KREATIVITAS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR)
Abstract
Pendidikan matematika selama ini tidak berhasil meningkatkan pemahaman matematika yang baik pada siswa, tetapi berhasil menumbuhkan perasaan takut, persepsi terhadap matematika sebagai ilmu yang sukar dikuasai, tidak bermakna, membosankan, menyebabkan stres pada diri siswa. Kreativitas dalam berfikir sangat mempengaruhi proses belajar. Kemampuan matematika bagi siswa dalam proses belajar selanjutnya maka masalah rendahnya hasil belajar matematika siswa dan sikap siswa terhadap matematika yang cenderung negatif perlu diupayakan pemecahannya.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode tes. Validitas data dalam penelitian ini dilakukan dengan meningkatkan ketekunan dan triangulasi waktu. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data dilakukan dengan cara memilih hasil pengerjaan siswa. Hasil reduksi yang telah dipaparkan, kemudian dipaparkan dalam bentuk analisis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Mempelajari pola bilangan lebih menarik dan mudah jika menggunakan pendekatan matematika realistik. 2). Pembelajaran matematika realistik memperkenalkan masalah yang bersifat aplikatif dalam kehidupan sehari-hari sehingga pembelajaran akan lebih bermakna. 3) Pembelajaran matematika realistik menekankan pada penanaman konsep pemahaman, kreativitas siswa dan poses nalar dalam matematika.References
Enny Semiawan, S. Munandar, CU Munandar. 1984. Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta: PT. Gramedia.
Galligan, Ann. 2006. Art, Culture and The National Agenda. The Journal of Creativity, Culture, Educational, and The Workforce, Vol. 28, no. 6, p. 20-21. Washington, D.C.
Hadi, Sutarto. 2003. PMR: Menjadikan Pelajaran Matematika Lebih Bermakna agi Siswa. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika di Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, 27 – 28 Maret 2003. Available on line at: http://www.pmri.or.id/paper/index.php?main=1. Diakses pada 9 Agustus 2015 Pukul 21.25 WIB
Hadi, Sutarto. 2003. Paradigma Baru Pendidikan Matematika. Makalah disajikan pada pertemuan Forum Komunikasi Sekolah Inovasi Kalimantan Selatan, di Rantau Kabupaten Tapin, 30 April 2003. Available on line at: http://www.pmri.or.id/paper/index.php?main=3. Diakses pada 9 Agustus 2015 Pukul 21.15 WIB
Marpaung, Yansen. 2007. ”Matematika Horizontal dan Matematisasi Vertikal. ” Jurnal Pendidikan Matematika PPS Unsri, Volume 1, No.1, hal:1-20.
Noormandiri. 2004. Matematika SMA untuk Kelas XII Ilmu Alam. Jakarta: Erlangga.
Nursisto. 2000. Kiat Menggali Kreativitas. Yogyakarta: Mitra Gamawidya.
Purwoto. 1996. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Surakarta : Universitas Sebelas Maret Press.
Sobel, Max A. Maletsky, Evan. 2004. Mengajar Matematika: sebuah buku sumber alat peraga, aktivitas, dan strategi –Ed.3 — .Jakarta: Erlangga
Utami Munandar. 2004. Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta: PT. Gramedia.
Zulkardi & Ilma, Ratu. 2002. Mendesain Sendii Soal Kontekstual Matematika. Article.Availableonlineat: http://www.pmri.or.id/paper/index.php?main=2. Diakses pada 9 Agustus 2015 Pukul 22.13 WIB
Authors who publish with Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.