal/2016/text07.pdf
Yulianti, S., Haris, V., & Chandra, A. N. (2018). Penerapan Media Video dalam Model Pembelajaran SAVI ( Somatic , Audio , Visual and Intellectual ) terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X1 IPA Di SMA N 1 Rambatan. Tadris Fisika Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Batusangkar, 70–75.
Zainuddin, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengaruh Pembelajaran IPA Model Cooperative Learning Tipe Scramble terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Keterampilan Kooperatif Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Turi Materi Tata Surya The Effect Of Science Learning Based On Cooperative Learning Type SC. Pendidikan IPA, 7(7), 361–367.
DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajpm.v10i2.5325
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.